MASYARAKAT ZAMAN PERUNDAGIAN

MASYARAKAT ZAMAN PERUNDAGIAN - Kehidupan sosial sudah mulai tertata dengan baik pada zaman manusia purba mulai terjadi pada zaman Perundagian. Dimana pada zaman ini sistem pemerintahan pun yang disebut juga dengan sistem Primus Interperes telah mulai diterapkan dalam kehidupan sosialnya.

MASYARAKAT ZAMAN PERUNDAGIAN

Zaman perundagian disebut pula dengan zaman logam. Zaman ini adalah salah satu tahapan dalam perkembangan kehidupan manusia. Pada zaman ini manusia telah mampu membuat atau mengolah logam menjadi benda- benda yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari. Kebudayaan ini pun terpengaruh dari kebudayaan Dongson yang berasal dari Vietnam yang masuk ke Indonesia saat sekitar tahun 500 SM.

Pada zaman ini, manusia purba telah memiliki kehidupan sosial yang rapih. Mereka sudah mempunyai pembagian kerja yang jelas. Mereka juga mempunyai sistem pemerintahan, yakni dengan menggunakan sistem Primus Interperes.

Kehidupan ekonomi mereka pun telah sedikit lebih maju. Pada zaman ini mereka sudah memiliki lahan yang tetap sebagai pertanian dan juga perkebunan. Sistem pengelolaan pertanian mereka pun dikerjakan dengan lebih baik dibanding zaman- zaman sebelumnya, meskipun masih juga menggunakan alat-alat dari bahan dasar batu- batuan.

  1. Sistem kepercayaan
Pada zaman perundagian juga telah dikenal sistem kepercayaan. Mereka memuja roh- roh para leluhur. Hal ini sama dengan kepercayaan manusia pada zaman batu, tetapi yang membedakan iyalah alat-alat pemujaan yang terbuat dari bahan dasar perunggu. Manusia purba pada masa ini juga melakukan sistem penguburan dengan menunjukan tingkatan sosial mereka.

Orang-orang yang mempunyai status sosial yang tinggi dimakamkan dengan upacara yang besar. Sedangkan orang- orang yang status sosialnya rendah maka akan dimakamkan tanpa upacara.

Mereka sering sekali melakukan upacara- upacara ataupun ritual untuk melancarkan mata pencaharian mereka, contohnya saja upacara khusus yang diadakan oleh masyarakat pantai. Mereka menyembah kekuatan yang dianggap sebagai penguasa pantai.

Penguasa inilah yang akhirnya dianggap sebagai pemberi kemakmuran bagi kehidupan mereka. Sementara itu, di daerah pedalaman ataupun pertanian, upacara yang dilakukan adalah berupa persembahan-persembahan hasil bumi dan juga pertanian kepada kekuatan yang dianggap sebagai penyokong kehidupan mereka.


  1. Hasil kebudayaan
Pada Zaman perundagian ini menghasilkan beberapa benda-benda yang terbuat dari bahan logam. Benda-benda ini merupakan benda yang ditemukan oleh para ahli yang menggali di kedalam tanah dan juga sebagian besar benda yang ditemukan adalah benda-benda yang diperuntukan sebagai alat dalam upacara keagamaan. Benda-benda tersebut antara lain iyalah, nekara, kapak corong, perunggu, bejana dan perhiasan sederhana.

Demikian penjelasan mengenai MASYARAKAT ZAMAN PERUNDAGIAN, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: