PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI TARI KREASI



Yang dimaksud dengan tari kreasi di sini ialah sebuah bentuk garapan atau karya tari setelahnya bentuk-bentuk tari tradisi hidup berkembang cukup lama di masyarakat. Bentuk tarian ini bermunculan sebagai ungkapan rasa bebas, mulai ada gejalanya setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945.

PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI TARI KREASI

Tari kreasi mempunyai beberapa kriteria tertentu, takni sebagai berikut:
a.       Lebih mengutamakan repertoar pola gerak hasil eksplorasi
b.      Makna atau pesan dari tarian sebagai ungkapan ekspresi probadi
c.       Menunjukkan kebebasan kreativitas secara koreografi
d.      Tidak menunjukkan identitas kultural

Tari kreasi, jika dijabarkan berdasarkan arti kata nya memiliki pengertian sebuah ungkapan ekspresi jiwa manusia melalui media gerak dan ritme atau irama. Tari ini bersifat non etnik, yang artinya bukan termasuk jenis tari yang mentradisi, bukan termasuk jenis tari yang sangat lekat kaitannya dengan kehidupan adat istiadat masyarakat. Jadi, tari kreasi bukanlah merupakan jenis tari yang berfungsi sebagai pelengkap upacara dan sosial kemasyarakatan yang jelas menunjukkan identitas masyarakat yang berbudaya.

Tari kreasi dapat hadir kapan saja dan setiap saat. Tari kreasi tidak bergantung pada sebuah ikatan, kewajiban atau keharusan, atau peraturan tertentu lainnya yang telah disepakati bersama dengan lingkungan sosial dan budayanya. Tari kreasi dapat disajikan kapan pun orang ingin menyajikannya, tidak ada larangan untuk itu. Dalam artian selama penyajiannya mendapatkan izin dan tidak mengganggu ketenangan dan ketertiban umum, maka tari kreasi dapat dihadirkan dimana saja.

Banyak orang menyebut tari kreasi dengan berbagai jenis sebutan, mulai dari tari non etnik, tari non tradisi, Modern Dance, Tari kontemporer, tari latar dan tari komposisi. Semua sebutan tersebut menunjukkan suatu karya seni yang baru dan telah disesuaikan dengan zaman. Adapun sifatnya dapat berbau modern karena menampilkan sajian tari yang menonjolkan bentuk-bentuk dan gaya baru.

Jenis tari yang berkembang di masyarakat kini tidak dapat terlepas dari pengaruh era globalisasi yang menyelinap di sela kehidupan bermasyarakat, baik itu melalui media komunikasi maupun media internet yang bahkan mampu menjangkau tempat terpencil sekalipun.

Gaya-gaya baru nan unuk dan tetap memperlihatkan kekhasannya seperti tarian-tarian yang bersifat kedaerahan namun dengan ditambahkan sentuhan-sentuhan baru pun bermunculan. Bentuk yang baru itu menjadi gaya yang dipunyai perseorangan, bahkan mewakili daerah setempat.

Gagasan kreativitas tari kreasi ialah sebagai berikut:
-          Hasil kreativitas pengembangan pada salah satu elemen atau unsur tari pendukung lainnya.
-          Kreativitas dalam mengungkapkan ide dan gagasan original dalam bentuk seni tari.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI TARI KREASI, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: