SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA DAN DI INDONESIA

Islam merupakan salah satu Agama besar di Dunia. Islam pun terus berkembang dari awal abad Masehi hingga saat ini. Bahkan sekarang hampir di semua negara terdapat pemeluk Agama Islam. Berikut ialah penjelasan mengenai sejarah perkembangan Agama Islam di Dunia dan di Indonesia.

Pada awal abad ke-7 Masehi, Islam mulai muncul di daerah Semenanjung Arab yaitu saat Nabi Muhammad SAW menerima ayat-ayat Allah SWT. Lalu, setelah Nabi Muhammad SAW wafat, Islam pun mulai berkembang di Samudera Atlantik di daerah Barat dan juga Asia Tengah dan Timur. Segera setelah itu, banyak di berbagai daerah mulai bermunculan kerajaan-kerajaan Islam.


SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA DAN DI INDONESIA

 Sejarah perkembangan Islam di dunia, tentu tidak dapat lepas perannya dari sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW sendiri. Islam mulai ada saat wahyu pertama diturunkan, yaitu pada tahun 622 Masehi yang berisi 5 ayat Al-Qur’an yakni surah Al-‘Alaq. Ayat Al-Qur’an itu diturunkan kepada Rasul akhir zaman, yaitu Nabi Muhammad SAW. Ayat pertama itu turun di Gua Hira, yaitu salah satu tempat favorit Rasulullah dalam merenungkan akhlak manusia yang makin tidak bermoral.

 Kemudian di abad ke-7, Rasul mulai melanjutkan risalah Islam di Jazirah Arab. Setelah beliau wafat, Islam terus berkembang sampai Samudera Atlantik di Barat dan juga Asia Tengah di Timur. Perkembangan Islam semakin pesat sekali, Islam berkembang dengan pesat hingga umat Islam sendiri terpecah dan juga banyak yang mendirikan kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah baik di Benua Asia atupun daerah Benua Eropa.

 Kerajaan-kerajaan Islam yang berdiri di beragam wilayah itu sudah menjadi sebuah kerajaan besar, misalnya saja kerajaan Bani Umayyah, Kerajaan bani Abbasiyyah, Kemaharajaan Mughal, Kerajaan atau Kekhalifahan Ottoman, Kerajaan India, Kesultanan Malaka, dan juga Kerajaan Turki Seljuq.

Selain itu, dari Negara-negara Islam yang ada pun mulai banyak bermunculan para ahli seperti ahli sains, filsafat, geografi, dan juga bidang lainnya. Para ahli itu kebanyakan muncul terutama pada masa atau zaman keemasan Islam, hal ini dikarenakan banyak dari kerajaan itu menjadikannya sebagai sekolah.

 Namun pada abad ke-18 hingga abad ke-19, banyak wilayah Islam yang berdiri mulai jatuh ke tangan bangsa Eropa. Selanjutnya setelah Perang Dunia I berakhir, kerajaan terakhir Islam yakni kerajaan Turki Utsmani (Turki Seljuq) pun akhirnya tumbang. Sebelum datangnya Islam ke Jazirah Arab, negeri itu adalah negeri yang sangat mundur. Pada masa sebelum Islam datang, kebanyakan dari bangsa Arab itu menyembah berhala serta banyak pula yang lainnya yang merupakan pengikut dari agama Yahudi dan juga Kristen.

 Pada saat itu Mekkah adalah sebuah wilayah yang dijadikan sebagai tempat suci oleh para bangsa Arab, alasannya tentu kita ketahui bersama yaitu di tempat itu terdapat banyak berhala dan ada juga sumur zam-zam dan yang lebih penting lagi di tempat itu terdapat Ka’bah.

 Negara Indonesia saat ini adalah salah satu Negara dengan mayoritas muslim terbanyak, hal ini telah diakui oleh banyak kalangan di seluruh dunia. Indonesia sejatinya mengenal agama Islam pada awal abad ke - 7 masehi, meskipun pada awalnya pemeluk dari agama Islam sendiri tak terlalu banyak dikarenakan penyebarannya hanya melalui jalur perdagangan.

Agama Islam berkembang di Indonesia berkat penyebaran dari para pedagang muslim yang berlayar dan berdagang ke Indonesia, walaupun pedagang itu hanyalah pedagang sementara yang singgah di Indonesia.

Penyebaran agama Islam di Indonesia disambut baik, bias dilihat di berbagai daerah dan  beberapa wilayah Semenanjung Melayu dan Nusantara yang perkembangannya berlangsung dengan baik selama beberapa abad selanjutnya. Berkat peran pedagang yang singgah di wilayah Indonesia itulah agama Islam bisa berkembang dan juga menjadi agama yang paling banyak dianut oleh masyarakat hingga saat ini. Selain melalui jalur perdagangan, Islam di Indonesia pun berkembang lewat jalur pendidikan, seni, hiburan, dan bidang lainnya.

Adapun tokoh-tokoh penyebaran agama Islam di Indonesia yang paling banyak dikenal ialah Wali Songo, yakni Sunan Ampel, Sunan Muria, Sunan Drajat, Sunan Bonang, Sunan Kalijaga, Sunan Giri, Sunan Gunung Jati, Sunan Kudus, dan juga Sunan Gresik.

Demikian penjelasan mengenai SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA DAN DI INDONESIA, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: