Pengertian Marketing Plan, Tujuan, Manfaat, dan Cara Menyusun Marketing Plan Lengkap

Pengertian Marketing Plan, Tujuan, Manfaat, dan Cara Menyusun Marketing Plan Lengkap – Rencana Pemasaran atau Marketing Plan adalah penerapan yang telah direncanakan dari sumber daya pemasaran untun mencapai tujuan pemasaran. Ini berarti, Rencana Pemasaran adalah suatu proses sistematis dalam merancang dang mengkoordinsikan keputusan pemasaran. Rencana pemasaran akan memfokuskan pada pengumpulan informasi, format penyebaran informasi dan struktur pengembangan dan pengoordinasikan respon strategik dan taktikal perusahaan.

Pengertian Marketing Plan, Tujuan, Manfaat, dan Cara Menyusun Marketing Plan Lengkap
Selain itu, adapula pengertian marketing plan menurut para ahli yaitu menurut MC Donald. Menurutnya Perencanaan Pemasaran Strategis adalah proses manajemen yang mengarah pada perencanaan pemasaran. Perencanaan tersebut merupakan urutan logis dan rangkaian aktivitas kearah penetapan tujuan pemasaran dan perumusan rencana untuk mencapai tujuan.

Rencana pemasaran mencakup strategi pemasaran secara keseluruhan, penetapan harga, taktik penjualan, jasa dan kebijakan jaminan, iklan dan promosi, distribusi, keinginan pada produk, riset pasar atau market research. Adapun langkah untuk melakukan riset pasar yaitu:
  • Mengidentifikasi masalah
  • Mengunpulkan data
  • Menganalisa dan menafsirkan data
  • Menarik Kesimpulan dan melakukan tindakan
Tujuan Rencana Pemasaran
Tujuan Marketing Plan adalah untuk identifikasi dan kreasi keunggulan kompetetif. Perencanaan pemasaran merupakan bentuk nyata perusahaan untuk memberikan tanggapan strategis pada pola persaingan global yang berubah terdiri atas:
  • Penyesuaian ukuran bisnis
  • Perubahan lingkup produk maupun pasar
  • Penciptaan hubungan jaringan kerja yang baru dengan organisasi lainnya
Manfaat Recana Pemasaran
Adapun manfaat Marketing Plan, diantaranya:
  1. Untuk mencapai koordinasi aktivitas yang lebih baik.
  2. Untuk mengidentifikasi perkembangan yang diharapkan.
  3. Untuk meningkatkan kesiapan organisasi untuk berubah.
  4. Untuk meminimalkan respon tak rasional hingga respon tak diharapkan.
  5. Untuk mengurangi konflik tentang seharusnya organisasi bergerak.
  6. Untuk meningkatkan komunikasi.
  7. Untuk mendesak manajemen berpikir secara sistematis.
  8. Untuk memperluas penyesuaian sumber daya yang ada untuk memperoleh peluang pilihan.
Masalah Yang Muncul Akibat Kurangnya Rencana Pemasaran
Adapun masalah yang akan muncul jika marketing plan kurang, diantaranya:
  • Peluang yang hilang untuk mendapatkan laba
  • Angka yang tidak berarti dalam rencana jangka panjang
  • Tujuan yang tak realistis
  • Kurangnya informasi pasar yang bisa dilakukan
  • Perselisihan antar fungsional
  • Kegagalan manajemen
  • Perkembangan produk dan pasar
  • Pengeluaran promosi yang percuma
  • Penentuan harga yang terlalu membingungkan
  • Semakin melemah pada perkembangan bisnis
  • Hilangnya kendali pada bisnis minimum marketing plan, yang meliputi tujuan pemasaran dan strategi pemasaran, strategi bauran pemasaran, deskripsi tentang produk, strategi penetapan harga, rencana promosi dan penetapan produk.
Cara Menyusun Marketing Plan
Adapun cara atau langkah-langkah pokok menyusun marketing plan, yaitu:

Melakukan Analisis Situasi
Pada tahap ini, analisis yang dilakukan yaitu analisis SWOT (streghts, weaknesses, opportunities dan threats). Analisis ini meliputi peluang dan masalah yang disebabkan oleh trend dan situasi pembeli, pesaing, biaya dan juga regulasi. Selain itu, di dalam analisis ini juga mencakup kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.
Menetapkan Tujuan atau Sasaran
Tujuan atau sasaran dirumuskan secara spesifik dan mengidentifikasi tingkat kinerja yang diharapkan untuk dicapai organisasi pada waktu tertentu pada masa mendatang dengan mempertimbangkan realitas masalah dan peluang lingkungan serta kekuatan dan kelemahan perusahaan miliki.

Menyusun Strategi dan Program
Berdasarkan tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya, pengambil keputusan lalu merancang strategi atau tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan dan juga program atau tindakan jangka pendek spesifik untuk mengimplementasikan strategi.

Hasil perencanaan pemasaran berfokus pada konsumen. Hal ini bisa menghasilkan keunggulan bersaing melalui harga yang lebih rendah di bandingkan para pesaing untuk manfaat yang sama atau keunikan manfaat yang bisa menutupi harga yang tinggi.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Marketing Plan, Tujuan, Manfaat, dan Cara Menyusun Marketing Plan Lengkap. semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: