PENGERTIAN HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN ASAS HUBUNGAN INTERNASIONAL



Secara Umum, Hubungan Internasional dapat diartikan sebagai sebuah bentuk hubungan antarnegara yang merdeka serta berdaulat oleh dua negara ataupun lebih yang mencakup berbagai bidang baik politik, ekonomi, sosial budaya dan sebagainya. Pada dasarnya suatu negara tidak hidup sendiri ataupun terpisah, melainkan berbatasan dengan negara-negara lain disekitarnya.

Kenyataan tersebut semakin memperkuat pentingnya hubungan internasional yang melibatkan banyak negara. Selain alasan tersebut, sebuah negara mungkin berkepentingan untuk menjalin hubungan dengan negara lain agar dapat memajukan kepentingan-kepentingan politik, ekonomi, budaya dan sebagainya.

PENGERTIAN HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN ASAS HUBUNGAN INTERNASIONAL

Berikut ialah beberapa pengertian hubungan internasional berdasarkan pendapat apara ahli:
1.      Charles A. Mc Clelland, hubungan internasional ialah sebuah studi tentang keadaan-keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.
2.      Warsito Sunaryo, hubungan internasional ialah sebuah studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengeliingi interaksi. Adapun maksud dari kesatuan-kesatuan sosial tertentu dapat diartikan sebagai negara, bangsa maupun organisasi negara sepanjang hubungan bersifat internasional.
3.      Tygve Nathiessen, hubungan internasional ialah bagian dari ilmu politik dan karena itu komponen-komponen hubungan internasional meliputi politik internasional, organisasi dan administrasi internasional dan hukum internasional.
4.      J.C. Johari, hubungan internasional merupakan sebuah studi tentang interaksi yang berlangsung diantara negara-negara berdaulat disamping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non negara (non states actors) yang perilakunya memiliki dampak terhadap tugas-tugas negara.
5.      Mohtar Mas’oed, hubungan internasional adalah hubungan yang melibatkan bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga diperlukan mekanisme yang kompleks dan melibatkan banyak negara.

Dalam hubungan internasional juga perlu diperhatikan adanya asas-asas tertentu. Berikut ialah asas-asas hubungan internasional:
1.      Asas Teritorial
Asas teritorial ialah asas yang didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya. Menurut asas ini, negara melaksanakan hukum bagi semua orang dan semua barang yang ada di wilayahnya. Jadi, terhadap semua barang atau orang yang ada di luar wilayah tersebut, berlaku hukum asing (internasional) sepenuhnya.

2.      Asas Kebangsaan
Asas kebangsaan ialah asas yang didasarkan pada kekuasaan negara untuk warga negaranya. Menurut asas ini, setiap warga negara di manapun ia berada tetap mendapat perlakuan hukum dari negaranya. Asas ini mempunyai kekuatan exteritorial. Artinya hukum dari negara tersebut tetap berlaku juga bagi warga negaranya, walaupun berada di negara asing.

3.      Asas Kepentingan Umum
Asas kepentingan umum ialah asas yang didasarkan pada wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam hal tersebut, negara dapat menyesuaikan diri dengan semua keadaan dan peristiwa yang bersangkut paut dengan kepentingan umum, Jadi, hukum tak terikat pada batas-batas wilayah suatu negara.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN ASAS HUBUNGAN INTERNASIONAL, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: