Pengertian, Konsep, dan Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian, Konsep, dan Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli - Pengertian, Konsep, dan Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli – Sahabat Pendidikan kembali lagi bersama kami. Kali ini kita akan membahas tentang Manajemen Pemasaran, yang melingkupi Pengertian, Konsep dan Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran. untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan singkatnya berikut ini.

Pengertian, Konsep, dan Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran sendiri ialah alat analisis, perencanaan, penerapan, serta pengendalian program yg dirancang dalam menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yg menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yakni dalam memperoleh laba.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut para Ahli

American Marketing Association, menterjemahkan pemasaran itu sebagai berikut: Pemasaran ialah pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran.

Kotler, 1980 menjelaskan bahwa Manajemen Pemasaran itu ialah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, & pengawasan program-program yg bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yg dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Dharmmesta & Handoko, 1982, menjelaskan bahwa Manajemen Pemasaran itu ialah salah satu kegiatan pokok yg dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, & mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen bila menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen memiliki pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.

Kotler & Amstrong,
menerangkan bahwa Manajemen Pemasaran itu ialah analisis, perencanaan, implementasi, & pengendalian program yg di design untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yg menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan dari perusahaan.

Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control, mendefinisikan bahwa pemasaran secara lebih luas, yakni Pemasaran itu ialah: Suatu proses sosial, dimana individu & kelompok mendapatkan apa yg mereka butuhkan, serta mereka inginkan dengan menciptakan & mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.

William J. Stanton, menjelaskan bahwa Manajemen Pemasaran itu ialah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yg ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang serta jasa yg memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yg ada maupun pembeli yang potensial.

Konsep Manajemen Pemasaran

Falsafah dari konsep pemasaran yakni bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan & kebutuhan pembeli (konsumen). Seluruh kegiatan dalam perusahaan yg menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Secara definitif dapat juga dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran itu ialah sebuah falsafah bisnis yg menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi & sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).

Elemen Penting dalam Konsep Pemasaran:
  • Market oriented berorientasi pada keinginan Konsumen
  • Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu
  • Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen
  • Konsep Manajemen pada hakikatnya mencakup upaya & strategi yg ditempuh manajemen dalam rangka mencapai tingkat kepuasan konsumen.

Perencanaan Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran atau Marketing Strategy merupakan proses dalam menentukan target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang terkait dimana:
  1. Target Market; Target disini ialah sekelompok pelanggan homogen atau pasar yg ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan.
  2. Bauran Pemasaran atau Marketing Mix; ialah variabel-variabel yg disusun oleh perusahaan dalam rangka memuaskan target market tersebut. Adapun Marketing Mix ini sendiri merupakan kombinasi dari 4 (empat) variabel atau kegiatan yg merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni : produk, struktur harga, kegiatan promosi & sistem saluran distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi yg sangat strategis dipasar.

Subscribe to receive free email updates: