Pengertian, Fungsi, Stuktur, Gambar Anatomi dan Penyakit Pada Pankreas Terlengkap

Pengertian, Fungsi, Stuktur, Gambar Anatomi dan Penyakit Pada Pankreas Terlengkap - Pankreas adalah organ pada sistem pencernaan yang memiliki 2 fungsi utama yaitu menghasilkan enzim pencernaan (fungsi eksorin) dan menghasilkan beberapa hormon (fungsi endokrin).
Pengertian, Fungsi, Stuktur, Gambar Anatomi dan Penyakit Pada Pankreas Terlengkap
Pankreas merupakan kelenjar yang memiliki panjang sekitar 12-15 cm dan lebar sekitar 4 cm. Letak pankreas berada di perut  bagian atas yang memanjang ke arah kiri (di belakang lambung di bagian belakang perut), bagian kepalanya tampak menempel pada duodenum atau usus 12 jari. Bagian ekor atau badan pankreas merupakan bagian tersempit pankreas yang terletak di bagian kiri perut di samping limpa.

Fungsi Pankreas
Adapun fungsi pankreas secara umum yaitu:
  • Sebagai kelenjar eksorin atau kelenjar yang mensekresikan zat tertentu tanpa dengan melalui pembuluh darah
  • Sebagai kelenjar endokrin atau kelenjar yang mensekresikan zat tertentu melalui pembuluh darah
  • Sebagai penghasil berbagai protease seperti tripsin, amilase dan lipase dalam membantu proses pencernaan.
  • Menjaga keseimbangan kadar gula dalam tubuh
  • Menghasilkan cairan pankreas untuk proses pencernaan dalam saluran pencernaan
  • Menjaga keseimbangan lemak dalam tubuh
  • Untuk metabolisme baik anabolisme atuapun katabolisme gula dan bentuk lainnya
Fungsi Pankreas Sebagai Organ Eksorin
Pada saat makanan keluar dari lambung akan langsung menuju ke usus 12 jari, Usus dua belas jari kemudian menghasilkan hormon Kolesistokinin yang berfungsi merangsang pankreas untuk mengeluarkan enzimnya (getah pankreas) melalui duktus pankreatikus. Enzim pencernaan (getah pankreas) tersebut dihasilkan oleh Asini, Asini yaitu kumpulan sel Pankreas. Kandungan getah pankreas diantaranya: NaCHO3, Lipase, Tripsinogen, Amilase, enzim Karbohidrase. Intinya fungsi pankreas sebagai organ eksorin yaitu:
  • Menetralkan pH makanan yang masuk ke dalam duodenum (Usus 12 Jari) agar tetap dalam keadaan basa.
  • Menghasilkan berbagai enzim yang membantu mencerna makanan masuk ke usus halus yang dimana enzim-enzim tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana agar dapat diserap tubuh.
Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin
Pankreas manusia memiliki langerhans yang berperan dalam menjalankan fungsi endokrin pankreas. Langerhans adalah kelompok sel kecil yang tersebar di seluruh pankreas yang banyak terdapat pembuluh darah dan menyusun 1%-2% dari seluruh masa pankreas.

Langerhans ini terbagi menjadi 4 jenis sel, dimana tiap selnya menghasilkan hormon yang memiliki fungsi berbeda.

Sela Alfa Pankreas, yaitu sel yang berfungsi menghasilkan hormon glukagon. Fungsi hormon glukagon yaitu untuk meningkatkan kadar gula dalam darah dan memecah cadangan gula dalam hati lalu dibawa ke darah.
Sel Beta Pankreas, yaitu sel yang berfungsi menghasilkan hormon insulin. Fungsi hormon insulin yaitu untuk menurunkan kadar gula dalam darah, Jika kadar gula dalam darah tinggi, maka insulin akan menyimpan gula berlebih tersebut ke dalam hati. Jika hormon insulin tidak ada atau kurang, maka manusia akan terkena penyakit diabetes militus.

Sel F Pankreas (Sel Gamma Pankreas), yaitu sel yang berfungsi menghasilkan polipeptida pankreas. Fungsi polipeptida yaitu untuk memperlambat penyerap makanan. Namun, fungsi utama Sel F belum diketahui.
Sel Delta Pankreas, yaitu sel yang berfungsi menghasilkan somatostatin. Fungsi hormon somatostatin yaitu untuk menghambat sekresi Glukagon oleh sel alfa pankreas dan menghambat sekresi insulin oleh sel beta pankreas, serta menghambat produk polipeptida oleh Sel F pankreas.
Jadi, secara umum fungsi pankreas sebagai organ endokrin yaitu untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Bagian-Bagian Pankreas


Adapun struktur bagian utama pada pankreas yaitu:

Kepala Pankreas
Kepala pankreas yaitu bagian yang terlihat menempel pada usus halus, bagian ini merupakan bagian terluas dari pankreas.
Leher Pankreas
Leher pankreas yaitu bagian pankreas yang berukuran panjang sekitar 2,5 cm dan terletak diantara kepala serta badan pankreas.
Badan Pankreas
Badan pankreas yaitu bagian yang berada diantara leher serta ekor pankreas, bagian ini merupakan bagian terpenting pada pankreas.
Ekor Pankreas
Ekor pankreas yaitu bagian meruncing yang terdapat pada perut kiri. Bagian ini merupakan bagian terakhir dari tubuh pankreas.
Saluran Pankreas
Saluran pankreas (Duktus Pankreatikus) ini menyatu dengan duktus koledukus (saluran empedu) dan bermuara di usus 12 jari (duodenum). Saluran pankreas ini mengeluarkan sejumlah enzim dari pankreas dalam membantu sistem pencernaan.

Penyakit Pada Pankreas

Pankreatitis
Pankreatitis adalah penyakit pada pankreas yang ditandai dengan peradangan pankreas akut dan kronis. Peradangan tersebut dapat terjadi jika saluran utama pankreas tersumbat oleh batu empedu atau tumor.

Kanker pankreas
Kanker pankreas seringkali dikaitkan dengan kebiasaan merokok dan minim minuman keras, selain itu faktor risilo lain yang dapat menyebabkan kanker pankreas ini yaitu diabetes, pankreatitis kronis, masalah hati dan juga infeksi perut.

Gejala kanker pankreas ini tidak muncul hingga tahap kanker stadium lanjut, sehingga seringkali penderita terlambat mengobatinya. Kondisi penderita kanker pankreas, diantaranya seperti:
  • Nyeri pada perut bagian atas karena tumor yang menekan saraf.
  • Ikterus atau penyakit kuning, yaitu menguningnya kulit dan mata tanpa rasa sakit dan air urine berwarna gelap.
  • Kehilangan nafsu makan, mual dan muntah.
  • Penurunan berat badan yang signifikan dan badan terasa sangat lemas.
  • Tinja acholic yaitu dimana tinja memiliki warna seperti tanah liat dan steatorrhea atau kelebihan lemak dalam tinja.
Demikianlah penjelasan artikel tentang Pengertian, Fungsi, Stuktur, Gambar Anatomi dan Penyakit Pada Pankreas Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: