Pengertian, Syarat, Ciri, Unsur, Struktur Bagian, Sifat dan Jenis Berita Lengkap

Pengertian, Syarat, Ciri, Unsur, Struktur Bagian, Sifat dan Jenis Berita Lengkap - Secara umum, berita diartikan sebagai laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan/atau penting bagi sebagai besar masyarakat.

Pengertian, Syarat, Ciri, Unsur, Struktur Bagian, Sifat dan Jenis Berita Lengkap
Pengertian Berita Menurut Para Ahli
Nasution

Menurut Nasution dalam Alief (2008:1), Berita adalah laporan tentang peristiwa–peristiwa yang terjadi yang ingin diketahui oleh umum, dengan sifat aktual, terjadi di lingkungan pembaca, mengenai tokoh terkemuka, akibat peristiwa tersebut berpengaruh terhadap pembaca.

Djuraid (2007:9)
Menurut Djuraid, Berita adalah sebuah laporan atau pemberitahuan mengenai terjadinya sebuah peristiwa atau keadaan yang bersifat umum dan baru saja terjadi dan disampaikan oleh wartawan di media massa.

Sumadiria (2005:65)
Menurut Sumadiria, Berita adalah laporan tercepat mengenai ide atau fakta terbaru yang benar, menarik dan penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media internet.

Dean M. Lyle Spencer
Menurut Dean M. Lyle Spencer, Beritaadalah kenyataan ide yang benar dan bisa menarik perhatian sebagai besar pembaca.

Adi Negoro
Menurut Adi Negoro, Berita adalah sebuah pernyataan diantara manusia yang saling memberitahukan.

Syarat Berita
Adapun syarat berita yaitu:
  • Merupakan fakta, artinya berita harus berdasarkan pada kejadian atau peristiwa yang benar-benar nyata
  • Terkini, artinya jarak penyiaran berita dengan waktu kejadian tidak telalu jauh
  • Seimbang, artinya berita harus ditulis dan disampaikan dengan seimbang, tidak memihak pada salah satu pihak.
  • Lengkap, artinya berita haruslah memenuhi unsur berita
  • Menarik, artinya berita harus mampu menarik minat pembaca atau pendengarnya. Berita bisa dikatakan menarik jika bermanfaat bagi pembaca atau pendengarnya, berkaitan dengan tokoh terkenal, kejadian penting,
  • Humor, aneh, luar biasa atau bersifat konflik.
  • Sistematis, artinya berita harus disusun secara sistematis, urutannya jelas sehingga pembaca tidak bingung dalam menangkap isi berita.

Ciri-Ciri Berita

Adapun ciri-ciri berita yaitu:
  • Menarik perhatian artinya berita harus bisa menarik perhatian, salah satu tujuannya yaitu agar bisa menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat ingin segera mengetahui isi berita tersebut.
  • Terkini atau aktual artinya berita harus berisi informasi atau peristiwa terbaru atau masih hangat di bicarakan.
  • Dipercaya artinya isi berita harus bisa dipercaya, itulah mengapa berita harus sesuai fakta jadi jangan mengada-ngada.
  • Jelas dan menggunakan kalimat yang sederhana : Isi Berita yang baik yaitu harus jelas jangan berbelit-belit dan kalimat yang digunakannya harus yang sderhana supaya mudah dimengerti.

Unsur-Unsur Berita

Unsur-unsur berita yaitu 5W + 1H (What, Who, Why, When, Where dan How)
  1. What (apa): Apa yang sedang terjadi?
  2. Who (Siapa): Siapa yang terlibat di dalam peristiwa tersebut?
  3. Why (Mengapa): Mengapa peristiwa atau hal tersebut dapat terjadi?
  4. When (Kapan) : Kapan peristiwa tersebut terjadi?
  5. Where (Dimana): Dimana peristiwa tersebut terjadi?
  6. How (Bagaimanakah): Bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi?

StrukturBagian Berita
Adapun bagian-bagian dari berita antara lain:

Headline

Headline atau judul, umumnya dilengkapi dengan anak judul. Fungsinya untuk memudahkan pembaca agar bisa dapat segera mengetahui peristiwa apa yang akan disampaikan dan menonjolkan berita tersebut dengan dukungan grafik agar lebih menarik.

Deadline

Biasanya deadline terdiri dari nama media massa, tempat peristiwa dan juga tanggal terjadinya peristiwa. Tujuannya untuk menunjukan tempat peristiwa dan inisial dari media massa yang menyampaikan berita tersebut.

Lead
Ini merupakan unsur terpenting dalam berita, karena bisa menentukan apakah isi berita tersebut akan dibaca atau tidak oleh masyarakat. Bisa dikatakan juga sebagai inti berita yang berfungsi menggambarkan seluruh isi berita namun secara ringkas. Ini juga biasa disebut dengan teras berita dan ditulisnya terdapat pada paragraf pertama.

Body
Ini merupakan bagian tubuh berita, isinya berupa peristiwa-peristiwa yang dilaporkan dengan bahasa yang singkat, jelas dan padat. Body disebut juga sebagai bagian perkembangan berita.

Sifat Berita
Berita memliki beberapa sifat didalamnya, adapun sifat berita tersebut yaitu:
  • Baru atau aktual
  • Penting
  • Akibat
  • Jarak
  • Emosi

Jenis-Jenis Berita

Berita Langsung
Berita langsung (straight news) adalah Jenis berita atau laporan peristiwa yang ditulis secara singkat, padat, lugas, dan apa adanya. Ditulis dengan gaya menunjukan peristiwa dalam keadaan apa adanya, tanpa ditambah penjelasan, terlebih interpretasi. Berita langsung dibagi menjadi dua jenis yaitu

Hard news (Berita Keras atau Berita Hangat adalah berita yang bernilai lebih, berkualitas dan ter-update. Karena sangat penting maka harus segera disampaikan dan diketahui masyarakat. Biasanya isi berita bersifat khusus atau bisa juga mengenai peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba.
Soft news (Berita Ringan) adalah berita pendukung, berita yang ringan dan nilai beritanya di bawah hard news.

Berita Opini
Berita opini (opinion news) adalah jenis berita menggunakan pendapat, pernyataan, atau gagasan seseorang, biasanya pendapat cendekiawan, sarjana, ahli, atau pejabat tentang suatu peristiwa.

Berita Interpretatif
Berita interpretaif (interpretative news) adalah jenis berita yang dikembangkan dengan komentar atau penilaian wartawan atau nara sumber yang kompeten atas berita yang muncul sebelumnya sehingga ini merupakan gabungan antara fakta dan interpretasi. Berita ini berawal dari informasi yang dirasa kurang jelas atau tidak lengkap arti dan maksudnya.

Berita Mendalam

Berita mendalam (depth news) adalah jenis berita yang merupakan pengembangan dari berita yang telah muncul dengan pendalaman hal yang ada di bawah suatu permukaan. Bermula dari berita yang masih belum selesai pengungkapannya dan dapat dilanjutkan kembali. Pendalaman dilakukan dengan mencari informasi tambahan dari narasumber atau berita terkait.

Berita Penjelasan
Berita penjelasan (explanatory news) adalah jenis berita yang bersifat menjelaskan dengan menguraikan peristiwa secara lengkap atau penuh data. Fakta didapatkan dan dijelaskan secara rinci dengan beberapa argumentasi atau pendapat penulis. Berita jenis ini biasanya panjang lebar sehingga harus disajikan secara bersambung dan berseri.

Berita Penyelidikan
Berita penyelidikan (investigative news) adalah jenis berita yang didapatkan dan dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan berbagai sumber. Disebut juga berita ini disebut penggalian karena wartawan menggali informasi dari berbagai pihak, bahkan melakukan penyelidikan langsung ke lapangan, berawal dari data mentah atau berita singkat. Umumnya berita investigasi disajikan dalam format tulisan feature.

Selain jenis-jenis berita diatas, dikenal pula jenis-jenis berita lainnya, antara lain:
  • Berita Singkat (spot news), adalah jenis berita atau laporan peristiwa yang sedang terjadi secara langsung atau siaran langsung.
  • Berita Basi, adalah jenis berita yang sudah tidak aktual lagi.
  • Berita Bohong (libel), adalah jenis berita yang tidak benar atau tidak faktual sehingga menjurus pada pencemaran nama baik.
  • Berita Foto, adalah jenis berita yang ditampilkan dalam bentuk foto lepas, tidak berkaitan dengan tulisan yang ada di sekelilingnya.
  • Berita Kilat (news flash), adalah jenis berita yang penting segera diketahui publik, dimuat di halaman depan surat kabar.
  • Berita Pembuka Halaman (opening news), adalah jenis berita yang ditempatkan di bagian awal atau paling atas halaman surat kabar, atau semacam berita utama (headline).

Demikianlah Penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian, Syarat, Ciri, Unsur, Struktur Bagian, Sifat dan Jenis Berita Lengkap. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: