12 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Terlengkap

12 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Terlengkap - Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan untuk menarik calon pembeli. Dengan adanya promosi, produsen maupun distributor mengharap kenaikan angka penjualan.

Promosi adalah usaha perusahaan untuk menciptakan kesadaran, memberi tahukan membujuk dan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk yang di tawarkan perusahaan. Selain pengertian itu, ada beberapa pengertian lain menurut para ahli.

12 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Terlengkap
Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
Swastha (2000: 222)

Menurut Swastha, Promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang di buat untuk mempengaruhi seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

Boyd (2000: 65)

Menurut Boyd, Promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan

Boone dan Kurtz (2002 : 129)

Menurut Boone dan Kurtz, Promosi adalah proses menginformasikan, membujuk,dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.

Suryana (2001: 112)
Menurut Suryana, Promosi adalah cara mengkomunikasikan barang dan jasa yang di tawarkan supaya konsumen mengenal dan membeli.

Kusmono (2001 : 374)
Menurut Kusmono, Promosi adalah usaha yang dilakukan pasar untuk mempengaruhi pihak lain agar berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran.

Madura (2001: 157)
Menurut Madura, Promosi adalah tindakan menginformasikan atau mengingatkan tentang spesifikasi produk atau merek.

Tjiptono (2002:219)
Menurut Tjiptono, Promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran artinya aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Swastha dan Irawan (2005:349)

Menurut Swastha dan Irawan, Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah untuk mengarahkan seorang atau organisasi terhadap tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran

Sistaningrum (2002:98)
Menurut Sistaningrum, Promosi adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan saat ini atau dimasa yang akan datang.

Gitosudarmo (2000:237)
Menurut Gitosudarmo, Promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.

Kotler (2000:119)
Menurut Kotler, Promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.

Rambat Lupiyoadi (2006:120)

Menurut Rambat Lupiyoadi, Promosi adalah salah satu variable dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk jasa. Kegiatan promosi bukan saja berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan keinganan dan kebutuhannya.

Demikian Penjelasan tentang 12 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: