6 Pengertian Dan Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial Terlengkap

6 Pengertian Dan Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial Terlengkap - Ekonomi Manajerial (managerial economics) adalah aplikasi atau penerapan teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan guna membahas bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan dengan cara yang paling efisien.

6 Pengertian Dan Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial Terlengkap

Pengertian Ekonomi Manajerial Menurut Para Ahli
Mc Connel (1993)

Menurut Mc Connel, Ekonomi Manajerial adalah alat analisis yang sangat berguna bagi manajer dalam pengambilan keputusan bisnis. Sesuai namanya, ekonomi manajerial merupakan hibrid dari ilmu ekonomi dan ilmu manajemen.

Ket (2000)
Menurut Ket, Ekonomi Manajerial adalah ilmu dan seni tentang bagaimana mengorganisasikan dan mengalokasikan sumber daya perusahaan yang terbatas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Evan J. Douglas (1995)
Menurut Evan J. Douglas, Ekonomi Manajerial adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip metodologi ekonomi dalam proses pengambilan keputusan perusahaan atau organisasi.

Dominic Salvatore (1996)
Menurut Dominic Salvatore, Ekonomi Manajerial adalah pengetahuan yang menunjukkan adanya aplikasi teori ekonomi dan analisis pengetahuan pengambilan keputusan yang menelaah bagaimana organisasi dapat mencapai tujuan secara efisien.

Hirschey (2003)
Menurut Hirschey, Ekonomi Manajerial adalah aplikasi teori dan metode ekonomi dalam proses pengambilan keputusan manajerial dan administratif.

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial
Ekonomi manajerial merupakan penerapan ilmu yang menggabungkan antara ilmu ekonomi dan pengambilan keputusan.

Ekonomi Manajerial dan Teori Ekonomi
Terdapat dua macam teori dalam ekonomi yaitu teori mikroekonomi dan teori makroekonomi.

Mikroekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku ekonomis secara individual sebagai unit pengambil keputusan, seperti : konsumen, pemilik sumber daya dan perusahaan bisnis dalam sistem perdagangan bebas. Sedangkan Makroekonomi adalah ilmu yang membahas output, konsumsi, pekerjaan, investasi dan harga secara keseluruhan dalam perekonomian.

Ekonomi Manajerial dan Pengambilan Keputusan
Teori ekonomi memprediksi dan menjelaskan perilaku ekonomi yang menjadi faktor penentu yang paling penting atas pengambilan keputusan. Peranan prinsip ekonomi manajerial dalam pengambilan keputusan oleh manajer yang berkaitan dengan mengalokasikan sumber daya yang langka secara efesien,yaitu: Man, Money, Material, Methode.

Masalah pengambilan keputusan timbul pada setiap organisasi baik yang bermotif laba atau nirlaba, saat perusahaan berusaha mencapai tujuan dalam menghadapi kendala. Sebagai contoh, bagaimana rumah sakit berusaha mengobati pasien sebanyak mungkin dengan standar kesehatan yang cukup dengan keterbatasan sumberdaya seperti dokter, fasilitas, perawat, dan lain sebagainya?

Ekonomi manajerial merujuk pada penerapan teori ekonomi dan perangkat ilmu keputusan untuk menemukan solusi optimal dalam berbagai masalah kaputusan manajerial. Ilmu Keputusan tersebut yaitu Matematika ekonomi dan Ekonometri atau Statistika.

Ekonomi Manajerial dan Ilmu Keputusan
Ilmu keputusan terdiri atas perangkat matematika ekonomi dan ekonometri (statistika) untuk membentuk dan mengestimasi model keputusan yang ditujukan untuk menentukan perilaku optimum perusahaan guna mencapai tujuan dengan cara yang paling efisien.

Matematika ekonomi bisa juga digunakan untuk menggambarkan dalam bentuk persamaan model ekonomi yang dipostulatkan dalam teori ekonomi. Kemudian Ekonometri menerapkan peralatan ststistik terutama analisis regresi pada data yang nyata untuk mengestimasi model yang dipostulatkan oleh teori ekonomi dan digunakan untuk peramalan. Tugas utama manajer yaitu membuat keputusan yang mampu meningkatkan performa organisasi.

Ekonomi Manajerial dan Ilmu Administrasi Bisnis
Ekonomi manajerial dan area fungsional ilmu administrasi bisnis merupakan latar belakang dalam pengambilan keputusan. Area fungsi administrasi tersebut meliputi akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen Sumber Daya Manusia dan produksi.

Jadi ekonomi manajerial sebagai pelajaran yang menggabungkan antara teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, dan area fungsional ilmu administrasi bisnis yang membahas bagaimana hal tersebut saling berhubungan satu sama lain dalam organisasi guna mencapai tujuan dengan cara yang lebih efisien.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul 6 Pengertian Dan Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: