PENGERTIAN UANG BESERTA SEJARAH, FUNGSI DAN JENISNYA

1. Pengertian Uang
Pengertian uang terbagi menjadi dua, yakni: Pengertian uang dalam ilmu ekonomi tradisional dan pengertian uang dalam ilmu ekonomi modern. Berikut ialah penjelasannya:

PENGERTIAN UANG BESERTA SEJARAH, FUNGSI DAN JENISNYA

a. Pengertian uang dalam ilmu ekonomi tradisional : didefinisikan sebagai semua alat tukar yang bisa diterima secara umum. Alat tukar tersebut bisa berbentuk benda apapun asalkan bisa diterima oleh semua orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan juga jasa. Uang seperti ini disebut sebagai Uang Barang.

b.Pengertian uang dalam ilmu ekonomi modern : didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan juga secara umum dapat diterima sebagai alat pembayaran untuk pembelian barang-barang dan juga jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya bahkan dalam pembayaran hutang. Beberapa ahli pun menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

2. Sejarah Uang
Awalnya, pada zaman dahulu manusia sama sekali belum mengenal pertukaran barang (barter) apalagi uang, sebab kehidupan saat itu belum sekompleks layaknya sekarang ini. Dengan sangat sederhana sekali, manusia saat itu memenuhi kebutuhan hidup sendiri-sendiri.

Contohnya: Berburu kalau lapar, kalau butuh pakaian mereka membuatnya dengan bahan sederhana misalnya kulit dan dedaunan pohon, kalau ingin makan lainnya tinggal pergi ke hutan untuk memetik buah yang dapat dimakan.

Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, lama-kelamaan manusia pun menghadapi kenyataan bahwa apa yang mereka peroleh tak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri secara menyeluruh. Sehingga, mereka mulai mencari cara buat tukar-menukar barang antara individu satu dengan yang lain. Cara seperti inilah yang dikenal sebagai sistem barter.

3. Fungsi Uang
Fungsi uang dibedakan menjadi dua kelompok, yakni fungsi asli dan fungsi turunan. Berikut ialah fungsi asli dan fungsi turunan uang:

a. Fungsi asli
- Sebagai alat tukar yang dapat memudahkan pembayaran.
- Sebagai sebuah satuan hitung dalam pembayaran.
- Sebagai alat penyimpan nilai.

b. Fungsi turunan
- Sebagai alat pembayaran sah.
- Sebagai alat pembayarang hutang.
- Sebagai alat pengumpul kekayaan.
- Sebagai alat pemindah kekayaan.
- Sebagai alat pendorong adanya kegiatan ekonomi.

4.Jenis-jenis Uang

a. Berdasarkan Jenisnya
- Uang kartal : alat bayar yang sah dan juga wajib digunakan oleh masyarakat untuk melakukan transaksi jual-beli dalam kehidupan sehari-hari (common money).
- Uang giral : uang yang dalam bentuk simpanan (deposito) yang bisa ditarik sesuai kebutuhan.

b. Menurut bahan pembuatannya
- Uang logam
- Uang kertas

c. Menurut nilainya
- Uang penuh
- Uang tanda

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN UANG BESERTA SEJARAH, FUNGSI DAN JENISNYA, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: