PENGERTIAN CPU BESERTA FUNGSI DAN BAGIANNYA

PENGERTIAN CPU BESERTA FUNGSI DAN BAGIANNYA - Central processing unit (CPU) merupakan otak dari komputer Anda. CPU bertugas menangani semua instruksi yang Anda berikan pada komputer, dan semakin cepat ia melakukan hal ini, maka akansemakin baik. Pelajari tentang bagaimana proses instruksi CPU dan bagaimana insinyur komputer akan datang dengan cara untuk membuatnya berjalan lebih cepat.

PENGERTIAN CPU BESERTA FUNGSI DAN BAGIANNYA


Central processing unit (CPU) dari sebuah komputer merupakan bagian dari hardware yang melaksanakan instruksi dari program komputer. Ia melakukan perhitungan berupa aritmatika, logis, dan operasi input / output dasar dari sebuah sistem komputer.

CPU adalah layaknya seperti otak dari komputer, setiap instruksi, tidak peduli seberapa sederhana, harus dijalankan melalui CPU. Jadi katakanlah Anda menekan huruf ‘k’ pada keyboard Anda dan muncul di layar, CPU komputer Anda adalah apa yang membuat ini mungkin. CPU kadang-kadang juga disebut sebagai unit pusat prosesor, atau prosesor untuk lebih singkatnya.

Jadi, saat Anda melihat spesifikasi komputer di toko elektronik lokal Anda, biasanya mengacu pada CPU sebagai prosesor.

Ketika kita juga mulai melihat berbagai komponen CPU dan bagaimana mereka berfungsi, ingat bahwa itu semua tentang kecepatan. Ketika kita menggunakan komputer kita ingin perintah yang dilakukan sangat cepat. Ketika perintah menjadi lebih rumit (misalnya, saat menciptakan animasi 3D atau mengedit file video), kita menuntut lebih banyak dari kerja CPU. Dengan demikian, kemajuan teknologi yang telah kita lihat dalam teknologi prosesor sebagian besar juga telah didorong oleh kebutuhan untuk kecepatan.

Sebuah CPU umumnya mempunyai sejumlah komponen. Pertama ialah unit aritmatika logika (ALU) yang melakukan aritmatika sederhana dan juga operasi logis. Kedua adalah unit kontrol (CU) yang mengelola berbagai bagian dan komponen komputer. Ini membaca dan menafsirkan instruksi dari memori dan juga mengubahnya menjadi serangkaian sinyal untuk mengaktifkan bagian-bagian lain dari komputer. Unit kontrol bertugas menyerukan kepada unit aritmatika logika untuk melakukan perhitungan yang diperlukan.

Ketiga ialah cache, yang berfungsi sebagai memori berkecepatan tinggi di mana instruksi dapat disalin ke dan juga diambil. CPU lama terdiri dari banyak komponen yang terpisah, namun sejak tahun 1970 mereka telah dibangun sebagai unit terpadu yang disebut juga sebagai mikroprosesor.

Dengan demikian, CPU merupakan jenis tertentu dari mikroprosesor. Masing-masing komponen CPU sudah menjadi begitu terintegrasi yang Anda bahkan bisa mengenali mereka dari luar.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN CPU BESERTA FUNGSI DAN BAGIANNYA, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: