Penjelasan Jenis-Jenis Software Beserta Contohnya

Jenis-Jenis Software - Sofware merupakan suatu data yang diprogram lalu disimpan secara digital yang tidak terlihat secara fisik namun terdapat dalam komputer.

Software ataupun perangkat lunak bisa berupa program yang menjalankan sebuah perintah atau intruksi, dengan melalui software  komputer dapat beroperasi ataupun menjalankan suatu perintah. Software juga bisa dikatakan merupakan penggerak dan pengontrol hardware (perangkat keras).

Jenis-Jenis Software

Jenis-jenis software bisa dibedakan dalam beberapa macam bagian yang terdiri atassetiap jenis-jenis software berdasarkan dari bentuk, dan fungsinya. Jenis-jenis software antara lain ialah sebagai berikut:

1.    Freeware

Freeware merupakan perangkat lunak gratis yang bisa digunakan tanpa adanya batasan waktu. Freeware biasanya disumbangkan kepada komunitas-komunitas, namun memiliki hak sebagai pengembang dan juga pengontrol dalam pengembangan aplikasi selanjutnya.

Freeware akan memberikan semacam source kode (kode sumbernya) bila pengembang aplikasi berhenti mengembang produk freeware kepada pengembang lain ataupun mengumumkan freeware tersebut bebas agar dapat dikembangkan secara bersama-sama.

2.    Shareware
Shareware merupakan suatu perangkat lunak uji coba yang diberikan secara gratis namun dengan keterbatasan fitur-fitur tertentu seperi ketersediaan, fungsi, dan kenyaman yang tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Shareware adalah perangkat lunak uji coba yang bertujuan agar dapat memperkenalkan perangkat lunak tersebut dan sebagai strategi marketing pengembangan sebuah aplikasi Shareware. Shareware juga sering disebut dengan Trialware.

3.    Firmware
Firmware merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak yang tersimpan di ROM (Read Only Memory). Firmware tidak bisa berubah walau tidak dialiri oleh listrik dan tidak dapat diubah tempat penyimpananya di ROM namun bisa dimodifikasi bergantung dari jenis ROM nya seperti EEPROM ataupun Flash ROM, masih bisa diubah sesuai dengan kebutuhan.

4.    Commercial Software
Commercial Software ialah perangkat lunak untuk tujuan komersil yang bisa dibeli kepada pendistribusi, pengembang software, ataupun kepada rekan pengembang software.

Pengguna yang membeli software tersebut tidak bisa menyebarluaskan atau membagikan ulang software secara bebas dan tanpa ijin penerbitnya akan diilegalkan. Contoh software berbayar atau commercial software adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, dan Microsoft Visual Basic NET. Commercial Software juga dilindungi Undang-Undang Hak Cipta.

5.    Free Software

Free Software merupakan suatu perangkat lunak yang bebas untuk di utak-atik baik itu bebas digunakan, disalin, dimodifikasi ataupun diubah dengan beberapa keharusan yang bisa dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya.

Dalam konsep kebebasan, setiap orang dalam perangkat lunak bebas ini, bisa mengkomersialkan dan mengambil keuntungan dari pendistribusian dan modifikasi kode sumbernya, dan juga bisa menyebarkan luas secara gratis.

Istilah free software awalnya diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation (organisasi nirlaba yang merupakan sponsor utama dari proyek GNU). Sekarang ini, perangkat lunak bebas tersedia secara gratis dan juga dibangun atau dikembangkan oleh suatu komunitas terbuka.

6.    Malware
Malware merupakan perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem komputer, jejaring komputer tanpa izin dari pemiliknya. Malware disebutjuga  sebagai perangkat perusak yang berasal dari kata Malicious dan juga Software.

Istilah virus komputer digunakan sebagai sebutan dalam macam perangkat perusak. Jenis-jenis perangkat perusak meliputi virus komputer, kuda troya (trojan horse) , cacing komputer, perangkat iklan (adware), rootkit, perangkat jahat (crimeware) dan juga perangkat lunak jahat lainnya.

Demikian penjelasan mengenai JENIS-JENIS SOFTWARE, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: