PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM TEORI EVOLUSI

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM TEORI EVOLUSI - Evolusi merupakan proses perubahan suatu makhluk hidup secara bertahap-tahap dengan jangka waktu yang lama. Dalam evolusi biasanya diperlukan jutaan tahun dalam mencapai bentuk yang seperti sekarang ini.

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM TEORI EVOLUSI

Bisa juga dikatakan bahwa pengertian Evolusi merupakan sebuah proses pewarisan kompleks sifat suatu organisme yang mengalami perubahan dari generasi ke generasi dalam jangka waktu hingga jutaan tahun. Tiap-tiap makhluk hidup sekarangberasal dari makhluk hidup sebelumnya yang bisa muncul dengan variasi-variasi baru yang dapat membuat keanekaragaman makhluk hidup dengan berbagai spesies-spesies baru.

Berikut adalah beberapa macam-macam teori evolusi yang dikemukakan oleh para ahli:

1.    Charles Darwin (1809 - 1882)

Charles Darwin pernah berpendapat bahwa evolusi bisa terjadi akibat adanya seleksi alam. Seleksi alam yang dimaksud Charles Darwin merupakan didasarkan pada hasil observasi yang dibuatnya yakni sebagai berikut:

a.    Setiap populasi umumnya akan bertambah terus karena bereproduksi
b.    Adanya seleksi alam yang membuat setiap individu harus beradaptasi terhadap lingkungannya, dan yang berhasil hdup akan mewariskan sifat-sifat keturunannya.
c.    Lebih baik keturunan yang dihasilkan dari pada benar-benar mampu bertahan hidup
d.    Dalam suatu spesies tidak akan ada individu yang identik (sama) karena selalu terjadi variasi dan beberapa individu yang mempunyai sifat-sifat yang cocok dengan kondisi lingkungan yang ada dibandingkan individu yang lainnya.
e.    Pertambahan populasi dibatasi faktor-faktor pembatas yang membuat kenaikan populasi tidak berjalan mulus.

Dalam bukunya yang berjudul "The Origins of Spesies", Charles Darwin menuliskan 4 pokok pikiran mengenai evolusi. Isi 4 pikiran Charles Darwin ialah sebagai berikut:

a.    Spesies-spesies yang ada sekarang merupakan hasil evolusi dari spesies-spesies yang terdahulu
b.    Seleksi salam merupakan mekanisme untuk terjadinya evolusi
c.    Spesies yang berkerabat dekat berevolusi dari keturunan yang sama
d.    Bentuk-bentuk tidaklah bersikap tetap tetapi mengalami perubahan secara bertahap dan terus menerus.

2.    Jean Baptise Lamarck (1744 - 1829)

Menurut Lamarck, Evolusi merupakan suatu perubahan yang terjadi pada suatu individu yang disebabkan oleh faktor lingkungan yang bisa diturunkan. Teori tersebut dikenal dengan Teori Lamarckisme. Contoh Teori Lamarck ialah Lamarck berpendapat bahwa jerapah dulunya mempunyai leher pendek, tetapi akibat dari menggapai makanan yang ada diatas pohon yang menyebabkan leher jerapah tertarik ataupun teregang selama bertahun-tahun yang membuat leher jerapah menjadi semakin panjang.

Dalam bukunya yang berjudul "Philosophic Zoologique" berisi bahwa organisme mikroskopis muncul spontan dari bahan yang tidak hidup yang kemudian berevolusi menjadi bentuk-bentk yang lebih kompleks. Lamarck mempercayai bahwa evolusi terjadi saat sebuah organisme bagian tubuh tersebut berubah sepanjang hidupnya dan perubahan bisa diwariskan kepada keturunannya.

3.    Erasmus Darwin (1731 - 1802)

Dalam bukunya yang berjudul "Zoonomia or The Laws of Organic Life” ia berpendapat bahwa Evolusi dapat terjadi pada sebuah makhluk hidup (Evolusi organic) termasuk manusia dan juga percaya bahwa karekteristik yang diperoleh orang tua kepada keturunannya.

4.    Aristoteles (384 - 322 SM)
Menurut pendapat Aristoteles, evolusi bisa terjadi yang didasarkan pada metafisika alam. Metafisika alam ialah mengubah organisme dan habitatnya dari bentuk sederhana menjadi bentuk yang lebih kompleks.

5.    William Paley (1743 - 1805)
Dalam bukunya yang berjudul "Natural Thurology" yang berpendapat bahwa kekompleksan makhluk hidup merupakan bukti kerja sama sang pencipta.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM TEORI EVOLUSI, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: