PENGERTIAN WIRAUSAHA DAN CIRI-CIRI WIRAUSAHA



Kata wirausaha mungkin sudah tidak asing dan sudah sering kita dengar dalam keseharian kita. Namun apa kita benar-benar memahami mengenai pengertian wirausaha dan ciri-cirinya? Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian wirausaha dan ciri-ciri wirausaha secara lengkap.

PENGERTIAN WIRAUSAHA DAN CIRI-CIRI WIRAUSAHA

1.      Pengertian Wirausaha
 Wirausaha sederhananya ialah orang yang menjalankan wirausaha itu sendiri. Dibawah ini ada beberapa ahli yang bisa memberikan tanggapan tentang apa yang dimaksud pengertian dan definisi wirausaha atau entrepreneur itu.

a.       Geoffrey G. Meredit , Wirausaha atau enterpreneur ialah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis mengumpulkan sumber sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan.
b.      Skinner, Enterpreneur atau wirausaha ialah seseorang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis menerima imbalan jasa berupa profit nonfinancial.
c.       Say , Wirausaha atau entrepreneur ialah orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan koordinasi, organisasi dan pengawasan. Seseorang yang berwirausaha mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas tentang lingkungan dan membuat keputusan keputusan tentang lingkungan usaha, mengelola sejumlah modal dan menghadapi ketidakpastian untuk meraih keuntungan.


2.      Ciri-ciri Wirausaha
Seseorang dapat dikatakan wirausaha sudah tentu harus memenuhi definisi wirausaha itu sendiri, untuk lebih jelasnya silahkan dibaca  ciri-ciri wirausaha berikut ini:

a.       Mempunyai keberanian yaitu dalam memiliki daya kreasi
Seorang wirausaha mestilah mempunyai keberanian dalam mempunyai daya kreasi ataupun tidak takut untuk bermimpi serta merencanakan. Segala ketakutan akan sia-sia dalam bermimpi serta berencana haruslah dihilangkan. Setidaknya harus diingat STOP (Stop “berhenti, Think “berpikir”, Observation “Observasi” dan juga Plan “rencana”) jika terjadi hal hal yang membuat ide itu tertunda ataupun mandek.

b.      Berani mengambil risiko
Seseorang dapat dikatakan wirausaha jika mempunyai sifat berani mengambil risiko, hal ini tentu saja mesti sejalan dengan perencanaan yang sebelumnya sudah dilakukan serta pengamatan yang dilakukan terhadap ide yang dimilikinya.

c.       Mempunyai semangat dan kemauan keras
Seorang bisa dikatakan wirausaha selain berani mengambil risiko mestilah mempunyai semangat dan kemauan yang keras untuk sukses.

d.      Mempunyai analisis yang tepat
Seseorang bisa dikatakan wirausaha jika memiliki pengetahuan yang tepat guna membuat analisis yang tepat dan diusahakan mendekati 100% tepat.

e.       Tidak konsumtif
Ini merupakan penyakit untuk masa sekarang. Seorang wirausaha mestilah tidak konsumtif atau setidaknya, konsumsinya lebih sedikit dibandingkan penghasilannya.

f.       Memiliki jiwa pemimpin
Jiwa pemimpin mesti dipunyai seorang wirausaha. Dengan ini, mereka mampu mengembangkan usaha mereka hingga menjadi lebih maju.

g.      Berorientasi pada masa depan
Sudah jelas, jika anda seorang wirausaha yang inovatif dan kreatif serta memiliki ciri ciri wirausaha yang lain maka anda akan memiliki kemampuan ini.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN WIRAUSAHADAN CIRI-CIRI WIRAUSAHA, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: