Pengertian Gempa Bumi Beserta Macam, Penyebab dan Dampak Akibat Gempa Bumi Terlengkap

Pengertian Gempa Bumi, Macam, Penyebab dan Dampak Akibat Gempa Bumi
Gempa Bumi atau Seisme adalah getaran atau gunbcangan yang terjadi dipermukaan bumi akibat pelepasan energi dariu dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Biasanya gempa bumi disebabkan oleh pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi.



Gempa Bumi yaitu getaran atau guncangan di permukaan bumi yang disebabkan oleh gelombang seismik dari pusat gempa. Gempa sering terjadi akibat tumpukan antar lempeng tektonik yang disebabkan aktivitas magma dalam bumi.

Getaran tersebut bersumber dari dalam bumi, merambat ke permukaan bumi dan menembus bumi sehingga makhluk hidup yang ada dipermukaan bumi dapat merasakan getaran. Gerak getaran gempa bumi sangat cepat sehingga sulit untuk diprediksi. Alat yang digunakan untuk mengukur kekuatan gempa disebut Seismograf atau Seismometer.

Macam Macam Gempa Bumi
Adapun macam macam jenis gempa bumi diantaranya:

Berdasarkan Penyebab
Berdasarkan penyebabnya, gempa bumi dibedakan menjadi 5 yakni:

Gempa Bumi Tektonik

Gempa tektonik adalah gempa yang disebabkan karena adanya aktivitas tektonik yaitu pergeseran lempengan bumi secara mendadak yang memiliki kekuatan mulai dari sangat kecil hingga sangat besar. Gempa bumi ini menyebabkan kerusakan atau bencana alam, contohnya seperti tsunami.

Gempa Bumi Vulkanik

Gempa vulkanik adalah gempa yang disebabkan oleh adanya aktivitas magma yang biasanya terjadi sebelum meletusnya gunung berapi. Jika keaktifan gunung berapi semakin tinggi maka akan menimbulkan ledakan dan juga gempa bumi.

Gempa Bumi Tumbukan

Gempa bumi tumbukan adalah gempa bumi yang terjadi akibat adnya tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi. Jenis gempa bumi ini jarang terjadi.

Gempa Bumi Runtuhan

Gempa bumi tumbukan adalah gempa bumi yang terjadi pada daerah kapur atau daerah pertambangan. Gempa bumi ini jarang terjadi dan bersifat lokal.

Gempa Bumi Buatan
Gempa bumi buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas manusia seperti peledakan dinamit, nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi.

Berdasarkan Kedalaman

Berdasarkan kedalamannya, gempa bumi dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

Gempa Bumi Dalam
gempa bumi dalam adalah gempa bumi yang memiliki hiposentrum berada lebih dari 300 km di permukaan bumi atau berada dalam kerak bumi. Gempa bumi ini umumnya tidak terlalu berbahaya.

Gempa Bumi Menengah
gempa bumi menengah adalah gempa bumi yang memiliki hiposentrum berada sekitar 60 km hingga 300 km di permukaan bumi. Gempa bumi ini umumnya menimbulkan kerusakan ringan dan getarannya lebih terasa.

Gempa Bumi Dangkal
Gempa bumi dangkal adalah gempa bumi yang memiliki hiposentrum berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi. Umumnya gempa ini menimbulkan kerusakan yang besar.

Faktor Penyebab Gempa Bumi
Faktor penyebab terjadinya gempa bumi yaitu adanya retakan dan pelepasan sistem di suatu tempat yang kemudian bergerak dan berubah dengan cept sebagai desakan dari tenaga endogen (dari dalam bumi) ataupun tenaga eksogen (dari luar bumi).

Dampak Akibat Gempa Bumi

Dampak akibat yang ditimbulkan oleh gempa bumi tidak hanya terjadi di lingkungan fisik namun juga pada kehidupan sosial masyarakat. Berikut ini diantaranya dampak akibat dari gempa bumi:
  • Terjadinya bencana alam seperti tsunami, banjir, tanah longsor.
  • Jalan terputus dan jembatan ambruk
  • Tanah ratk-retak
  • Bangunan roboh
  • Kebakaran
  • Banyak korban baik luka ringan, berat atau meninggal dunia
  • Dan lain sebagainya

Subscribe to receive free email updates: