Pengertian Instrumen Pasar Modal Beserta Peran, Manfaat, Fungsi, Jenis-Jenisnya Terlengkap

Pengertian Instrumen Pasar Modal Beserta Peran, Manfaat, Fungsi, Jenis-Jenisnya Terlengkap - Pasar Modal atau Capital Market adalah pasar untuk berbagai macam jenis instrumen keuangan jangka panjang yang dapat diperjualbelikan baik dalam bentuk utang, saham atau ekuitas, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya.
Pengertian Instrumen Pasar Modal Beserta Peran, Manfaat, Fungsi, Jenis-Jenisnya Terlengkap

Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli
Darmadji dan Fakhruddin (2006:1)

Menurut Darmadji dan Fakhruddin, Pasar modal adalah sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah) dan sarana bagi kegiatan berinvestasi.

Situmorang (2008:3)

Menurut Situmorang, Pasar modal adalah perdagangan instrumen keuangan (sekuritas) jangka panjang, baik dalam bentuk modal sendiri (stocks) maupun utang (bonds), baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun oleh perusahaan swasta.

Sunariyah (2006:4)

Menurut Sunariyah, Pasar Modal adalah suatu pasar (tempat berupa gedung) yang di siapkan guna memperdagangkan saham-saham, obligasi-obligasi, dan jenis surat berharga lainnya dengan memakai jasa para perantara pedagang efek.

Husnan (2003:3)
Menurut Husnan, Pasar Modal adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan (sekuritas) jangka panjang yang dapat diperjualbelikan, baik dalam bentuk utang maupun modal sendiri. Baik itu diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta.

Undang-Undang  No. 8 tahun 1995 Tentang Pasar Modal Pasal 1 butir 13

Menurut Undang-undang Nomor 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal Pasal 1 butir 13, Pasar Modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan potensi yang berkaitan dengan efek.

Suad Husnan (2001)
Menurut Suad Husnan, Pasar modal dapat didefinisikan sebagai pasar untuk instrumen keuangan (atau sekuritas) jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk hutang ataupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta.

Eduardus Tandelilin (2001)
Menurut Eduardus Tandelilin, Terdapat 3 definisi pasar modal, diantaranya:
Dalam arti luas, Pasar Modal adalah sistem keuangan yang terorganisir, termasuk bank-bank komersial dan semua perantara dibidang keuangan, serta surat berharga.

Dalam arti menengah, Pasar Modal adalah semua pasar yang terorganisasi dan lembaga-lembaga yang memperdagangkan warkat-warkat kredit (biasanya yang berjangka waktu lebih dari satu tahun) termasuk saham-saham, obligasi-obligasi, pinjaman berjangka hipotek, dan tabungan serta deposito berjangka.

Dalam arti sempit, Pasar Modal adalah tempat pasar terorganisasi yang memperdagangkan saham-saham dan obligasi-obligasi dengan memakai jasa dari makelar, komisioner dan para underwriter (penjamin).

Widoatmodjo (2012:15)
Menurut Widoatmodjo, Pasar modal merupakan pasar untuk berbagai instrument keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk utang ataupun modal sendiri.

Martalena dan Malinda (2011:2)

Menurut Martalena dan Malinda, Pasar Modal adalah pasar untuk berbagai instrument keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuisi (saham), reksadana, instrument derivatif maupun instrument lainnya.

Irham (2011:34)
Menurut Irham, Pasar Modal adalah sebuah pasar tempat dana-dana modal seperti ekuitas dan utang diperdagangkan.

Fahmi & Hadi (2009:41)
Menurut Fahmi & Hadi, Pasar modal adalah tempat berbagai pihak, khususnya perusahaan menjual saham (stock) dan obligasi (bond) dengan tujuan dari hasil penjualan tersebut nantinya akan dipergunakan sebagai tambahan dana atau memperkuat modal perusahaan.

Peran Pasar Modal

Adapun peran pasar modal terhadap perekonomian nasional antara lain:
  • Sebagai intermediasi atau lembaga perantara keuangan selain bank.
  • Memungkinkan pemodal berpartisipasi dalam kegiatan bisnis yang menguntungkan atau investasi.
  • Memungkinkan kegiatan bisnis mendapatkan dana dari pihak luar dalam rangka perluasan usaha atau ekspansi.
  • Memungkinkan kegiatan bisnis untuk memisahkan operasi bisnis dan ekonomi dari kegiatan keuangan .
  • Memungkinkan pemegang surat berharga mendapatkan likuiditas dengan menjual surat berharga yang dimiliki pada pihak lain.
  • Manfaat Pasar Modal
Adapun manfaat pasar modal menurut Tjiptono (2006) yaitu:
  • Sebagai alokasi sumber dana secara optimal
  • Memberikan wahana investasi bagi inverstor dan memungkinkan upaya diversifikasi
  • Menyediakan indikator utama bagi tren perekonomian negara.
  • Alternatif investasi yang memberikan potensi keuntungan dengan risiko dapat diperhitungkan melalui keterbukaan, likuiditas dan diservikasi investasi.
Fungsi Pasar Modal
Ada terdapat beberapa pendapat tentang fungsi pasar modal dari para ahli diantaranya:

Menurut Tandelilin (2001:13), hakikatnya pasar modal memiliki 2 fungsi utama yakni:
  • Lembaga perantara yang menunjukan peran penting dalam menunjang perekonomian karena pasar modal bisa menghubungkan pihak yang memerlukan dana dengan pihak yang memiliki dana lebih.
  • Mendorong terciptanya alokasi dana yang efisien karena dengan adanya pasar modal maka investor bisa memilih alternatif investasi yang memberikan return yang optimal.
Menurut Sunariyah (2006:7), fungsi pasar modal di suatu negara yaitu:
  • Sebagai fasilitas melakukan interaksi antara pembeli dan penjual untuk menentukan harga saham atau surat berharga yang akan diperjual belikan.
  • Memberikan kesempatan pada para investor untuk menentukan hasil yang diharapkan.
  • Memberikan kesempatan pada para investor untuk menjual kembali saham atau surat berharga lainnya yang dimilikinya.
  • Memberikan kesempatan paa masyarakat untukberpartisipasi dalam perkembangan perekonomian.
  • Mengurangi biaya informasi dan transaksi surat berharga.
Menurut Rusdin (2008:2-3), Fungsi Pasar Modal, yaitu:
  • Sebagai wahana pengalokasian dana secara efisien
  • Sebagai alternatif investasi
  • Memungkinkan investor untuk memiliki perusahaan yang sehat damn memiliki prospek yang baik
  • Pelaksanaan manajemen perusahaan secara profesional dan transparan
  • Peningkatan aktivitas ekonomi nasional
Jenis Pasar Modal
Terdapat beberapa macam jenis pasar modal yang dikemukakan oleh Sunariyah (2011:12),diantaranya:

Pasar Perdana (Primary Market)
Pada jenis pasar modal ini, penawaran salam oleh emiten dilakukan sebelum diperdagangkan di pasar sekunder
Pasar Sekunder (Secondary Market)
Pada jenis pasar modal ini, perdagangan saham yeng sudah melewati masa penawaran di pasar perdana. Saham pada pasar ini telah terjual setelah penjualan di pasar perdana.
Pasar Ketiga (Third Market)
Jenis pasar modal ini meupakan tempat perdagangan saham di luar bursa. Umumnya ini dikoordinir oleh Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek dan diawasi serta dibina oleh lembaga keuangan.
Pasar Keempat (Fourth Market)
Jenis pasar modal ini merupakan bentuk perdagangan efek antar pemegang saham atau proses pemindahan saham antar pemegang saham yang umumnya dalam nominal yang besar.Instrumen Pasar Modal
Instrumen pasar modal adalah berbagai efek atau surat berharga yang umumnya diperjualbelikan di pasar modal. Tandelilin (2001:18), mengemukakan yang termasuk instrumen pasar modal yaitu:

Saham
Saham yaitu surat tanda bukti kepemilikan atasa aset perusahaan dan ini merupakan jenis sekuritas yang paling populer di pasar modal. Dengan saham, inverstor akan mendapatkan devidendan bisa memanfaatkan fluktuasi dana saham dengan menjual saham tersebut (capital gain).

Obligasi
Obligasi adalah sertifikat kontrak antara investor dan perusahaan yang menyatakan bahwa investor sebagai pemegang obligasi sudah meminjamkan sejumlah uang pada emiten.

Reksadana
Reksadana adalah sertifikat yang menjelaskan pemiliknya menitipkan sejumlah dana pada perusahaan reksadana untuk dikelola manajer investasi profesional.

Instrumen derivatif
Ini metupakan sekuritas turunan dari sekuritas lain. Terdapat beberapa jenis instrumen derivatif ini diantaranya opsi, future, wara, dan right issue.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian Instrumen Pasar Modal Beserta Peran, Manfaat, Fungsi, Jenis-Jenisnya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: