PENGERTIAN ORGANISASI BESERTA PENDAPAT PARA AHLI DAN UNSUR-UNSUR ORGANISASI

1. Definis dan Pengertian dari Organiasi
ialah sekelompok orang yang terdiri dari dua orang atau lebih yang secara formal dipersatukan dalam sebuah kerjasama dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan di sepakati bersama. Secara etomologi, organiasi berasal dari bahasa yunani yakni Organ dan Isasi yang artinya alat-alat dan proses.

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya tentang Manajemen, Pengorganisasian ialah fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian diartikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan, sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian ialah struktur organisasi.


PENGERTIAN ORGANISASI BESERTA PENDAPAT PARA AHLI DAN UNSUR-UNSUR ORGANISASI

Struktur organisasi sendiri ialah susunan komponen-komponen atau susunan unit-unit kerja dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan terdapatnya pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi ataupun kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda itu dapat diintegrasikan atau dapat dikoordinasikan. Selain itu, struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan juga alur penyampaian laporan.

Berikut ialah beberapa pendapat para ahli tentang penegertian organisasi:

  1. Stoner, ia berpendapat bahwa organisasi ialah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
  2. James D. Mooner, ia berpendapat bahwa organisasi ialah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  3. Chester I. Bernard, ia berpendapat bahwa organisasi ialah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

2.Unsur-unsur Organisasi
Suatu kelompok dapat dikatakan sebuah organisasi jika mempunyai unsur-unsur sebagai berikut:

a. Merupakan wadah atau tempat untuk berkerja sama.
Organisasi ialah sebuah wadah ataupun tempat dimana orang-orang bisa berkerja sama dalam mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi sulit untuk orang-orang untuk melaksanakan kerja sama, sebab setiap orang belum tentu mengetahui bagaimana cara mencapai tujuan tersebut.

Pengertian tempat di sini bukan dalam arti yang konkret, namun dalam arti yang abstrak, sehingga dengan demikian tempat yang dimaksud adalah dalam arti fungsi yakni menampung ataupun mewadahi keinginan berkerja sama beberapa orang dalam mencapai tujuan tertentu. Dalam pengertian umum, maka organisasi bisa berubah menjadi wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu, seperti organisasi buruh, organisasi mahasiswa, organisasi wanita dan lainnya.

b. Proses kerja sama sedikitnya dua orang

Selain merupakan tempat kerja sama, organisasi juga merupakan proses kerja sama sedikitnya antara dua orang ataupun lebih. Dalam praktek, jika kerja sama itu dilakukan dengan banyak orang, maka organisasi itu harus disusun lebih sempurna.

Dengan kata lain proses kerja sama yang dilakukan dalam sebuah organisasi, mempunyai kemungkinan untuk dilaksanakan dengan lebih baik, hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses kerja sama itu hanyalah bersifat sementara, di mana hubungan antar kerja sama antar pihak-pihak bersangkutan tersebut kurang bisa diatur dengan baik.

c. Tugas dan kedudukannya jelas
Dengan adanya organisasi maka tugas serta kedudukan masing-masing orang ataupun pihak yang berhubungan satu dengan yang lain akan dapat terlihat lebih jelas, dengan demikian adanya tugas dan pekerjaan ganda dan sebagainya akan dapat di hindarkan. Dengan kata lain tanpa adanya organisasi yang baik, mereka akan bingung tentang apa tugas-tugasnya dan bagaimana hubungan antara yang satu dengan yang lainnya.

d. Adanya sebuah tujuan tertentu
Sebuah organisasi harus memiliki tujuan tertentu. Karena tanpa adanya tujuan, organisasi itu tidak akan jelas arah dan tujuannya.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN ORGANISASI BESERTA PENDAPAT PARA AHLI DAN UNSUR-UNSUR ORGANISASI
, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: