PENGERTIAN NASIONALISME BESERTA FAKTOR PENDUKUNG KEMUNCULAN NASIONALISME



1.      Pengertian Nasionalisme
Nasionalisme berasal dari kata Nation dalam bahasa Inggris yang berarti bangsa. Bangsa ialah sekelompok manusia yang bertempat tinggal dalam suatu daerah tertentu dan mempunyai hasrat kemauan untuk bersatu sebab adanya persamaan nasib, cita-cita kepentingan dan juga tujuan.

Secara nasionalisme pengertian nasionalisme adalah sebuah semangat kebangsaan, perasaan kebangsaan, yakni semangat cinta ataupun perasaan cinta terhadap bangsa dan juga tanah air melebihi apapun juga. Sedangkan, Pengertian Nasionalisme secara nasionalisme adalah paham yang menciptakan dan juga mempertahankan kedaulatan sebuah negara yang mempunyai tujuan atau cita-cita bersama dalam kepentingan nasional.

PENGERTIAN NASIONALISME BESERTA FAKTOR PENDUKUNG KEMUNCULAN NASIONALISME

Dengan praktek Nasionalisme terlihat sebagai sebuah gerakan yang memperjuangkan atau mempertahankan kemerdekaan / kebebasan, kemakmuran atau kepentingan-kepentingan lainnya dari sesuatu bangasa. Penganut Nasionalisme juga disebut sebagai Nasionalis. Kita pun sering mendengar ataupun menjumpai istilah Negara Nasional yang maksudnya adalah suatu negara yang kekuasaan pemerintahan meliputi dan diakui seluruh daerah negara.

2.      Pengertian Nasionalisme Menurut para ahli
Berikut beberapa pengertian nasionalisme menurut para ahli:

a.       Ir. Soerkano, ia mengatakan bahwa pengertian Nasionalisme adalah pilar kekuatan bangsa-bangsa yang terjajah untuk memperoleh kemerdekaan.
b.      Anderson, ia mengatakan bahwa pengertian Nasionalisme adalah kekuatan dan kontinuitas dari sentimen nasional dengan mementingkan nation.
c.       Lothrop Stoddard yang memandang Nasionalisme sebagai gejala Pengertian Nasionalisme psikologis yang mengatakan bahwa pengertian nasionalisme ialah suatu keadaan jiwa atau suatu kepercayaan yang dianut oleh sejumlah besar manusia sehingga mereka membentuk suatu kebangsaan.
d.      Joseph Ernest Rehan, ia mengatakan bahwa pengertian nasionalisme adalah kemauan untuk bersatu tanpa paksaan dalam semangat persamaan dan kewarganegaraan.
e.       H.Kohn, ia mengatakan bahwa pengertian nasionalisme adalah suatu prinsip politik yang beranggapan bahwa unit nasional dan politik seharusnya seimbang.
f.       Prof. Dr. M. Dimyani Hartono. SH, ia berpendapat bahwa pengertian nasionalisme adalah rasa kecintaan terhadap negaranya yang tidak dapat dilepaskan dari rasa patriotisme.
g.      Ernest Gellenervia, ia mengatakan bahwa pengertian nasionalisme adalah keseimbangan antara rasa nasional terhadap bangsa dengan kekuatan berpolitik.

3.      Faktor-Faktor Pendukung Kemunculan Nasionalisme di Indonesia

a.       Faktor internal
-          Kenangan  kejayaan masa lampau
-          Munculnya golongan cendekiawan
-          Adanya perasaan yang sama dan sepenanggungan dari penderitaan dan kesengasaraan masa penjajahan.
-          Berkembangnya paham nasionalis dalam bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya

b.      Faktor eksternal
-          Munculnya paham-paham baru
-          Kemenangan Jepang atas Rusia
-          Perkembangan nasionalisme di berbagai negara

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIANNASIONALISME BESERTA FAKTOR PENDUKUNG KEMUNCULAN NASIONALISME, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: