Definisi Dan Perbedaan Skripsi, Thesis, Dan Disertasi

Definisi Dan Perbedaan Skripsi, Thesis, Dan Disertasi -Definisi Dan Perbedaan Skripsi, Thesis, Dan Disertasi – Sahabat Pendidikan kembali lagi bersama kami. Kali ini kita akan membahas tentang Tugas Akhir, Skripsi, Thesis, Dan Disertasi, dan pembahasan kali ini mencakup Definisi dan perbedaan diantar keempatnya. Silahkan simak ulasan singkatnya berikut ini.

Definisi Dan Perbedaan Skripsi, Thesis, Dan Disertasi

Definisi Skripsi
Skripsi ialah salah satu karya tulis ilmiah hasil dari penelitian atau percobaan yang dilakukan dan disusun oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing skripsi yang dipertanggung jawabkan dalam suatu Sidang Ujian Akhir Program atau biasa disebut dengan Sidang Skripsi, yang mana hal ini diperuntukan dalam memenuhi persyaratan memperoleh derajat kesarjanaan S1 atau strata satu. Skripsi sendiri menjadi salah satu pembeda antara jenjang pendidikan sarjana atau strata satu (S1) dan diploma III (D3).

Skripsi sendiri dapat dibagi menjadi 2 (dua) yaitu:
  • Langsung ( observasi Lapangan)
  • Tidak Langsung ( studi Kepustakaan)
Definisi Thesis
Tesis itu ialah salah satu dari karya ilmiah tertulis yang disusun mahasiswa secara individual dengan berdasarkan hasil penelitian empiris untuk dijadikan sebagai bahan kajian akademis. Tesis sendiri ialah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen-argumen untuk dikemukakan, dan merupakan hasil dari studi yang sistematis atas masalah, tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Tesis disyaratkan untuk lulus pendidikan jenjang Strata dua atau S2.

Definisi Disertasi
Disertasi itu merupakan salah satu karya ilmiah mahasiswa untuk jenjang pendidikan Strata tiga atau S3 yang berupaya menciptakan suatu teori baru dengan menguji hipotesis yang disusun dengan berdasarkan teori yang sudah ada. Disertasi sendiri berupa paparan diskusi yang menyertai sebuah pendapat atau argumen.

Perbedaan Skripsi, Tesis, Disertasi
Secara umum, perbedaan diantara skripsi, tesis, dan disertasi dapat dilihat dari 2 (dua) aspek, yaitu aspek kuantitatif dan aspek kualitatif.

Dari aspek kuantitatif, secara literal bisa dikatakan bahwa disertasi itu lebih berat bobot akademisnya daripada tesis, dan tesis jauh lebih berat bobot akademisnya daripada skripsi. Ketentuan ini hanya bisa diberlakukan untuk jenis karya ilmiah yang sama maksudnya disini sama-sama hasil penelitian kuantitatif atau juga sama-sama hasil penelitian kualitatif; dan dalam bidang studi yang sama pula tentunya dan misalnya sama-sama tentang bahasa atau sama-sama tentang ekonomi.

Artinya, disertasi itu mencakup bahasan yang jauh lebih luas daripada tesis, dan tesis juga tentunya mencakup bahasan yang lebih luas atau lebih dalam daripada skripsi. Akan tetapi ukuran kuantitas ini tidak bisa diberlakukan jika skripsi, tesis, dan disertasi dibanding-bandingkan antar bidang studi atau antar jenis penelitian. Dan oleh karena itu perbedaan dari skripsi, tesis, dan disertasi ini biasanya tidak hanya dilihat dari aspek kuantitatif, tetapi juga lebih banyak dilihat dari aspek kualitatif. Dan pada dasarnya, aspek-aspek kualitatiflah yang membedakan antara skripsi, tesis, dan disertasi bisa dikemukakan secara konseptual, tetapi sulit untuk dikemukakan secara operasional.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul Definisi Dan Perbedaan Skripsi, Thesis, Dan Disertasi. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: