Contoh Proposal Kegiatan Dan Contoh Proposal Dana Kegiatan Lengkap

Contoh Proposal Kegiatan Dan Contoh Proposal Dana Kegiatan - Proposal secara Pengertian yang saya pahami yaitu perencanaan kegiatan yang sudah ditulis yaitu kedalam rupa susunan kerja yang sudah terjadwal pelaksanaannya. Perencanaan atau susunan itu penulisannya harus jelas tujuannya agar pihak yang berkepentingan bisa mengerti apa isi dari proposal yang sudah dibuat.

Pihak berkepentingan disini dimaksudkan adalah orang atau pihak yang memberi izin atau orang yang menyumbangkan dana kepada pembuat proposal contohnya yaitu ; kepala sekolah, camat, sponsor, pihak berwajib, dan sebagainya

Contoh Proposal Kegiatan Dan Contoh Proposal Dana Kegiatan Lengkap

Materi kali ini akan dijelaskan dengan rinci cara menulis proposal dan surat-menyurat yang terkait dengan salah satu contoh proposal kegiatan di masyarakat, yaitu ” Halal Bihalal “

Cara Menulis Proposal Kegiatan Dengan Benar
Secara umum, hal yang ditulis dalam proposal suatu kegiatan adalah latar belakang, tujuan, kegiatan, waktu dan tempat, pelaksana, dan rencana anggaran kegiatan. Proposal kegiatan ini sedikit lebih sederhanan dari Contoh Proposal Penelitian. Perhatikan penjelasan dan contoh proposal kegiatan “Halal Bihalal” berikut ini.

Rangkaian Atau Urutan Contoh Proposal Kegiatan
 

1. Judul Proposal

Judul proposal kegiatan yang akan ditulis yaitu judul kegiatan, contohnya “PROPOSAL KEGIATAN HALAL BIHALAL 1428H DESA SUKADAN ILIR LAMPUNG TIMUR”

2. Latar Belakang

Latar belakang proposal kegiatan ini berisi dasar atau alasan suatu kegiatan perlu dilakukan.

3. Tujuan

Tujuan proposal kegiatan adalah hasil yang diharapkan dari kegiatan yang diadakan

4. Kegiatan

Kegiatan proposal ini berisi kegiatan pokok yang akan dilaksanakan, biasanya dilampiri dengan jadwal kegiatan secara lengkap.

5.  Anggaran

Anggaran proposal kegiatan ini harus dilampirkan secara rinci dan detail.


Contoh Proposal Kegiatan Halal Bihalal


I. Latar Belakang

Manusia adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan perhatian, teman dan kasih sayang dari sesamanya. Setiap diri terikat dengan berbagai bentuk ikatan dan hubungan, diantaranya hubungan emosional, sosial, ekonomi dan hubungan kemanusiaan lainnya. Maka demi mencapai kebutuhan tersebut adalah fitrah untuk selalu berusaha berbuat baik terhadap sesamanya.

Islam sangat memahami hal tersebut, oleh sebab itu silaturahmi harus dilaksanakan dengan baik.Sesungguhnya silaturahmi merupakan amal shalih yang penuh berkah, dan memberikan kepada pelakunya kebaikan di dunia dan akhirat, menjadikannya diberkahi di manapun ia berada, Allah SWT memberikan berkah kepadanya di setiap kondisi dan perbuatannya, baik yang segera maupun yang tertunda.

Sama halnya dengan keluarga besar Karang Taruna Maju Bersama, pada bulan yang suci perlu diadakannya acara Halal Bihalal untuk menjaga tali silaturahmi. Agar menjadi fitrah kembali dan menambah keharmonisan hubungan kemasyarakatan maka perlu diadakannya  acara ini.



Selain kegiatan halal bihalal yang bertujuan untuk menyambung tali silaturrohim antar sesama keluarga besar Karang taruna Maju Bersama dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pengumpulan dana untuk Bakti Sosial yang akan diserahkan ke Panti Asuhan terdekat.

II. Tujuan

Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idhul Fitri 1432 H, Karang Taruna Maju Bersama selaku organisasi kepemudaan ingin mengadakan kegiatan HALAL BI HALAL yang bertujuan :

Untuk mengisi dan memeriahkan Hari Raya Idhul Fitri  1432 H.
Agar terbina kerjasama antar sesama rekan-rekan muda-mudi Karang Taruna Maju Bersama.
Menjalin kerukunan dan menumbuhkan rasa kebersamaan antar warga masyarakat disekitar Karang Taruna Maju Bersama berada.

III. Kegiatan

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSNAAN

Acara halal bihalal ini, akan kami laksanakan pada :

Hari                 :

Tanggal           :

Waktu             : 09.00 s/d selesai

Tempat            : Balai Dusun Tlangu

SUSUNAN ACARA

Terlampir.

SUSUNAN PANITIA


Terlampir.

IV. ANGGARAN

Terlampir.

V. PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi Bapak/Ibu. Semoga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan.

Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.


Contoh Proposal Dana Kegiatan 

Contoh proposal - Proposal kegiatan dibuat tentunya dengan tujuan untuk mensukseskan suatu kegiatan baik itu kegiatan organisasi masyarakat, organisasi sekolah atau ruang lingkup pendidikan lainnya. Ketersediaan dana merupakan faktor penentu suksesnya suatu acara dan besar kecilnya dana yang tersedia akan menentukan konsep dari suatu kegiatan yang akan kita buat.

Selain dari kas anggota, kita dapat mencari sumber dana lain yaitu dari para  donatur. Untuk mendapat respon positif, tentu saja kita harus mampu meyakinkan para donatur tersebut dengan cara menjelaskan konsep acara kegiatan yang dibuat. Disinilah peran dan fungsi dari proposal, khususnya proposal bantuan dana kegiatan yang menjadi topik di artikel ini

Contoh proposal kegiatan berikut ini saya buat dengan mengambil contoh kegiatan yang diadakan di lingkungan pendidikan dengan tema kegiatan pentas seni dan budaya dan jika anda sedang membuat kegiatan di lingkup yang berbeda dengan tema yang berbeda tentu saja hanya perlu mengubah pemaparan yang menjelaskan konsep acara yang anda buat.

Sebelum lanjut pada contoh proposal bantuan dana kegiatan pentas seni dan budaya  sangat penting kiranya kita mengetahui bagaimana cara membuat proposal, khususnya proposal kegiatan dan bagaiaman pula sistematika penulisan (kerangka) dari proposal bantuan dana kegiatan? Berikut ini adalah sistematika atau kerangka dari proposal bantuan dana kegiatan

Cara Membuat Proposal kegiatan


Sistematika proposal bantuan dana kegiatan

1.Judul Proposal

Contoh judul proposal kegiatan misalnya PROPOSAL KEGIATAN PENTAS SENI BUDAYA

2.Latar Belakang

Latar belakang proposal kegiatan ini isinya adalah dasar dan alasan kegiatan itu perlu dilakukan

3.Tujuan

Tujuan kegiatan adalah manfaat atau hasil yang diharapkan dari diadakannya kegiatan tersebut

4.Kegiatan

Kegiatan ini menjelaskan tentang kegiatan pokok yang akan dilaksanakan dan dilampirkan dengan jadwal kegiatan secara lengkap pada proposal yang dibuat

5.Anggaran

Anggaran yang ditulis pada proposal kegiatan ini harus dilampirkan secara terperinci dan sedetail mungkin dan estimasi dana sebaiknya dibuat sedikit melebihi dari keadaan sebenarnya yang tujuannya untuk menutupi anggaran dana yang diluar perkiraan dan berikut ini adalah contoh penulisan dari proposal kegiatan



Contoh Proposal

======================================================
Proposal Kegiatan Festival Pentas Seni Dan Budaya

I. LATAR BELAKANG
Seiring perkembangan waktu dan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi serta kurangnya minat dan perhatian para pemuda terhadap seni dan budaya asli milik Indonesia yang semestinya kita lestarikan kini tenggelam di tengah-tengah begitu kuatnya arus budaya asing yang masuk hingga ke pelosok-pelosok desa.

Hanya sedikit saja ada seorang remaja ataupun pemuda kita yang bisa membawakan tarian tradisional dan sesuatu yang aneh jika kita menemukan seseorang yang mengenakan batik dalam kesehariannya. Pergeseran adat dan budaya tampaknya telah merubah wajah anak-anak negeri yang lebih memilih budaya asing untuk mereka banggakan.

Masuknya budaya barat yang mendapat respon positif dari kalangan remaja tanpa adanya filter dan penyeimbang dari budaya lokal mengakibatkan para remaja, pemuda dan sebagian besar masyarakat mengalami kerancuan dalam memahami dan membedakan antara budaya asli milik Indonesia dengan budaya asing.

Melihat kondisi dan fakta di atas pantas kiranya kita memberikan perhatian lebih terhadap permasalahan tersebut dan inilah yang menjadi latarbelakang kami sebagai organisasi Mahasiswa "Indonesia Sosial Komunitas" (INSOSKOM) akan menyelenggarakan kegiatan Festival lintas kampus dan Pentas Seni Budaya

II. MAKSUD DAN TUJUAN

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, Indonesia Sosial Komunitas selaku organisasi kepemudaan dan mahasiswa ingin mengadakan acara Festival lintas kampus dan pentas seni budaya yang bertujuan untuk

A. Untuk memperingati dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Yang Ke 69
B. Untuk melestarikan dan menumbuhkan minat terhadap seni dan budaya asli Indonesia
C. Untuk membangun kebersamaan dan membangun kreativitas para pemuda

III. KEGIATAN

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Pentas seni dan budaya ini akan kami laksanakan pada

Hari      :
Tanggal :
Waktu  : 10.00 s/d selesai
Tempat : Gedung Aula Universitas BINA KARYA

SUSUNAN ACARA

Terlampir

SUSUNAN PANITIA

Terlampir
IV. ANGGARAN

Terlampir

Contoh Anggaran Proposal Kegiatan

Sebelum saya akhiri artikel contoh proposal bantuan dana kegiatan dan sistematika penulisan proposal kegiatan tidak ada salahnya juga saya singgung sedikit tentang apa itu definisi dari proposal. Proposal memiliki definisi yaitu rancangan tertulis bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik berupa ide, gagasan maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan ijin, dana dan lain sebagainya

Dari definisi diatas disinggung juga mengenai izin, apakah itu izin mengadakan acara atau izin tempat, nah jika anda membuat kegiatan di suatu tempat yang sifatnya publik (bukan milik organisasi) maka perlu membuat surat permohonan izin yang sudah saya buat artikelnya dan bisa anda baca melalui kategori kumpulan contoh proposal dan surat dan untuk contoh proposal lainnya bisa anda simak di cara membuat proposal usaha dan proposal kegiatan dan contoh proposal bantuan dana usaha.

refrensi sumber :
http://makalahproposal.blogspot.co.id/2014/04/contoh-proposal-kegiatan.html
http://belajarpsikologi.com/contoh-proposal-kegiatan/

Subscribe to receive free email updates: