Pengertian Memo Beserta Jenis, Struktur Bagian, Tujuan, Fungsi dan Contoh Memo Lengkap

Pengertian Memo Beserta Jenis, Struktur Bagian, Tujuan, Fungsi dan Contoh Memo Lengkap - Memo atau pesan ringkas adalah bentuk surat atau pesan yang ditulis secara ringkas, padat dan jelas yang ditujukan kepada seseorang.
Pengertian Memo Beserta Jenis, Struktur Bagian, Tujuan, Fungsi dan Contoh Memo Lengkap
Berdasarkan penggunaannya, jenis memo ada yang bersifat resmi dan ada yang tidak resmi (bersifat pribadi). Memo bersifat resmi digunakan sebagai surat pernyataan hubungan resmi dari pimpinan kepada bawahannya (memo yang dikeluarkan oleh lembaga, instansi atau organisassi). Memo tidak resmi digunakan sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar teman, saudara, atau orang lain yang mempunyai hubungan akrab (ditujukan untuk orang yang ada atau terlibat dalam organisasi, lembaga atau instansi).

Memo merupakan surat yang dibuat khusus untuk keperluan dalam kantor atau organisasi. Memo dapat disampaikan secara horizontal ataupun secara vertikal. Penyampaian secara horizotal adalah penyampaian memo pada pihak yang memiliki jabatan setara, sedangkan penyampaian secara vertikal adalah penyampaian memo dari atasan kepada bawahan atau sebaliknya untuk mengingatkan atau memerintahkan sesuatu.

Struktur Memo
Struktur atau bagian bagian memo antara lain :

Kepala Memo
Kepala memo terdiri atas kop memo (pada memo resmi), nama pengirim dan nama penerima.
Badan Memo
Badan Memo terdiri atas isi memo.
Kaki Memo
Kaki Memo terdiri atas tanda tangan dan nama jelas pembuat memo.

Ciri-Ciri Memo
Berikut adalah ciri ciri memo, diantaranya:
  1. Merupakan bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan mengenai sesuatu hal
  2. Memiliki bagian surat yang lebih sederhana dibandingkan dengan surat resmi pada umumnya, terutama pada bagian isi surat.
  3. Biasanya tidak mencantumkan identitas kantor, seperti nama kantor, nomor telepon, faksimili, dan kode pos secara lengkap karena peredarannya terbatas
Tujuan dan Fungsi Memo
Tujuan penulisan memo yaitu untuk meminta atau memberikan informasi ataupun petunjuk pada seseorang yang berkompeten.

Fungsi memo yaitu sebagai bentuk komunikasi yang berisi arahan, permintaan, atau keterangan tentang sesuatu yang harus dilakukan atau diselesaikan dengan segera.

Contoh Memo
Contoh Memo Resmi
Dinas Pendidikan Kabupaten Pringsewu
Sekolah Menengah Atas Negeri 2

MEMO

26 Februari 2016

Dari : Kepala Sekolah
Kepada : Seluruh Dewan Guru dan Staff

Dimohon untuk seluruh dewan guru dan staff untuk ikut serta mengingatkan para siswa dalam gerakan cinta lingkungan sehingga para siswa terlatih dan terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya, membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya, dan tidak memetik tanaman atau bunga disekitar sekolah (hal-hal yang merusak keindahan dan kelestarian lingkungan sekitar sekolah). Terimakasih

Kepala Sekolah
Indra Bahtiar

Contoh Memo Tidak Resmi


Dari : Chyntia
Untuk : Septi
Septi, rok yang aku jahitkan di tempatmu kemarin aku kembalikan. Ada beberapa bagian yang tidak rapi dan sangat mengganggu waktu dipakai. Bagian yang perlu diperbaiki sudah aku tandai dan aku beri catatan. Aku sangat buru-buru jadi tidak bisa menemuimu langsung. Aku menitipkan ini pada ibumu. Aku minta tolong untuk segera diperbaiki karena rok itu akan aku pakai saat pesta pernikahan sepupuku lusa.
Terimakasih, Septi, Maaf merepotkanmu.

Tertanda,
Chyntia

Demikian Penjelasan tengang Pengertian Memo Beserta Jenis, Struktur Bagian, Tujuan, Fungsi dan Contoh Memo Lengkap. Semoga bermanfaat :D

Subscribe to receive free email updates: