Pengertian Mekanisme Dan Urutan Serta Contoh Gerak Biasa dan Gerak Refleks Lengkap

Pengertian Mekanisme Dan Urutan Serta Contoh Gerak Biasa dan Gerak Refleks Lengkap - Gerakan dari salah satu anggota tubuh membuktikan bahwa dalam tubuh kita terjadi pengantaran impulsoleh saraf yang mengakibatkan tanggapan yang disampaikan oleh saraf motorik dalam bentuk gerak.

Pengertian, Mekanisme Dan Urutan Serta Contoh Gerak Biasa dan Gerak Refleks Lengkap
Gerak yang kita alami ada gerakan yang disadari dan gerakan yang tidak disadari. Gerakan yang disadari disebut dengan gerak biasa atau gerak sadar, contoh gerak sadar diantaranya olahraga, berjalan, berlari, dan lain sebagainya.

Sedangkan gerakan yang tidak disadari disebut dengan gerak refleks atau gerak tak sadar. Gerak refleks ini terjadi lebih cepat dibandingkan dengan gerak biasa, contohnya seperti gerak karena terkejut. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang gerak biasa dan gerak refleks mulai dari pengertian, mekanisme/urutan dan contoh gerak biasa dan gerak refleks.

Pengertian Gerak Biasa
Gerak biasa merupakan gerakan yang disadari, contoh gerak biasa diantaranya saat kita melangkahkan kaki menuju sebuah tempat, berlari, menyapu dan lain sebagainya. Mekanisme terjadinya hantaran impuls pada gerak biasa dimulai dari reseptor sebagai penerima rangsang. Impuls tersebut kemudian dihantarkan menuju neuron sensorik untuk kemudian diolah otak. Respons dari otak kemudian dihantarkan ke efektor oleh saraf motorik sehingga terjadlah gerakan.

Mekanisme Dan Urutan Gerak Biasa
Berikut ini urutan perjalanan impuls pada gerak biasa secara skematis:

Rangsang → Reseptor → Neuron Sensorik → Saraf Penghubung → otak → Saraf Penghubung → Neuron Motorik → Efektor
Contoh Gerak Biasa
Adapun contoh gerak biasa diantaranya: saat kita berjalan menaiki tangga, maka otak kita akan memerintahkan otot kaki untuk mengangkat kaki.

Gerak Refleks

Pengertian Gerak Refleks
Gerak refleks adalah gerakan yang tidak disadari atau gerakan yang baru disadari setelah gerakan tersebut terjadi. Gerak refleks ini merupakan gerakan yang dilakukan tanpa sadar dan merupakan respon langsung setelah adanya rangsangan.

Mekanisme hantaran impuls pada gerak refleks mirip dengan gerak biasa akan tetapi impuls pada gerak refleks tidak melalui pengolagan oleh pusat saraf. Neuron yang ada di otak hanya berperan sebagai konektor saja . Terdapat dua jenis neuron konektor yaitu neuron konektor di otak dan neuron konektor di susmsum tulang belakang.

Mekanisme Dan Urutan Gerak Refleks

Pada gerak refleks, rangsangan yang datang dari reseptor tidak semuanya sampai ke otak untuk diolah. Berikut ini urutan perjalanan impuls pada gerak refleks secara skematis:

Rangsang → Reseptor → Neuron Sensorik → Konektor (Otak/Sumsum Tulang Belakang) → Neuron Motorik → Efektor

Jalan pendek yang ditempuh oleh rangsang mengakibatkan gerak refleks yang disebut dengan lengkung refleks. Jenis refleks tergantung pada saraf penghubungnya apakah itu terdapat di sumsum tulang belakang atau di otak. Jika refleksnya hanya melibatkan sumsum tulang belakang maka disebut dengan Refleks cerebellar.

Contoh Gerak Refleks
Contok gerak refleks melalui neuron konektor otak diantaranya: pupil mata akan mengecil, jika terkena cahaya terang. Contoh gerak refleks melalui neuron konektor sumsum tulang belakang, diantaranya: kaki terangkat ketika lutut dipukul.

Demikianlah penjelasan artikel tentang Pengertian, Mekanisme Dan Urutan Serta Contoh Gerak Biasa dan Gerak Refleks Lengkap. Semoga dapat bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: