Pengertian DNS SERVER, Cara Kerja Dan Jenis-Jenis Name Server

Pengertian DNS SERVER, Cara Kerja Dan Jenis-Jenis Name Server -

Pengertian DNS SERVER, Cara Kerja Dan Jenis-Jenis Name Server




1.    Pengertian DNS Server
DNS adalah suatu layanan untuk menyediakan penerjemahan alamat IP menjadi nama yang lebih mudah diingat. DNS menyediakan penerjemahan secara dua arah, dari IP menjadi nama atau dari nama menjadi IP. DNS berjalan di port 53, dia juga terhubung dengan layanan DNS lainnya. DNS bekerja secara hirarki, di mana tingkatan-tingkatan DNS saling berkaitan dengan yang laninnya.

DNS memiliki database yang luas, jadi berhati-hatilah dalam memasukkan apa didalamnya, jika DNS diisi dengan sampah, maka keluarnya akan sampah pula. Usahakan untuk mengatur DNS sekompak dan juga sekonsisten mungkin.

2.    Cara kerja DNS Server
DNS server menyimpan kamus dari IP menjadi bentuk nama atau sebaliknya. Pengguna melakukan permintaan terhadap DNS server dengan mengirimikan nama alamat yang dituju. DNS server kemudian mengembalikan kepada pengguna itu alamat IP yang dituju.

DNS server berkerja sama dengan server lainnya, sehingga tidak terlalu membebani satu server. Oleh karenanya, berbagai server DNS mempunyai bebrbagai peran yang berbeda.


Ada sebagian server yang hanya melakukan forwarding, yakni meneruskan permintaan ke server lain. Atau sebagian lain yang berfungsi sebagai master yang menyimpan data mapping IP ke nama domain dan juga sebaliknya.

3.    Jenis-jenis Name Server
Dalam cara kerjanya, DNS server memiliki bagian bagian tertentu yang memiliki peran yang tertentu pula. Bagian tersebut disebut sebagai Name server. Name server umumnya dikelompokkan menjadi empat jenis kelompok, yakni antara lain sebagai berikut:

a.    Master
Name server jenis master digunakan untuk menyimpan record record zona original dan juga authoritative dalam name space tertentu, selain itu juga berfungsi untuk menjawab pertanyaan dari name server lain yang berada dalam namespacenya.

b.    Slave
Name server jenis slave berperan menjawab permintaan dari name server lain, selan itu juga name server jenis slave berfungsi sebagai cadangan dari name server master.

c.    Caching Only
Name server caching onlu berfungsi memberikan layanan resolusi yang telah tersmipan dan sama sekali tidak melakukan pengelolaan zona.

d.    Forwarding
Name server ini berfungsi melakukan penerusan terhadap permintaan ke name server lain.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN DNS SERVER, CARA KERJA DAN JENIS-JENIS NAME SERVER, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: