16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli Terlengkap

16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli Terlengkap -  tani, industri hilir hingga industri produk. Istilah agribisnis merupakan kata serapan dari bahasa inggris agribusiness yang dimana terdiri dari kata agriculture yang berarti pertanian dan business yang berarti bisnis. Objek agribisnis bisa berupa tumbuhan, hewan maupun organisme lainnya.

16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli Terlengkap

Selain pengertian diatas, adapula pengertian lain, yaitu pengertian agribisnis menurut para ahli. Berikut ini pengertian agribisnis menurut para ahli:

Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli
Soekartawi (1993)

Menurut Soekartawi,Agribisnis berasal dari kata agri dan bisnis. Agri berasal dari bahasa Inggris agricultural yang berarti pertanian dan bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan.

Austin
Menurut Austin, Agribisnis adalah kesatuan kegiatan usaha yang meliputi kegiatan usaha tani, pengolahan bahan makanan, usaha sarana dan prasarana produksi pertanian, transportasi, perdagangan, kestabilan pangan dan kegiatan-kegiatan lainnya termasuk distribusi bahan pangan dan serat-seratan kepada konsumen.

Sjarkowi dan Sufri (2004)
Manurut Sjarkowi dan Sufri, Agribisnis adalah setiap usaha yang berkaitan dengan kegiatan produksi pertanian, yang meliputi pengusahaan input pertanian dan atau pengusahaan produksi itu sendiri ataupun juga pengusahaan pengelolaan hasil pertanian. Dengan kata lain agribisnis adalah cara pandang ekonomi bagi usaha penyediaan pangan.

Wibowo dkk (1994)
Menurut Wibowo dkk, Agribisnis mengacu kepada semua aktivitas mulai dari pengadaan, prosesing, penyaluran sampai pada pemasaran produk yang dihasilkan oleh suatu usaha tani atau agroindustri yang saling terkait satu sama lain. Dengan demikian agribisnis dapat dipandang sebagai suatu sistem pertanian yang memiliki beberapa komponen sub sistem yaitu, sub sistem usaha tani yang memproduksi bahan baku, sub sistem pengolahan hasil pertaniam dan sub sistem pemasaran hasil pertanian.

Drillon
Menurut Drillon, Agribisnis adalah sejumlah total dari seluruh kegiatan yang menyangkut manufaktur dan distribusi dari sarana produksi pertanian, kegiatan yang dilakukan usaha tani, serta penyimpanan, pengolahan dan distribusi dari produk pertanian dan produk-produk lain yang dihasilkan dari produk pertanian.

Arsyad dkk
Menurut Arsyad dkk, Agribisnis adalah kesatuan kegiatan usaha yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil dan pemasaran produk-produk yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas.

Sutawi (2002)

Terdapat 3 pengertian agribisnis menurut Sutawi yakni:
  • Agribisnis adalah suatu kesatuan kegiatan usaha yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil, dan pemasaran yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas, yaitu kegiatan usaha yang menunjang kegiatan pertanian dan kegiatan usaha yang ditunjang oleh kegiatan-kegiatan pertanian.
  • Agribisnis adalah sebuah sistem kegiatan yang meliputi tiga komponen, the farm input sector, the farming sector, dan the procut marketing sector
  • Agribisnis adalah keseluruhan dan kesatuan dari seluruh organisasi dan kegiatan mulai dari produksi dan distribusi sarana produksi, kegiatan produksi pertanian di lahan pertanian sampai dengan pengumpulan, penyimpanan, pengolahan dan turun sampai distribusi hasil akhir dari pengolahan tersebut ke konsumen.
Cramer dan Jensen
Menurut Cramer dan Jensen, Agribisnis adalah suatu kegiatan yang sangat kompleks, meliputi industri pertanian, industri pemasaran hasil pertanian dan hasil olahan produk pertanian, industri manufaktur dan distribusi bagi bahan pangan dan serat-seratan kepada pengguna/ konsumen.

Downey dan Erickson (1987)

Menurut Downey dan Erickson dalam Saragih (1998), Agribisnis adalah kegiatan yang berhubungan dengan penanganan komoditi pertanian dalam arti luas, yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan masukan dan keluaran produksi (agroindustri), pemasaran masukan-keluaran pertanian dan kelembagaan penunjang kegiatan.

E. Paul Roy
Menurut E. Paul Roy, Agribisnis adalah suatu proses koordinasi berbagai sub sistem.

Wikipedia
Menurut Wikipedia, Agribisnis adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, Agribisnis atau Agrobisnis adalah usaha yang berhubungan dengan (tanah) pertanian.

Hadi (1992)

Menurut Hadi, Agribisnis adalah uatu rangkaian kegiatan yang terdiri dari emapat subsistem yang saling mempengaruhi yaitu subsistem penyediaan input pertanian, subsistem produksi pertanian, subsistem pengolahan hasil dan subsistem pemasaran hasil pertanian yang selurh kinerjanya dipengaruhi oleh koordinator agribisnis.

Soehardjo (1997)
Menurut Soehardjo, Agribisnis adalah sebuah sistem yang terdiri atas beberapa subsistem. Sistem tersebut akan berfungsi baik apabila tidak ada gangguan pada salah satu subsistem.

Drilon Jr.
Menurut Drilon Jr. dalam Saragih (1998), Agribisnis adalah mega sektor yang mencakup “… the sum total of operations involved in the manufacture and distribution of farm supplies, production activities on the farm, storage, processing and distribution of farm commodities and items for them …”

John H. Davis dan Ray A. Goldberd (1957)

Menurut John H. Davis dan Ray A. Goldberd, The sum total of all operations involced in the manufacture and distribution of farm supplies, production operations on the farm; and the storage, processing, and distribution of farm commodities and items made from them.

Demikianlah penjelasan artikel tentang 16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: