Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Sosial

Perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat ialah perubahan dalam struktur dan berdampak pada berubahnya sistem sosial masyarakat seperti nilai, norma dan sikap prilaku, maupun perubahan pada lembaga kemasyarakatannya.

Perubahan ini terjadi di masyarakat pada waktu tertentu. Perubahan sosial dalam masyarakat bukan produk namun merupakan suatu proses layaknya proses adaptasi makhluk hidup terhadap seleksi alam. Perubahan sosial dipengaruhi pleh dua faktor utama yakni faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal
Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam masyarakat. Faktor ini didorong oleh motivasi berprestasi dari individu-individu dalam masyarakat itu. Jika setiap individu mempunyai motivasi untuk meraih prestasi terbaik, kelompok tersebut secara otomatis akan mengalami perubahan. Secara umum faktor-faktor internal yang mengakibatkan terjadinya perubahan sosial ialah antara lain sebagai berikut:

a. Jumlah penduduk
Jumlah penduduk menentukan cepat atau lambatnya perubahan sosial yang terjadi. Semakin banyak jumlah penduduk maka akan semakin kompleks.

Kompleksitas inilah yang mengakibatkan cepatnya perubahan sosial yang terjadi. Sebaliknya, perubahan sosial yang disebabkan oleh sedikitnya jumlah penduduk terjadi karena upaya pengisian kekosongan jumlah penduduk dan ditandai dengan konversi lahan terbuka menjadi lahan pembangunan dan perubahan sektor primer menjadi sektor sekunder maupun sektor tersier. Hal ini menunjukkan adanya perubahan sosial pada pola aktivitas manusia.

b. Penemuan-penemuan baru atau Inovasi
Penemuan-penmuan baru dapat mendorong perubahan sosial dalam masyarakat. Penemuan-penemuan baru bisa dibedakan menjadi penemuan dan reka cipta. Peran penemuan teknologi baru menyebabkan perubahan moda produksi dalam masyarakat.

c. Konflik dalam masyarakat
Pertentnagan ataupun konflik dalam masyarakat pula merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan sosial. Pertentangan tersebut bisa berupa pertentangan antar individu, antar kelompok, antara individu dengan kelompok dan juga konflik antargenerasi. Konflik dalam masyarakat dikatakan sebagai salah satu faktor penyebab adanya perubahan sosial karena dalam konflik, masyarakat menjadi mudah terpengaruh isu negatif dan mengakibatkan cara pandang dan cara bersikap menjadi berubah.

d. Revolusi
Revolusi merupakakan perubahan secara cepat yang terjadi karena adanya ketidakpuasan masyarakat terhadap sistem pemerintahan yang ada. Perubahan ini terjadi secara cepat khususnya pada tata penyelenggaraan lembaga masyarakatnya.

Faktor Eksternal
Faktor-faktor eksteral merupakan faktor yang berasal dari luar masyarakat yang menyebabkan perubahan sosial. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:

a. Kondisi alam yang berubah
Kondisi alam yang berubah atau terjadinya bencana alam mengakibatkan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut terpaksa berpindah untuk mencari tempat yang lebih aman.

Perpindahan ini serta merta membawa dampak adanya unsur baru dalam sistem masyarakat di tempat baru, sehingga perlu adanya proses adaptasi atas lingkingan yang baru.

b. Peperangan
Peperangan dalam hal ini berarti pertikaian antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya di luar batas-batas negara, bukan konflik antar masyarakat dalam satu negara yang sama. Dalam peperangan pasti ada pihak yang kalah dan pihak yang menang.

Pada pihak yang kalah secara otomatis akan mengalami perubahan yang signifikan seperti perubahan struktur lembaga negara maupun perubahan dinamika sosial masyarakatnya.

c. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain
Interaksi antar masyarakat membawa pengaruh dalam pola prilaku. Dengan adanya interaksi, maka terjadi hubungan timbal balik yakni saling mempengaruhi.

Interaksi ini akan mengakibatkan budaya masyarakat lain tersebar dan kemungkinan diserap dalam kebudayaan masyarakt tertentu.

Penyebaran kebudayaan secara dalami bisa dapat melalui penyebaran kebudayaan atau pengaruh dari satu daerah ke daerah lain yang terjadi secara langsung ataupun tidak langsung. Budaya lain tersebut akan terserap dan menghasilkan sebuah perubahan.

Demikian penjelasan mengenai FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN SOSIAL, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: