Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur Terlengkap

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur Terlengkap - Silahkan pahami penjelasan yang sudah ada dibawah ini, semua penjelasan diambil dari para ahli :


Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli


Manajemen pemasaran merupakan kegiatan merencanakan dalam bidang pemasaran untuk mencapai suatu tujuan yaitu kepuasan pelanggan atau costumer.
Berikut ini adalah beberapa pengertian manajemen yang dikemukakan oleh ahli, diantaranya:

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur Terlengkap

William J. Stanton
Pengertian manajemen pemasaran menurut William J. Stanton adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju, dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

Winardi
Pengertian manajemen pemasaran menurut Winardi adalah proses pengambilan keputusan, perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran suatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran, di dalam suatu sistem pemasaran.

Sofyan Assauri (2004)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Sofyan Assauri adalah kegiatan menganalisis, merencanakan, menkoordinasikan dan mengendalikan semua kegiatan yang terkait dengan perancangan dan peluncuran produk, pengkomunikasisan, promosi dan pendistribusian produk tersebut, menetapkan harga dan mentransaksikannya, dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumennya dan sekaligus dapat mencapai suatu tujuan organisasi perusahaan jangka panjang.

Swastha (1995:5)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Swastha adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasara yang dituju dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan perusahaan.

Peter R. Dickson
Pengertian manajemen pemasaran menurut Peter R. Dickson adalah banyak dan variate kegiatan organisasi yang terlihat dalam memahami apa yang konsumen inginkan dan bagaimana mereka berperilaku.

John W. Mullins
Pengertian manajemen pemasaran menurut John W. Mullins adalah proses menganalisis, menerapkan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan program, yang melibatkan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi produk, jasa dan ide yang dirancang untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar untuk mencapai tujuan organisasi.

Philip Wiliam J. Shultz
Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip Wiliam J. Shultz adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dari perusahaan.

Lupiyo Adi (2006:6)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Lupiyo Adi adalah suatu analisis, perencana, pelaksanaan serta kontrol program-program yang telah direncanakan dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan terhadap konsumen yang dituju untuk memperoleh keuntungan pribadi maupun bersama.

Buchari Alma (2004:130)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Buchari Alma adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.

Philip Kotler dan Armstrong (2002:14)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip Kotler dan Armstrong adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.

American Marketing Association (1960)
Pengertian manajemen pemasaran menurut American Marketing Association adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen.

Buchori Dan Djaslim (2010:5)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Buchori Dan Djaslim adlah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang, dan jasa, untuk menghasilkan pertukaran yang memuaskan individu dan memenuhi tujuan organisasi.

Dharmmesta Dan Handoko (1982)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Dharmmestta Dan Handoko adalah salah satu kegiatan utama dari perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan perusahaannya, agar berkembang serta mendapatkan keuntungan dari kegiatan pertukaran.

Ben M. Eniy (2007:130)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Ben M. Eniy adalah proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh individu atau perusahaan.

A Strategic Approach With A Global Orientation (Boyd, Walker, Larreche, 1998)
Pengertian manajemen pemasaran menurut A Strategic Approach With A Global Orientation adalah suatu proses analsis, perencanaan, implementasi, koordinasi serta pengendalian program pemasaran yang meliputi dari kebijakan produk, harga, promosi, serta distribusi dari produk, jasa, dan ide yang dapat ditawarkan untuk menciptakan serta meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujaun organisasi.

Tugas Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran memiliki tugas yang diantaranya adalah:
  • Memahami keperluan dan keinginan pelanggan atau konsumen
  • Mengembangkan atau invoasi konsep produk atau barang untuk kebutuhan dan keperluan pasar.
  • Membuat desain produk dan mengembangkan pengemasan atau merk
  • Mengatur distribusi barang dan memeriksa penjualan
  • Menciptakan komunikasi pemasaran efektif dan efisien
  • Mengatur harga untuk mendapatkan ROI (return on investment) yang baik

Tujuan Manajememen Pemasaran
Tujuan manajemen pemasaran diantaranya:
  • Untuk Mendapat keuntungan atau laba
  • Mendapatkan konsumen atau pelanggan
  • Meningkatkan daya beli konsumen atau pelanggan
  • Memperkenalkan produk atau jasa yang dilakukan
  • Bersaing dengan perusahaan atau produsen lain

Fungsi Manajemen Pemasaran
Berikut ini adalah fungsi dari manajemen pemasaran:
  • Melakukan distribusi barang atau jasa
  • Melakukan riset konsumen
  • Menetapkan harga
  • Mengembangkan produk
  • Memberikan layanan kepada pelanggan

Konsep Manajemen Pemasaran
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978). Elemen penting dalam konsep pemasaran, yaitu:
  • Market oriented atau berorientasi terhadap kebutuhan konsumen/pasar.
  • Menyusun kegiatan pemasaran secara terpadu
  • Pencapaian kepuasan konsumen
Unsur-Unsur Manajemen Pemasaran
Dalam manajemen pemasaran berikut ini adalah unsur-unsurnya, yaitu:

Orientasi Pada Pembeli atau Konsumen
Secara umum produsen menghasilkan produk dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen yang tujuannya untuk mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini konsumen adalah orientasi utama dalam strategi bisnis.

Perencanaan Kegiatan Pemasaran Secara Menyeluruh
Kegiatan pemasaran harus disusun dengan menyeluruh dari segala keperluan agar memudahkan proses pelaksanaan dan pengawasan

Kepuasan Pelanggan/Konsumen
Dalam manajemen pemasaran, kepuasan konsumen menjadi prioritas utama. Kepuasan konsumen diukur dan dilihat dari kualitas produk yang dibuat, juga diukur bagaimana cara dan strategi pemasaran yang dijalankan.

 Demikain Penjelasan Tentang Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur Terlengkap. Semoga Dapat Bermanfaat :)

Subscribe to receive free email updates: