Pengertian Gaya Berat Beserta Dengan Rumus dan Contoh Soal Gaya Berat Terlengkap

Pengertian Gaya Berat Beserta Dengan Rumus dan Contoh Soal Gaya Berat Terlengkap - Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan gaya berat salah satu contohnya adalah saat kita menimbang barang.

Tapi sebenarnya apa gaya berat?Jika kalian belum mengetahuinya, kali ini kita akan membahasnya mulai dari pengertian gaya berat, rumus gaya berat dan contoh soal gaya berat beserta penyelesaiannya.

Pengertian Gaya Berat Beserta Dengan Rumus dan Contoh Soal Gaya Berat Terlengkap

Pengertian Gaya Berat

Banyak orang salah menafsirkan tentang berat dan massa. Dalam fisika, berat benda merupakan suatu gaya yang disebabkan oleh gravitasi yang berkaitan dengan massa benda tersebut.

Massa benda tetap di mana-mana, sedangkan berat suatu benda akan berubah-ubah sesuai dengan besarnya percepatan gravitasi di tempat tersebut.

Massa benda adalah banyaknya partikel yang ada dalam benda. Massa benda bersifat tetap, artinya tidak dipengaruhi oleh gravitasi.

Sedangkan berat benda menyatakan besarnya gaya gravitasi yang bekerja pada benda tersebut. Karena berat adalah suatu gaya maka berat benda dadiukur dengan menggunakan neraca pegas.

Massa benda besarnya sama di mana pun pengukuran massa dilakukan, sedangkan berat benda berubah tergantung letaknya. Hal ini diakibatkan besar percepatan gravitasi di setiap tempat tidak sama, tergantung jaraknya dari pusat bumi.

Berat benda di daerah kutub akan lebih besar dibandingkan berat benda di khatulistiwa. Hal ini dikarenakan jarak kutub lebih dekat ke pusat bumi apabila dibandingkan dengan khatulistiwa.

Rumus Gaya Berat

Berat suatu benda berubah tergantung pada letaknya dari pusat bumi. Setiap benda yang ada di bumi memiliki berat. Berat benda dirumuskan dengan:

w = m.g

Keterangan:
w : berat benda (N)
m : massa benda (kg)
g : gravitasi bumi (m/s2)

Contoh Soal Gaya Berat
1. Sebuah Meja bermassa 10 kg terletak di atas lantai. Berapakah berat meja apabila percepatan gravitasi di tempat tersebut 9,5 m/s2?
Cara Penyelesaian:

Diketahui:
m = 10 kg
g = 9,5 m/s2

Ditanya: w = . . .?

Jawab:
w = m . g
w = 10 . 9,5
w = 95 N
Jadi, berat meja tersebut adalah 95 N.

2. Sebuah lemari es bermassa 25 kg diletakkan diatas lantai. Berapakah berat lemari es tersebut apabila percepatan gravitasi di tempat tersebut sekitar 9,7 m/s2?
Cara Penyelesaian :
Diketahui:
m = 25 kg
g = 9,7 m/s2

Ditanya: w = . . .?

Jawab:
w = m . g
w = 25 . 9,7
w = 242,5 N
Jadi, berat lemari es tersebut adalah 242,5 N.

Subscribe to receive free email updates: