Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Jenis dan Cara Membaca Intensif Terlengkap

Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Jenis dan Cara Membaca Intensif Terlengkap - Membaca Intensif adalah kegiatan membaca yang dilakukan secara seksama, telaah, teliti dan penanganan terperinci yang dilakukan pembaca pada suatu bacaan yang pendek kira-kira dua hingga empat halaman. Membaca intensif yaitu membaca telaah isi dan membaca telaah bahasa.

Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Jenis dan Cara Membaca Intensif Terlengkap

Pengertian membaca intensif yang lain yaitu, membaca intensif adalah
kegiatan membaca yang dilakukan seseorang dengan cermat agar memahami bacaan teks dengan cepat dan tepat. Sedangkan kemampuan membaca intensif adalah kemampuan memahami secara detail isi bacaan secara lengkap, akurat dan kritis pada suatu fakta, konsep, pendapat, gagasan, pengalaman, perasaan dan pesan yang terdapat pada teks bacaan.

Membaca intensif diartikan juga dengan teknik membaca untuk pembelajaran. Keterampilan untuk membaca intensif membuat para pembaca paham pada teks, dapat pada tingkat lateral, kritis interpretatif, ataupun evaluatif. Pada aspek kognitif, hal yang bisa dikembangkan dengan teknik membaca yang intensif yaitu kemampuan untuk membaca dengan komprehensif.

Tujuan Membaca Intensif

Tujuan membaca intensif yaitu untuk mendapatkan informasi sebagai bahan diskus, selain itu juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk menentukan pokok persoalan yang menarik dari teks bacaan untuk bisa atau layak dijadikan sebagai bahan diskusi.

Membaca intensif juga bisa digunakan sebagai sarana memilih satu atau beberapa pokok pikiran yang paling tepat untuk dijadikan sebagai bahan diskusi. Selain dengan cara tersebut, kita juga bisa menentukan bahan diskusi dengan cara membuat kesimpulan dari pokok pikiran tersebut lalu ambil inti sari persoalannya.

Manfaat Membaca Intensif
Manfaat membaca intensif, diantaranya:
  • Agar pembaca menguasai isi teks secara baik.
  • Agar pembaca mengetahui latar belakang penulisan teks tersebut.
  • Agar pembaca bisa memiliki daya ingat yang lebih lama yang berhubungan dengan isi teks.
Karekteristik Membaca Intensif
Berikut ini karakteristik membaca intensif, diantaranya:
  • Membaca agar mendapatkan tingkat pemahaman yang tinggi dengan harapan bisa mengingatnya dalam waktu relatif lama.
  • Membaca detail agar memperoleh pemahaman seluruhnya meliputi isi dan bagian teks.
  • Cara membaca ini sebagai dasar untuk belajar pemahaman yang lebih baik dan mengingat lebih lama.
  • Membaca intensif tidak menggunakan cara membaca tunggal namun dengan berbagai teknik membaca seperti scanning, membaca komprehensif, skimming dan teknik yang lainnya.
  • Tujuan membaca intensif yaitu pengembangan keterampilan dalam membaca dengan detail yang menekankan pada pemahaman kata, pengembangan kosa kata, kalimat dan pemahaman seluruh isi wacana.
  • Kegiatan membaca ini melatih siswa membaca kalimat pada teks dengan cermat dan penuh konsentrasi, adanya kecermatan, sehingga menemukan kesalahan struktur, kosakata, serta penggunaan ejaan atau tanda baca.
  • Kegiatan membaca ini bisa melatih siswa berpikir lebih kritis, kreatif dan inovatif.

Jenis Jenis Membaca Intensif

Berikut ini jenis-jenis membaca intensif, diantaranya:

Membaca Teliti
Membaca teliti bertujuan untuk memahami secara detail gagasan yang ada pada terks bacaan dan untuk melihat organisasi penulisan atau pendekatan yang digunakan oleh penulis. Dengan cara membaca ini, pembaca selain dituntut bisa mengenal dan mengaitkan antar gagasan yang ada, baik yang ada pada kalimat maupun pada setiap paragraf.

Membaca Pemahaman
Menurut Tarigan (1986:56), Membaca Pemahaman adalah jenis membaca yang bertujuan untuk memahami standar atau norma kesastraan, resensi kritis, drama tulis, serta pola fiksi.

Membaca Kritis

Membaca kritis adalah jenis membaca yang dilakukan secara bijaksana, penuh tenggang hati, mendalam, evaluatif, analisis dan bukan hanya mencari kesalahan.

Membaca Ide
Membaca ide adalah jenis kegiatan membaca yang bertujuan untuk mencari, mendapatkan dan memanfaatkan ide yang ada dalam bacaan. Menurut Tarigan (1986:56), membaca ide adalah kegiatan membaca yang bertujuan untuk mencari jawaban atau pertanyaan berikut ini dalam suatu bacaan

Mengapa hal itu merupakan judul atau topik yang baik?
Masalah apa saja yang dikupas atau dibentangkan dalam bacaan tersebut?
Hal apa yang dipelajari dan yang dilakukan oleh sang tokoh.?


Membaca Bahasa Asing
Membaca bahasa asing pada tatanan yang lebih rendah umumnya bertujuan untuk memperbesar daya kata dan untuk mengembangkan kosakata, dalam tatanan yang lebih luas tentu saja bertujuan untuk mencapai kefasihan.

Membaca Sastra
Membaca sastra adalah kegiatan membaca karya sastra, baik yang berhubungan dengan kepentingan apresiasi ataupun berhubungan dengan kepentingan studi dan kepentingan pengkajian.

Cara Membaca Intensif
Dalam menyimpulkan informasi atau perihal yang layak dijadikan sebagai bahan diskusi dari sebuah teks, kalian perlu melakukan hal-hal dberikut ini, diantaranya:
  • Membaca dengan jeli sehingga bisa menentukan hal yang paling menarik dari hal yang lain. Sebaiknya, jika kalian menemukan pokok pikiran yang ada lalu memilih yang paling layak untuk dijadikan sebagai bahan diskusi.
  • Mempertimbangkan kemampuan diri dan kemampuan teman diskusi berkenaan dengan kemampuan diri menguasai atau memahami perihal yang akan kalian diskusikan. Jangan sampai kalian menentukan diskusi yang menarik namun kalian sendiri tidak memahami persoalan tersebut.
  • Mempertimbangkan referensi yang dimiliki oleh peserta diskusi terkait perihal yang akan didiskusikan.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Jenis dan Cara Membaca Intensif Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: