Pengertian, Tujuan, Manfaat, Fungsi dan Langkah-Langkah Membaca Memindai Terlengkap

Pengertian, Tujuan, Manfaat, Fungsi dan Langkah-Langkah Membaca Memindai Terlengkap - Membaca Memindai atau Membaca scanning adalah cara atau teknik membaca sekilas dan cepat namun teliti dengan tujuan untuk menemukan dan mendapatkan informasi tertentu atau fakta khusus dari suatu bacaan. Membaca memindai juga disebut dengan teknik baca tatap. Teknik membaca memindai termasuk jenis membaca Ekstensif yaitu membaca wacana dengan cepat dan menyeluruh untuk memperoleh isi atau makna dari teks atau wacana.

Pengertian, Tujuan, Manfaat, Fungsi dan Langkah-Langkah Membaca Memindai Terlengkap


Membaca memindai ini dilakukan saat membaca buku berindeks seperti kamus, ensiklopedia ataupun buku telepon. Buku-buku tersebut disusun alfabetis atau berdasarkan urutan abjad jadi mudah untuk mendapatkan infomasi yang sedang dicari.

Tujuan, Manfaat dan Fungsi Membaca Memindai

Adapun tujuan, manfaat maupun fungsi membaca memindai dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk menemukan topik tertentu, untuk memilih acara tertentu, untuk menemukan kata dalam kamus, untuk mencari nomor telepon dalam buku petunjuk telepon, untuk mencari entri pada indeks, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Membaca Memindai
Adapun cara kerja membaca memindai yaitu:
  • Kalian harus tahu apa yang kalian cari. Putuskan terlebih dahulu satu kata atau penggalan kata yang akan menjadi kata kunci.
  • Setelah itu, cari pada halaman mana kalian bisa menemukan kata kunci yang kalian cari tersebut, gunakan indeks yang ada pada halaman lampiran belakang buku.
  • Jika tidak ada indeks ataupun ada indeks pada buku, persempit wilayah pencarian dengan cara membaca pada daftar isi. Apabila kalian menemukan nomor halaman pada daftar indeks, periksa ulang nomor halaman tersebut pada halaman daftar isi, ketahui pada Judul Bab dan Sub Judul berapa nomor halaman itu berada.
  • Perkirakan apakah sesuai kata kunci dan pemikiran yang kalian cari dibawah Judul atau Sub Judul tersebut?
  • Selanjutnya, lakukan baca pindai halaman yang di temukan dan jika ditemukan kata kunci yang dimaksud, baca satu kalimat tempat kata kunci tersebut berada.
Langkah-Langkah Membaca Memindai Kamus
Kamus adalah salah satu buku yang memuat perbendaharaan kata dan makna sebuah bahasa tertentu yang umumnya tidak terbatas jumlahnya. Untuk mempercepat menemukan kata yang dicari, sebaiknya pembaca terlebih dahulu harus mempelajari kamus tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah atau tahapan yang bisa dilakukan untuk mencari kata dan makna dalam kamus dengan teknik membaca memindai:
  • Pertama tentukan kata yang akan dicari maknanya.
  • Selanjutnya, cari kata tersebut dengan langsung membuka halaman pertama yang mengandung huruf awal dari kata yang dicari. Misalnya, pembaca mencari makna kata silogisme. Pembaca langsung membuka halaman pertama yang berhuruf awal s. Untuk memudahkannya, pembaca bisa memanfaatkan pembatas huruf yang ada pada kamus. Setelah itu, pembaca memindai halaman tersebut ke halaman berikutnya hingga menemukan kata silogisme.
  • Jika sudah menemukan kata yang dicari, lalu baca dengan teliti makna kata tersebut.
Dalam membaca kamus, pembaca perlu memperhatikan petunjuk seperti:
  • Memperhatikan ejaan kata tersebut dengan saksama.
  • Memperhatikan cara pengucapan, panjang pendek dan tekanannya.
  • Memperhatikan asal usul katanya, biasanya ditulis dalam kurung.
  • Tidak cepat memilih sebuah makna kata karena satu kata kadang memiliki makna lebih dari satu dan diperinci dengan angka 1, 2, 3.
  • Memperhatikan contoh kalimat yang bisa memperjelas makna kata yang dicari.
  • Agar dapat cepat menemukan makna kata yang dicari, hendaknya memperhatikan petunjuk yang ada pada setiap halaman.
Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian, Tujuan, Manfaat, Fungsi dan Langkah-Langkah Membaca Memindai Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: