Pengertian Kewirausahaan, Ciri-Ciri, Tujuan dan Teori Kewirausahaan Terlengkap

Pengertian Kewirausahaan, Ciri-Ciri, Tujuan dan Teori Kewirausahaan Terlengkap - Kewirausahaan adalah suatu sikap atau kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru yang bernilai dan bermanfaat bagi dirinya serta orang lain. Sedangkan orang yang memiliki semangat, sikap perilaku dan kemampuan kewirausahaan disebut dengan wirausaha.

Pengertian Kewirausahaan, Ciri-Ciri, Tujuan dan Teori Kewirausahaan Terlengkap

Jadi wirausaha mengarah pada orang yang melkukan usaha atau kegiatan dengan kemampuan yang dimiliki sedangkan kewirausahaan menunjuk pada sikap mental yang dimiliki seorang wirausaha dalam melaksanakan usaha atau kegiatan.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli
Soeparman Spemahamidjaja

Menurut Soeparman Spemahamidjaja, Kewirausahaan adalah suatu kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.

S. Wijandi
Menurut S. Wijandi, Kewirausahaan adalah suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.

Thomas W Zimmerer
Menurut Thomas W Zimmere, Kewirausahaan adalah penerapan keinovasian dan kreativitas untuk pemecahan masalah & memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.

Raymond
Menurut Raymond, Wirausaha adalah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkanya kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

Peter F Drucker
Menurut Peter F Drucker, Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different).

Ciri-Ciri Wirausaha
Seseorang dikatakan sebagai wirausaha. Apabila telah memenuhi karakteristik atau ciri-ciri berikut ini:
  • Memiliki daya kreasi
  • Berani mengambil risiko
  • Memiliki analisis yang tepat
  • Memiliki semangat dan kemauan keras
  • Memiliki jiwa pemimpin
  • Tidak konsumtif
  • Berorientasi pada masa depan
Ciri-Ciri Kewirausahaan
Berikut ini adalah ciri-ciri kewirausahaan yang profesional dan handal:
  • Yakin pada produk yang dimiliki
  • Mengenal banyak produknya
  • Tidak berdebat dengan calon konsumen
  • Komunikatif dan negosiasi ramah dalam pelayanan
  • Santun, jujur dan berani
  • Menciptakan transaksi
Tujuan Berwirausaha
Tujuan yang seharusnya dimiliki oleh seorang wirausaha yaitu:
  1. Berusaha dan bertekad dalam meningkatkan jumlah para wirausaha yang baik dengan kata lain ikut serta dalam mengader manusia manusia calon wirausaha untuk membangun jaringan bisnis yang lebih baik
  2. Ikut serta dalam mewujudkan kemampuan para wirausaha untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dan Negaranya
  3. Ikut serta dalam menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran serta orientasi kewirausahaan yang kokoh.
  4. Menyebarluaskan dan membuat budaya ciri ciri kewirausahaan disekitarnya terutama dalam masyarakat
  5. Mengembangkan dalam bentuk inovasi dan kreasi agar tercipta dinamika dalam kewirausahaan atau dunia bisnis sehingga kemakmuran dapat tercapai.
Teori Kewirausahaan
Berikut ini adalah teori kewirausahaan, diantaranya:

Neo Klasik
Teori ini memandang perusahaan sebagai istilah teknoologis, dimana manajemen hanya mengetahui biaya dan penerimaan perusahaan dan sekedar melakukan kalkulasi matematis untuk menentukan nilai optimal dari variabel keputusan.

Kirzerian Entrepreneur

Teori Kirzer ini menyoroti tentang kinerja manusia, keuletanya, keseriusanya, kesungguhanya, untuk mandiri dalam berusaha, sehingga maju mundurnya suatu usaha tergantung pada upaya dan keuletan pengusaha itu sendiri.

Teori Perilaku
Teori ini menyoroti bagaimana seorang wirausahawan harus memiliki kecakapan dalam mengorganisasikan usaha, mengatur keuangan dan hal terkait, membangun jaringan, dan memasarkan produk, dibutuhkan pribadi yang supel dan pandai bergaul untuk memajukan suatu usaha.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian Kewirausahaan, Ciri-Ciri, Tujuan dan Teori Kewirausahaan Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: