PENGERTIAN PERS MENURUT PARA AHLI



Pers mempunyai banyak definisi dan pengertian menurut pendapat-pendapat para ahli atau pakar mengenai pengertian pers. Secara Umum, Pengertian Pers adalah sebuah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik, yang meliputi seperti kegiatan mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan mengolah, dan juga menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara maupun gambar serta data dan grafik dengan media cetak dan elektronik dan juga saluran lainnya.

PENGERTIAN PERS MENURUT PARA AHLI

Pers juga merupakan lembaga yang ikut mengontrol jalannya roda pemerintahan. Pers turut mengawasi pemerintah dalam menjalankan fungsi administrasi negara, sebab peran pers sebagai lembaga pengontrol yang berfungsi dalam memberikan dan mendistribusikan informasi kepada masyarakat, sehingga pemerintah tidak dapat sewenang-wenang dalam pemerintahannya karena pers akan selalu mendistribusikan informasi kepada masyarakat.

Asal usul kata pers berasal dari istilah kata persen dari bahasa belanda  atau press dalam bahasa inggris, bila dilihat pers adalah menekan pada mesin cetak kuno yang harus ditekan dengan keras sehingga menghasilkan karya cetak pada lembaran kertas.

Pers mempunyai beragam definisi dari berbagai pendapat-pendapat yang dikemukakan para ahli. Berikut beberapa pengertian pers menusur para ahli:

1.      Ensiklopedi Indonesia, Pengertian pers menurut Ensiklopedi Indonesia  merupakan nama seluruh penerbitan berkala seperti yang kita kenal yaitu koran, majalah, dan kantor berita.

2.      Pengertian Pers Menurut Prof. Oemar Seno Adji, per dalam arti sempit berarti penyiaran-penyiaran pikiran, gagasan, atau berita-berita dengan kata tertulis. Sebaliknya, pers dalam  arti luas memasukkan di dalamnyasemua media mass communications yang memancarkan pikiran dan perasaan seseorang baik dengan kata-kata tertulis maupun dengan lisan. Dengan demikian pula maka, dapatlah diketahui bahwa pers dalam arti luas merupakan manifestasi dari "freedom of the press", Sedangkan pers dalam arti luas merupakan manifestasi dari "freedom of speech", dan keduanya tercakup oleh pengertian "freedom of expression".

3.      Pengertian pers menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah pers memiliki beragam makna. Makna Pers menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:
-          Medium penyiaran berita seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, dan film
-          Penyiaran berita melalui surat kabar, majalah, dan radio. 
-          Usaha percetakan dan penerbitan
-          Usaha pengumpulan dan penyiaran berita
-          Orang yang bekerja dalam penyiaran berita. 

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN PERS MENURUT PARA AHLI, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: