PENGERTIAN EVALUASI DAN MENURUT PENDAPAT PARA AHLI

Secara umum, Pengertian Evaluasi ialah sebuah proses dalam menyediakan informasi agar dapat mengetahui sejauh mana kegiatan itu telah dicapai.

Evaluasi bertujuan mengukur suatu pekerjaan atau hal-hal yang kita lakukan, evaluasi amat berguna ataupun bermanfaat karena kita bisa mengetahui tingkatan pekerjaan kita dan juga sebagai penilaian terhadap apa yang telah kita kerjakan atau lakukan.

Pengertian Evaluasi yang lain ialah suatu proses sistematis dalam menentukan ataupun membuat keputusan terhadap sejauh mana program tercapai.

Pengertian evaluasi menurut para ahli misalnya, Wrigstone, dkk (1956) mengatakan bahwa pengertian evaluasi ialah penaksiran terhadap pertumbuhan dan juga kemajuan ke arah tujuan atau nilai-nilai yang sudah ditetapkan. Sedangkan dalam perusahaan, pengertian evaluasi ialah proses pengukuran akan efektifitas strategi dalam usaha mencapai tujuan bagi perusahaan. Contohnya ialah evaluasi proyek. 

PENGERTIAN EVALUASI DAN MENURUT PENDAPAT PARA AHLI

Hal-hal yang dievaluasi dalam proyek antara lain tujuan dan pembangunan proyek, apakah sudah tercapai ataupun tidak, apakah sesuai dengan rencana ataupun tidak, jika tidak, apa yang membuatnya tidak tercapai, apa yang harus dilakukan agar dapat sesuai. Hasil yang ditimbulkan dari evaluasi ialah bersifat kualitatif.

Adapun pengertian evaluasi juga dicetuskan oleh Sudijono (1996) yang mengatakan bahwa pengertian evaluasi ialah penafsiran atau interpretasi bersumber pada data kuantitatif, sedangkan, data kuantitatif berasal dari hasil pengukuran.

Dalam melakukan evaluasi, ada tahapan-tahapan yang mesti dilakukan dalam melakukan evaluasi yang terdapat urutan ataupun proses yang mendasari sebelum melakukan evaluasi terbagi dari dua tahapan yakni tahapan pertama : dengan mengembangkan konsep dan mengadakan penelitian lebih awal. Konsep pun direncanakan dengan matang sebelum diadakannya dan mesti diuji coba dalam mengecek draft yang dibuat dengan cara eksekusi pesannya, sedangkan tahapan kedua ialah : melakukan uji coba, mencari tanggapan ataupun masukan, agar dapat mengukur efektifitas pesan yang disampaikan.

Proses evaluasi mempunyai tahapan-tahapan, walaupun tahapan masing-masing objek evaluasi berbeda-beda namun tak menghilangkan fungsi dari evaluasi itu sendiri. Tahapan-Tahapan Evaluasi secara umum ialah sebagai berikut:

·         Menentukan topik evaluasi,  dalam mengevaluasi tentukan topik ataupun apa yang akan kita evaluasi baik itu suatu program kerja, ataupun hasil kerja. 
·         Merancang kegiatan evaluasi, sebelum melakukan evaluasi, sebaiknya merancang (desain) kegiatan-kegiatan evaluasi agar tak ada yang kita lewatkan dalam evaluasi nantinya. 
·         Pengumpulan data, Setelah merancang (desain) kegiatan, lakukanlah pengumpulan data sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dalam kegiatan evaluasi berdasarkan kaidah-kaidah ilmia
·         Pengolahan dan analisis data, Setelah data telah terkumpul, selanjutnya data itu diolah dengan mengelompokkan agar dapat mudah dianalisis, dan juga sediakan tolak ukur waktunya sebagai hasil dari evaluasi. 
·         Pelaporan hasil evaluasi, Hasil evaluasi harus diketahui oleh setiap orang-orang yang berkepentingan agar mengetahui hasil-hasil yang telah dia kerjakan.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN EVALUASI DAN MENURUT PENDAPAT PARA AHLI, semoga dapat bemanfaat.

Subscribe to receive free email updates: