Pengertian, Fungsi dan Tugas serta Tingkatan Manajemen Perusahaan Terlengkap

Pengertian, Fungsi dan Tugas serta Tingkatan Manajemen Perusahaan Terlengkap - Manajemen Perusahaan adalah proses memimpin, pengadministrasian dan mengarahkan perusahaan.Dalam proses ini, manajemen memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Pengertian, Fungsi dan Tugas serta Tingkatan Manajemen Perusahaan Terlengkap

Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli

Selain pengertian diatas, adapula pengertian manajemen perusahaan menurut para ahli. Berikut definisi manajemen perusahaan menurut para ahli:

George R. Terry (1997)

Menurut George R. Terry, Manajemen perusahaan adalah suatu proses yang berbeda terdiri atas planning, organizing, actuating dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya.

Mary Parker
Menurut Mary Parker, Manajemen perusahaan adalah suatu seni diamana tiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan orang lain.

Lawrance A Appley

Menurut Lawrance A Appley, Manajemen dalam seuah perusahaan merupakan suatu seni untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan dilaksanakan dengan usaha orang lain.

Koontz
Menurut Koontz, Manajemen perusahaan adalah suatu seni yang produktif yang didasarkan pada suatu pemahaman ilmu, ilmu dan seni tidaklah bertentangan, namun masing-masing saling melengkapi.

Wilson
Menurut Wilson, Manajemen adalah suatu rangkaian tindakan tindakan yang dilakukan oleh anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi.

Stoner
Menurut Stoner, Manajemen perusahaan adalah sebuah ilmu manajemen yang merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas atau organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Fungsi dan Tugas Manajemen Perusahaan
Sebuah perusahaan menggunakan sistem departemen atau divisi yang memiliki kepemimpinan bertingkat. Biasanya perusahaan memiliki 10 divisi dengan fungsi dan tugas yang berbeda-beda. Berikut divisi perusahaan beserta fungsi dan tugasnya:

Human Resources Development
Fungsi dan tugas Human Resources Development atau HRD yaitu memberikan saran dan wawasan untuk menarik, mempertahankan, mengapresiasi dan mengembangkan wartawan sehingga kualitas tenaga kerja perusahaan tetap terjaga.

Credit Risk
Dalam menjalankan tugas, departemen credit risk ini menggunakan manajemen risiko untuk mengawasi dan melindungi aset perusahaan. Bagian ini harus memiliki informasi yang lengkap tentang pasar, pesaing, produk dan hal lain yang dapat memepengaruhi perusahaan agar divisi lain bisa bertindak seefektif mungkin dan memilimalisir risiko yang ada.

Corporate Treasury
Fungsi dan tugas Corporate Treasury yaitu mengelola smber daya keuangan global perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan. Dalam menjalankan tugasnya, disisi ini bekerja sama dengan manajemen senior, unit bisnis dan regulator sehingga dapat memastikan efisiensi penggunaan dana dan perputaran keuangan perusahaan.

Compliance
Divisi ini bertugas mengidentifikasi dan memberikan bimbingan pada pelanggar kepatuhan dan merancang program yang efektif dalam mendukung komitmen perusahaan.

Firm Risk Management
Divisi ini bertugas mengembangkan manajemen risiko guna dimanfaatkan secara khusus dalam kerjasama perusahaan.

Firm Strategy & Execution
Divisi ini bertugas membantu pengambilan keputusan untuk memperkuat bidang jasa keuangan global. Divisi ini memberikan nasihat mengenai alternatif strategi dengan menganalisi dinamika industri yang ada dalam dunia bisnis.

Finance

Finance atau Divisi keuangan ini bertugas memberi laporan keuangan perusahaan kepada Chief Financial Officer.

Internal Audit
Divisi ini bertuga memberikan tinjauan independen dari kualitas pengendalian internal, manajemen risiko serta sistem tata kelola proses perusahaan.

Market Risk

Divisi ini bertugas mengelola semua eksposur risiko pasar yang muncul dari kegiatan bisnis perusahaan. Market Risk membantu perusahaan untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan dengan melihat kesempatan melalui proses manajemen risiko pasar.

Operational Risk
Divisi ini bekerja sama dengan unit bisnis dan kelompok kontrol untuk memastikan perusahaan memiliki program yang transparan, konsisten dan komprehensif guna mengelola risiko operasional. Baik itu risiko dari internal maupun eksternal perusahaan.

Menurut Louis A. Alen, fungsi dan tugas utama manajemen yaitu: Memimpin (Leading), Merencanakan (Planning), Menyusun (Organizing) dan Mengawasi (Controlling).

Memimpin
Untuk mencapai tujuan perusahaan, seorang manajer tentu saja memiliki tugas untuk memimpin rekan kerja dalam perusahaan. Lebih rincinya tugas memimpin seorang manajer yaitu:
  • pengambilan keputusan
  • melakukan komunikasi
  • memberikan motivasi
  • memilah orang
  • mengembangkan orang lain melalui penilaian hasil kinerja, memberikan saran dan pemberian latihan.
Merencanakan
Adapun tugas manajemen perusahaan dalam menjalankan fungsi perencanaan yaitu:
  • Meramalkan waktu yang akan datang
  • Membuat target dan sasaran
  • Membuat rencana urutan kegiatan yang dibutuhkan untuk pencapaian target
  • Mengatur urutan waktu pelaksanaan.
  • Budgeting atau menyusun rencana anggaran biaya
  • Membuat Standard Operating Procedure (SOP) mengenai pelaksanaan pekerjaan
  • Menetapkan dan menafsirkan kebijakan pelaksanaan pekerjaan.
Menyusun
Fungsi organizing atau menyusun perusahaan yaitu:
  • Desain Struktur Organisasi
  • Menentukan job description dari masing-masing jabatan guna mencapai sararan organisasi
  • Mendelegasikan tanggung jawab dan wewenang menetapkan pertangungjawaban untuk hasil yang dicapai
  • Menetapkan hubungan-hubungan yang membedakan antara atasan dan staff
  • Mendeskripsikan hal yang dianggap efektif sehubungan dengan pemanfaatan sumber daya manusia guna pencapaian sasaran.
Mengawasi
Dalam melakukan pengawasan, pengendalian dan pengamatan, fungi manajemen yaitu:
  • Melakukan pengembangan pekerjaan
  • Melakukan pengukuran hasil kerja
  • Melakukan perbaikan dan mengoreksi kesalahan
  • Tingkatan Dalam Manajemen Perusahaan
Dalam sebuah organisasi/perusahaan, tingkatan manajemen dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu

Top Management

Top Management merupakan jenjang tertinggi atau sering disebut dengan manajer senior, eksekutif kunci. Top Management bertanggung jawab atas kebijakan dan strategi perusahaan yang kemudian diterjemahkan secara lebih spesifik oleh manajer di atasnya.

Middle Management

Middle Management memiliki tugas mengawasai beberapa unit kerja dan menerapkan rencana yang sesuai dengan tujuan dan tingkatan yang lebih tinggi dan melaporkannya kepada top management.

Lower Management
Lower Management adalah tingkatan paling bawah dalam sebuah organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga operasional. Lower management lebih dikenal sebagai istilah Operasional, mandor, supervisior, dan kepala seksi.

Demikianlah penjelasan artikel tentang Pengertian, Fungsi dan Tugas serta Tingkatan Manajemen Perusahaan Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: