PENGERTIAN GIZI, JENIS-JENIS DAN FUNGSI GIZI



Pengertian Gizi Secara Umum ialah zat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pertumbuhan, perkembangan, pemeliharaan dan juga memperbaiki jaringan tubuh. Pengertian Gizi ialah dimana gizi berasal dari bahasa mesir yang berarti "Makanan".

Gizi merupakan terjemahan dari kata Nutrition yang disebut sebagai nutrisi. Gizi pun bisa diartikan sebagai sesuatu yang memengaruhi adanya proses perubahan yang ada pada setiap makanan yang masuk dalam tubuh yang bisa mempertahankan tubuh agar tetap sehat. Para ahli yang mempelajari tentang Gizi dikenal sebagai Ilmu Gizi. Pengertian Ilmu Gizi ialah ilmu yang zat-zat gizi yang ada pada makanan dan juga penggunanya dalam tubuh yang meliputi masukan, pencernaan, pengangkutan (transpor), penyerapan, metabolisme, interaksi, dan juga penyimpanan serta pengeluaran, semua hal tersebut ialah proses zat gizi pada tubuh.

PENGERTIAN GIZI, JENIS-JENIS DAN FUNGSI GIZI


Pengertian Zat Gizi adalah zat pada makanan yang dibutuhkan oleh organisme dalam pertumbuhan dan perkembangan yang digunakan secara langsung oleh tubuh yang meliputi protein, vitamin, mineral, dan lemak. Zat gizi dapat diperoleh dari makanan yang didapatkan dalam bentuk sari makanan dari hasil pemecahan pada sistem pencernaan.

Zat gizi terbagi menjadi dua yakni zat gizi organik dan zat gizi anorganik. Zat – zat gizi organik ialah seperti lemak, vitamin, karbohidrat, dan protein. Sedangkan zat gizi anorganik adalah air dan mineral. Bukan itu saja Zat Gizi juga dikelompokkan atas beberapa macam seperti macam-macam zat gizi berdasarkan sumbernya, macam-macam zat gizi berdasarkan jumlahnya, dan macam-macam zat gizi berdasarkan fungsinya.

Pengertian Gizi Menurut Pendapat Para Ahli: 

1.      Pengertian gizi menurut Tuti Sunardi, pengertian gizi adalah sesuatu yang mempengaruhi proses perubahan semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh yang dapat mempertahankan kehidupan.
2.      Pengertian gizi menurut Lioni Ellis H, pengertian gizi adalah komponen penting yang diperlukan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang.
3.      Pengertian gizi menurut Harry Oxorn & William R. Forte, pengertian gizi yang berarti gizi memiliki pengertian yang luas bukan hanya jenis-jenis pangan dan gunanya bagi badan melainkan juga mengenal cara-cara memperoleh serta mengolah dan mempertimbangkan agar kita tetap sehat.
4.      Pengertian gizi menurut Chairinniza K. Graha, pengertian gizi adalah unsur yang terkandung dalam makanan dimana unsur-unsur dapat memberikan manfaat bagi tubuh yang mengkonsumsinya sehingga menjadi sehat.

Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Sumbernya

·         Zat Gizi Nabati, Zat Gizi nabati ialah sumber zat gizi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan 
·         Zat Gizi Hewani, Zat Gizi hewani ialah zat gizi yang berasal dari hewan 

Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Jumlahnya 

·         Zat Gizi Makro atau Makronutrisi : Makronutrisi ialah zat gizi atau nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang besar dengan satuan gram. Contoh zat gizi makro atau makronutrisi adalah protein, karbohidrat, dan lemak. 
·         Zat Gizi Mikro atau Mikronutrisi : Mikronutrisi ialah zat gizi atau nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit atau kecil. Contoh zat gizi mikro adalah air, vitamin dan mineral. 

Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Fungsinya 

·         Sumber Energi Bagi Tubuh : maksud dari sumber energi bagi tubuh atau tenaga bagi tubuh digolongkan pada jenis gizi seperti lemak, protein dan karbohidrat. 
·         Pembangun dan Penjaga Tubuh : maksud dari pembangun dan penjaga tubuh digolongkan pada jenis gizi seperti mineral, protein, vitamin dan lemak. 
·         Pengatur Kerja dalam Tubuh : maksud dari pengatur kerja dalam tubuh ialah untuk mengatur proses metabolisme yang ada dalam tubuh yang digolongkan pada jenis gizi seperti air, lemak, protein dan mineral

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN GIZI, JENIS-JENIS DAN FUNGSI GIZI, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: