FUNGSI DAN UNSUR PENDUKUNG SENI TARI



1.      Fungsi Seni Tari

a.       Sebagai saran pelengkap upacara, jenis tari ini banyak macamnya, seperti tari untuk upacara keagamaan dan upacara penting dalam keseharian kita.
b.      Sebagai Sarana hiburan, tari yang berfungsi sebagai hiburan menggunakan tema-tema yang sederhana dan tidak muluk-muluk, biasanya tari ini diiringin dengan lagu yang enak dan mengasyikkan. Kostum dari tata panggungnya dipersiapkan dengan cara menarik.
c.       Sebagai sarana penyaluran, ditujukan untuk penyandang cacat fisik atau cacat mental. Penyalurannya dapat dilakukan dengan secara langsung bagi penderita cacat tubuh atau bagi penderita tuna wicara dan tuna rungu dan secara tidak langsung bagi penderita cacat mental.
d.      Sebagai sarana pendidikan, contohnya seperti mendidik anak untuk bersikap dewasa dan menghindari tingkah laku yang menyimpang. Nilai-nilai keindahan dan keluhuran pada seni tari dapat mengasah perasaan sesorang.
e.       Sebagai sarana pergaulan, seni tari adalah kolektif, yang berarti penggarapan tari melibatkan beberapa orang. Oleh karena itu, kegiatan tari dapat berfungsi sebagai sarana pergaulan.
f.       Sebagai sarana pertunjukkan, seni tari yang dipentaskan lebih menitikberatkan  pada segi artistiknya, penggarapan koreografi yang mantap, mengandung ide-ide, interpertasi, konsepsional dan memiliki tema serta tujuan. Jenis tari ini bisa sengaja dibuat untuk pertunjukkan.
g.      Sebagai saran katarsis, katarsisi berarti pembersihan jiwa. Seni tari sebagai media katarsis lebih mudah dilaksanakan oleh orang yang telah mencapai taraf atas dalam penghayatan seni. Oleh karena itu, biasanya jenis tari ini dilakukan oleh seniman yang hakiki. Namun, seorang guru pun bisa melakukannnya.

FUNGSI DAN UNSUR PENDUKUNG SENI TARI


2.      Unsur Pendukung Dalam Seni Tari

a.       Tata rias
Tata rias merupakan unsur yang tidak bisa dipisahkan untuk penyajian suatu penggarapan seni tari. Tata rias dan tata busana mesti diperhatikan dengan cermat dan teliti. Dengan tata rias dan tata busana yang tepat maka dapat memperjelas karakter agar sesuai dengan tema yang ingin disajikan.
Tata rias ini berkaitan erat dengan warna, sebab warna di alam seni pertunjukan beraiktan dengan karakter tokoh yang dipersonifikasikan ke dalam warna busana yang dikenakan beserta riasan warna make up oleh tokoh yang bersangkutan oleh karenanya warna bisa dikatakan juga sebagai simbol dalam seni tari.

b.      Tata busana
Busana atau pakaian dalam tari merupakan segala sandang perlengkapan atau aksesoris yang dikenakan penari di atas panggung ketika pertunjukan.

c.       Properti
Properti adalah salah satu unsur pendukung dalam seni tari. Properti yang dibutuhkan dalam seni tari meliputi berbagai macam alat dan peralatan sesuai dengan tema dan jenis tari yang akan dipertunjukkan.

d.      Setting panggung
Seni tari mempunyai berbagai macam jenis panggung yang dijadikan tempat pementasan. Perbedaan jenis panggung ini dipengaruhi oleh tempat dan zaman dimana teater tersebut berada serta gaya pementasan yang dilakukan. Bentuk panggung yang berbeda memiliki prinsip artistik yang berbeda. Untuk memperoleh hasil terbaik, penata panggung diharuskan memahami karakter jeni panggung yang akan digunakan serta bagian-bagian panggung tersebut.

Demikian penjelasan mengenai FUNGSI DAN UNSUR PENDUKUNG SENI TARI, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: