PENGERTIAN HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN PENTINGNYA HUBUNGAN INTERNASIONAL

PENGERTIAN HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN PENTINGNYA HUBUNGAN INTERNASIONAL - Hidup negara juga sama hal layaknya hidup kita sebagai individu. Kita mesti berhubungan satu sama lain dalam menjalani hidup. Begitu pula dengan sebuah negara, Negara mesti menjalin kerjasama dengan negara lainnya untuk membuat kemajuan dan juga bertahan. Hubungan kerjasama ini sering disebut dengan Hubungan Internasional. Berikut adalah pengertian hubungan internasional berdasarkan menurut para ahli.  

PENGERTIAN HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN PENTINGNYA HUBUNGAN INTERNASIONAL


  1. Charles A. Mc Clelland
Hubungan Internasional merupakan studi tentang keadaan-keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

  1. Warsito Sunaryo
Hubungan Internasional merupakan interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi. Adapaun yang dimaksuda dengan kesatuan-kesatuan sosial tertentu, bisa diartikan sebagai negara, bangsa maupun organisasi negara sepanjang hubungan bersifat internasional.

  1. Tyge Nathiessen
Hubungan Internasional merupakan bagian dari ilmu politik dan karena itu komponen-komponen hubungan Internasional meliputi politik, organisasi dan administrasi internasional serta hukum internasional.

  1. Menurut buku Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI (Renstra)
Hubungan Internasional adalah hubungan antarbangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut.

Jadi bisa kita simpulkan dari pengertian-pengertian di atas bahwa, Hubungan internasional merupakan hubungan antarbangsa yang melibatkan komponen negara yang bersifat internasional untuk memperoleh keuntungan demi kemajuan negara yang terlibat.

Sama halnya manusia, setiap negara memiliki keunggulan masik-masing, ada yang mempunyai kelebihan dari segi finansial, ada yang mempunyai kekayaan sumber daya alam seperti Indonesia kita ini, dan juga kelebihan lainnya. Kelebihan seperti ini akan sangat mempengaruhi potensi negara dalam hubungan internasional.

Dalam kenyataannya tidak ada negara yang dapat hidup sendiri, bahkan negara industri yang sangat maju sekalipun tetap membutuhkan negara-negara kecil lain untuk membantunya. Kebiasaanya negara industri maju mesti menyuplai bahan mentah dari negara berkembang.

Seiring berkembangnya teknologi, semua negara di dunia telah menjalin hubungan kerjasama dengan negara lain, namun tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan yang terjadi di masing-masing negara tidak seimbang.

Menurut pendapat saya, mungkin ini dapat  terjadi karena perbedaan cara mengelola dan mengatur strategi dalam menjalin kerjasama ini, bisa jadi pula ada negara yang menjalin hubungan hanya agar dapat memakmurkan kehidupan petinggi-petingginya saja, dan menjadikan hubungan ini sebagai ladang korupsi. Namun negara yang sukses, mengandalkan hubungan ini dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat umum tanpa adanya kebohongan terhadap publik.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN PENTINGNYA HUBUNGAN INTERNASIONAL, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: