LANGKAH MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI



Teks eksplanasi adalah teks yang digunakan menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya sebuah fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi, suatu peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain lagi selanjutnya. Eksplanasi digunakan untuk memperhitungkan mengapa sesuatu menjadi seperti itu.

LANGKAH MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI

Eksplanasi digunakan untuk memperhitungkan mengapa sesuatu menjadi seperti itu. Setelah menginterpretasi tek eksplanasi dari sisi struktur teks, isi dan juga kebahasaan kita akan membuat ataupun memproduksi teks eksplanasi tentang peristiwa sosial dengan tema “Banjir Bandang”. 

Memproduksi teks disini ialah kegiatan menuangkan gagasan ataupun ide dalam bentuk bahasa tulis ke dalam bentuk teks eksplanasi, penulisannya harus tetap menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan juga benar.

Untuk dapat menyusun atau memproduksi suatu teks eksplanasi ada beberapa langkah yang perlu ditempuh agar menghasilkan teks seperti yang diharapkan. Langkah-langkah yang dapat ditempuh antara lain ialah sebagai berikut:

1.      Pertama, menentukan tema teks yang tepat
Tema teks eksplanasi ialah merupakan inti sari dari teks tersebut. Tema dalam teks eksplanasi sebaiknya lebih sempit dan juga bersifat terbatas. Nantinya dalam kerangka teks, tema ini akan dijabarkan menjadi gagasan utama.
Menentukan tema ialah sesuatu yang mesti dilakukan setiap kali ingin memproduksi teks eksplanasi. Salah satu hal yang perlu kita perhatikan dalam pemilihan tema ialah tema yang diambil mestilah yang benar-benar dikuasai agar ide ataui gagasan yang ada dapat dituangkan dengan baik dlaam tulisan.

2.      Kedua, carilah sumber referensi
Referensi ialah rujukan yang digunakan untuk membantu mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Referensi bisa diartikan sebagai bahan yang akan digunakan sebagai acuan ketika akan membuat teks eksplanasi. Jika menulis teks eksplanasi dengan menggunakan referensi yang lengkap maka hasilnya akan lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan referensi.

3.      Ketiga, buatlah kerangka teks eksplanasi
Kerangka atau outline ialah sebuah rencana yang memuat garis-garis besar dari suatu susunan yang akan dibuat dan berisi rangkaian ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas terstruktur dan teratur. Jadi kerangka teks ialah sebuah rencana atau rancangan yang memuat garis besar atau ide suatu teks yang disusun dengan sitematis dan terstruktur.

4.      Keempat, menyusun teks eksplanasi
Setelah langkah-langkah sebelumnya dilaksanakan, selanjutnya ialah menyusun atau memproduksi teks eksplanasi. Ketika menyusun teks eksplanasi tersebut perhatikan juga struktur dan unsur kebahasaan yang membangun teks eksplanasi tersebut.

Demikian penjelasan mengenai LANGKAH MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: