Pengertian Tulang Keras Beserta Jenis, Fungsi Dan Ciri Ciri Tualang Keras

1.    Pengertian tulang keras
Pengertian tulang keras sangat beraneka ragam dan dari berbagai sumber, namun bisa disimpulkan bahwa pengertian tulang keras adalah tulang yang bersifat kaku dan keras yang tersusun dari zat kapur dan fosfor. Tulang keras atau biasa juga disebut dengan tulang sejati merupakan alat gerak pasif artinya alat gerak yang dapat bergerak jika digerakkan oleh otot.

Tulang keras juga sering disebut sebagai osteon. Tulang keras atau osteon bisa dibentuk dalam sebuah proses pembentukan. Tulang keras asal usulnya berasal dari Tulang Rawan atau kartilago yang mempunyai rongga yang nantinya akan diisi oleh sel-sel pembentuk tulang atau sering disebut sebagai osteoblas.

Osteoblas lalu akan membentuk sel-sel tulang ataupun osteosit dimana setiap osteosit akan melingkari pembuluh darah dan kemudian sistem saraf membentuk sistem havers matriks yang mengandung zat kapur dan juga fosfor sehingga tulang menjadi keras dan membentuk tulang keras atau tulang osteon.

2.    Macam-macam tulang keras

Berdasarkan matriksnya tulang keras dapat kita kelompokkan menjadi 2 jenis atau 2 macam yakni tulang kompak dan tulang spons. Berikut adalah pembahasannya:

a.    Tulang kompak
Tulang kompak merupakan tulang yang matriksnya tersusun secara rapat dan padat yang mengandung zat kapur dan juga fosfor. Tulang kompak pada sel-sel tulangnya (osteosit) tersusun hingga membentuk sebuah sistem havers. Pada bagian tengah tulang kompak misalnya di tulang pipa pada bagian tengahnya terdapat saluran pembuluh darah, pembuluh limfe dan juga saraf, yang dikelilingi oleh sel-sel tulang.

b.    Tulang spons
Tulang spons merupakan tulang yang matriksnya berongga dan tersusun oleh anyaman trabeculae yang mirip dengan pecahan genting yang berbentuk pipih dan mengandung serat kolagen. Rongga yang terdapat pada tulang spons diisi oleh jaringan sumsum tulang.

3.    Ciri-ciri tulang keras
Tulang keras memiliki berbagai ciri-ciri yakni sebagai berikut:
a.    Bersifat keras dan kaku
b.    Mudah patah
c.    Kurangnya zat perekat
d.    Tersusun dari zat kapur dan fosfor
e.    Sel-sel tulang tersusun seperti lingkaran berlapis

4.    Fungsi tulang keras
-    Sebagai tempat melekatnya otot
-    Menjaga organ lunak didalamnya
-    Membantu manusia dalam pekerjaan berat
-    Sebagai saluran pembuluh darah dan lemak

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN TULANG KERAS, JENIS, FUNGSI DAN CIRI-CIRI TULANG KERAS, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: