Pengertian Arus Laut, Jenis-Jenis dan Penyebab Terjadinya Arus Laut Terlengkap

Pengertian Arus Laut, Jenis-Jenis dan Penyebab Terjadinya Arus Laut Terlengkap -  Arus laut adalah pergerakan massa air secara vertikal dan horizontal menuju keseimbangan atau gerakan air yang sangat luas yang terjadi di seluruh lautan di dunia. Arus adalah gerakan mengalirnya massa air karena tiupan angin, perbedaan densitas maupun pergerakan gelombang panjang.

Pengertian Arus Laut, Jenis-Jenis dan Penyebab Terjadinya Arus Laut Terlengkap
Setelah mengetahui pengertian arus laut, kali ini kita juga akan membahas

Jenis-Jenis Arus Laut
Berdasarkan Proses Terjadinya
Berdasarkan proses terjadinya, arus laut dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:
  • Arus Ekman yaitu Arus yang dipengaruhi oleh angin.
  • Arus Termohaline yaitu Arus yang dipengaruhi oleh densitas serta gravitas.
  • Arus Pasut yaitu Arus yang dipengaruhi oleh adanya pasut.
  • Arus Geostropik yaitu Arus yang dipengaruhi oleh adanya gradien tekanan mendatar serta juga gaya corolis.
  • Arus Wind Driven Current yaitu Arus yang dipengaruhi oleh adanya pola pergerakan angin serta terjadi pada lapisan permukaan.
Berdasarkan Tingkat Kedalaman
Berdasarkan tingkat kedalamannya, arus dibedakan menjadi:
  • Arus permukaan yaitu arus yang terjadi dibeberapa ratus meter dari permukaan, dengan arah gerak horizontal serta dipengaruhinya oleh pola sebaran angin.
  • Arus dalam yaitu arus yang terjadi jauh di dasar kolom peraran, arah pergerakannya tidak dipengaruhi adanya pola sebaran angin serta membawa massa air dari daerah kutub ke daerah yang ekuator.

Berdasarkan Temperatur

Berdasarkan temperaturnya, arus dibedakan menjadi:

  • Arus panas yaitu arus laut dengan temperatur lebih tinggi atau panas daripada temperatur air laut yang didatangi. Contohnya yaitu Arus Teluk dan Kuroshiwo. Arus tersebut datang dari daerah tropis ke daerah sedang.
  • Arus dingin yaitu arus laut yang temperatur airnya lebih rendah atau dingin daripada temperatur air laut yang didatangi. Contohnya yaitu Arus Labrador, Arus Benguela, Arus Peru dan Arus Oyashiwo.

Berdasarkan Letak
Berdasarkan letaknya, arus dibedakan menjadi:
  • Arus atas yaitu arus laut yang bergerak sebagai arus yang berada di permukaan laut. Contohnya: semua arus laut yang disebabkan angin.
  • Arus bawah yaitu arus laut yang bergerak sebagai arus laut yang berada di dasar laut. Apabila arah gerakan berubah ke arah vertikal, maka arus ini akan menjadi up welling dan sinkin pada beberapa pantai.
  • Long Shore Current yaitu arah aliran arus yang sejajar dengan garis pantai.
  • Rip Current yaitu arus yang berada di pantai berpasir halus dan bergelombang agak besar. Arah gerakannya tegak lurus dengan garis pantai.
Faktor Penyebab Terjadinya Arus Laut
Arus di lautan terjadi disebabkan oleh dua faktor utama yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal yang menyebabkan terjadinya arus laut yaitu perbedaan densitas air laut, gradien tekanan mendatar dan gesekan lapiasn air.
Faktor eksternal yang menyebabkan terjadinya arus yaitu gaya tarik matahari dan bulan yang dipengaruhi oleh tahanan dasar laut dan gaya coriolis, perbedaan tekanan udara, gaya gravitasi, gaya tektonik, dan angin.

Persebaran Arus Di Seluruh Dunia
Di Samudra Hindia

Sebelah Utara Khatulistiwa
Arus laut samudra hindia memiliki keadaan yang berbeda dengan samudra lain, hal tersebut dikarenakan arah gerakan arusnya yang tidak tetap melainkan berganti arah setiap setengah tahun, tergantung dengan gerakan angin musim yang menyebabkannya. Arus tersebut antara lain:
  • Arus Musim Barat Daya yaitu arus panas yang mengalir menuju arah timur melewati laut arab serta Teluk Benguela. Arus ini ditimbulkan atau didorong oleh angin musim barat daya. Arus ini mengalir kurang kuat karena mendapat hambatan dari gerakan angin pasat timur laut.
  • Arus Musim Timur Laut yaitu arus panas yang mengalir menuju arah barat melewati teluk Benguela dan juga Laut Arab. Arus ini ditimbulkan atau didorong oleh angin musim timur laut. Arus ini bergerak lumayan kuat karena terdapat dorongan dari 2 anginyaitu angin pasat timur laut dan angin musim timur laut.

Sebelah Selatan Khatulistiwa
Arus Khatulistiwa Selatan yaitu arus panas yang mengalir menuju arah barat sejajar dengan garis khatulistiwa yang nantinya akan pecah menjadi dua ( Arus Maskarena dan arus Agulhas setelah sampai di timur madagaskar). Arus ini ditimbulkan atau didorong oleh angin pasat tenggara.

Arus Angin Barat yaitu arus lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke arah sebelah utara yang melewati pantai barat benua Australia. Arus ini termasuk arus menyimpang dan juga merupakan arus dingin yang akhirnya kembali menjadi Arus Khatulistiwa Selatan.

Di Samudra Pasifik
Sebelah Utara Khatulistiwa

Arus Khatulistiwa Utara adalah arus panas yang mengalir menuju ke barat yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan atau di dorong oleh angin pasat timur laut.

Sebelah Selatan Khaulistiwa

Arus Khatulistiwa Selatan adalah arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan atau didorong oleh angin pasat tenggara.

Di Samudra Atlantik
Sebelah Utara Khatulistiwa

Arus Khatulistiwa Utara adalah arus panas yang mengalir menuju arah barat sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan atau didorong oleh angin pasat timur laut.

Sebelah Selatan Khatulistiwa
Arus Khatulistiwa Selatan adalah arus panas yang mengalir menuju arah barat, sejajar dengan garis khatulistiwa. Sebagian arus tersebut masuk ke utara sedangkan yang sebagian lagi itu mengarah ke selatan. Arus ini ditimbulkan atau didorong oleh angin pasat tenggara.

Demikianlah penjelasan tulisan diatas mengenai Pengertian Arus Laut, Jenis-Jenis dan Penyebab Terjadinya Arus Laut Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang membaca.

Subscribe to receive free email updates: