17 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli Terlengkap

17 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli Terlengkap - Knowledge Management atau Manajemen Pengetahuan adalah kumpulan perangkat, teknik dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasikan, emningkatkan dan membagikan pengertian dan pengalaman. Fokus manajemen pengetahuan atau disingkat dengan MP ini yakni untuk menemukan cara baru untuk menyalurkan data mentah kebentuk informasi yang lebih bermanfaat hingga menjadi pengetahuan. Istilah Knowledge Management (KM) atau Manajemen Pengertahuan pertama kali pada tahun 1986 dalam konferensi manajemen Eropa. Selain pengertian Di atas, adapun pengertian Knowledge Management menurut para ahli. Berikut selengkapnya:

17 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli
Nonaka & Takeuchi (1994)

Menurut Nonaka & Takeuchi, Knowledge Management adalah alat manajemen yang membenarkan keyakinan bahwa pengetahuan menjadi aset untuk meningkatkan kapasitas organisasi agar mampu bekerja lebih efektif.

Anderson dan APQC (1996)
Menurut Anderson dan APQC, Knowledge Management adalah sebuah proses pembelajaran orang dalam menggunakan informasi.

Karl Erik Sveiby (1997)
Menurut Karl Erik Sveiby, Knowledge Management adalah sebuah seni untuk menciptakan nilai organisasi dari aset intangible yang dimilikinya.

Delphi (1998)

Menurut Delphi, Knowledge Management adalah praktik dan teknologi untuk memfasilitasi proses penciptaan dan pembagian pengetahuan.

Davenport dan Prusak (1998)

Menurut Davenport dan Prusak, Knowledge Management adalah sebuah upaya untuk mencatat pengetahuan eksplisit faktual dan pengetahuan taksit yang ada di dalam perusahaan untuk mencapai objektif bisnis.

Newman dan Conrad (1999)
Menurut Newman dan COnrad, Knowledge Management adalah suatu disiplin yang mencari peningkatan kinerja individual dan organisasi dengan mengelola dan mengungkit nilai saat ini dan nilai yang akan datang dari aset pengetahuan.

Harvard College (1999)
Menurut Harvard College, Knowledge Management adalah suatu proses terhormat dan terarah dalam mencerna informasi yang telah dimiliki suatu perusahaan, dan mencari apa yang dibutuhkan oleh masing-masing individu di dalam perusahaan tersebut, untuk kemudian memfasilitasinya agar mudah diakses dan selalu tersedia bilamana dibutuhkan.

UNDP
Menurut UNDP, Knowledge Management adalah program kerja untuk menjalankan proses penangkapan, penyimpanan dan berbagi pengetahuan, karenanya kita akan dapat melakukan proses belajar dari pengalaman kerjanya yang digunakan untuk menyongsong masa depannya.

Bock (2001)
Menurut Bock, Knowledge Management adalah program manajemen untuk mengelola dan menyatukan sekumpulan aktivitas akuisisi, penciptaan, dan pembagian pengetahuan.

Townley (2001)

Menurut Townley, Manajemen Pengetahuan adalah serangkaian proses menciptakan dan berbagi pengetahuan di seluruh organisasi untuk mengoptimalkan pencapaian misi dan tujuan organisasi.

Dimttia dan Oder (2001)
Menurut Dimttia dan Oder, Manajemen Pengetahuan adalah proses menangkap keterampilan organisasi kolektif, tidak peduli di mana pengetahuan yang baik dalam database, di koran, atau di kepala orang, dan kemudian mendistribusikan pengetahuan bahwa di mana pun yang mungkin mengarah pada pencapaian terbesar.

Bryan Bergeron (2003)

Menurut Bryan Bergeron, Knowledge Management adalah alat bantu manajemen untuk mendukung suksesnya strategi bisnis perusahaan, untuk memaksimumkan capaian kinerja perusahaan, dengan pendekatan sistematik dalam mengelola aset intelektual perusahaan dan/atau pengetahuan sehingga perusahaan memiliki competitive advantages.

Carl Davidson dan Philip Voss (2003)
Menurut Carl Davidson dan Philip Voss, Knowledge Management adalah cara bagaimana organisasi mengelola karyawan mereka, mengidentifikasi pengetahuan yang dimiliki, menyimpan dan membagikannya kepada tim, meningkatkan kualitas dan nilai dari pengetahuan tersebut untuk menghasilkan inovasi berbasis pengetahuan.

CWA (2004)
Menurut CWA, Knowledge Management adalah aktivitas manajemen dan proses untuk mengungkit tumbuh kembangnya pengetahuan dalam organisasi dengan mengelola pengetahuan untuk meningkatkan daya kompetisi perusahaan melalui perbaikan proses penciptaan dan penggunaan pengetahuan individual maupun organisasional.

Jann dan Lantu (2006)

Menurut Jann dan Lantu, Knowledge Management adalah proses sistematik untuk menemukan, memilih, mengorganisasikan, menyarikan dan menyajikan pengetahuan dengan cara tertentu, sehingga para pekerja mampu memanfaatkan dan meningkatkan penguasaan pengetahuan dalam suatu bidang kajian yang spesifik, untuk kemudian ada proses institusionalisasi agar pengetahuan yang diciptakan menjadi pengetahuan perusahaan.

American Productivity and Quality Centre (Foo dkk, 2007)

Menurut American Productivity and Quality Centre, Knowledge Management adalah strategi dan proses identifikasi, penangkapan, dan pengungkitan pengetahuan organisasi.

David Gurteen (2012)

Menurut David Gurteen, Knowledge Management adalah perasaan manusia untuk melakukan proses berbagi pengetahuan, serta belajar dan bekerja bersama secara lebih efektif, sebagai sebuah proses yang secara mental menyenangkan (fun mentality).

Demikian artikel pembahasan tentang”17 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

Subscribe to receive free email updates: