Mengenali Pengertian Web Server Lengkap

PENGERTIAN WEB SERVER - Salah satu layanan yang paling sering disediakan oleh server adalah layanan web. Alasannya salah satunya ialah dari penggunaan web server adalah dia bebas platform. Semua aplikasi yang berjalan di atas web hanya perlu menyesuaikan dengan web browser pengguna.
Mengenali Pengertian Web Server Lengkap

Web server adalah suatu penyedia layanan dengan protokol HTTP. Web server dikenal pula dengan nama HTTP server, menyediakan kemampuan untuk mengirimkan dokumen hyper text kepada pengguna.

Dokumen hyper text tersebut nantinya akan digunakan untuk dijadikan tampilan. Web server normal, berjalan di atas port 80. Versi aman dari web server, atau HTTPS server, berjalan di atas port 443. HTTP server biasa, hanya menyediakan akses ke file-file yang berada di dalam folder server HTTP.

HTTPS dilindungi dengan enkripsi sehingga data yang terkirim dijamin keamanannya. Situs-situs web yang membutuhkan keamanan ekstra seperti bank, transaksi, email penyimpanan file menggunakan HTTPS.

Meskipun beberapa tidak menggunakan HTTPS, namun mau tidak mau web-web kritikal seperti itu harus menggunakan HTTPS demi mendapatkan pelanggan.

Ketika HTTP server melayani pengguna, kebanyakn data yang dikirim berformat HTML. Namun, HTML sendiri berkerja kompak dengan file dari format lainnya, seperti CSS untuk mengatur tampilan, JS untuk mengatur interaksi, dan tambahan tambahan lain nya seperti gambar.

Umumnya, ketika para pengguna melakukan permintaan terhadap HTTP server, maka HTTP server tersebut akan membalas dengan menyediakan berkas asli yang ada di server tersebut. Namun, tak harus seperti itu, sesuai dengan bagaimana HTTP server itu diimplementasikan.

HTTP server yang dinamin, jika ingin menambhakan fungsi fungsi di sistemnya, dapat melalui 2 jenis cara. Yakni dengan pembuatan ulang software HTTP server ataupun dengan menggunakan bahasa pemrograman di sisi server atau server side scripting.

Dengan menggunakan bahasa seperti ASP ataupun PHP, maka HTTP server dapat menyediakan fungsi yang berbeda-beda tanpa mesti menulis ulang kode untuk software HTTP server itu sendiri.

HTTP server tidak serta merta menyediakan data kepada pengguna saja, namun HTTP server juga bisa meminta data dari pengguna baik menggunakan form, atau dengan pengunggahan sebuah file.

HTTP server sekarang tak hanya berfungsi untuk menyediakan layanan melalui web server yang berbentuk mesin besar. Sekarang, beberapa alat menggunakan HTTP sebagai antarmuka dengan pengguna, seperti router, webcam dan printer. Namun di alat-alat kecil ini biasanya HTTP digunakan hanya dalam jaringan lokal.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN WEB SERVER, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: