PENGERTIAN IDEOLOGI DAN MENURUT PARA AHLI



Kata ideologi bukan lah sebuah kata yang asing bagi kita semua. Setiap pelajar pasti pernah belajar mengenai ideologi dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraannya. Berikut akan dijelaskan pengertian ideologi dan definisi ideologi menurut para ahli.

Secara umum, Ideologi dapat kita artikan sebagai sebuah kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan dan juga kepercayaan yang sifatnya sistematis dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional sebuah bangsa dan juga negara.


PENGERTIAN IDEOLOGI DAN MENURUT PARA AHLI


Secara istilah, kata ideologi berasal dari bahasa Inggris yakni berasal dari kata 'idea'  yang memiliki arti gagasan, konsep, pengertian dasar dan cita-cita; dan kata 'logi' yang di dalam bahasa Yunani menjadi kata logos yang berarti ilmu ataupun pengetahuan. Secara Harfiah, Pengertian Ideologi ialah pengetahuan mengenai gagasan-gagasan, pengetahuan tentang ide-ide, dan juga science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar.

Dalam pengertian sehari-hari, kata "idea" yang memiliki arti 'cita-cita'. Cita-cita yang dimaksud ialah cita-cita yang bersifat tetap yang mesti dicapai sehingga cita-cita yang bersifat tetap tersebut sekaligus menjadi dasar, pandangan ataupun sebuah paham.

Ideologi juga mencakup pengertian mengenai ide-ide, pengertian dasar, gagasan dan juga cita-cita. Ideologi bisa dianggap sebagai visi yang bersifat luas, dalam cara memandang segala sesuatu. Ideologi ialah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan sebuah ide) yang diterapkan pada berbagai permasalahan publik sehingga pembuat konsep ini menjadi intisari dalam bidang politik.

Berikut beberapa pengertian dan definisi ideologi menurut pandangan para ahli:

1.      Alfian
Menurut pendapat Alfian, pengertian ideologi ialah sebuah pandangan ataupun sistem nilai yang menyeluruh dan juga mendalam mengenai bagaimana cara yang sebaiknya, yakni secara moral dianggap benar dan juga adil, mengatur tingkah laku bersama dalam beragam segi dan bidang kehidupan.

2.      C. C. Rodee
Menurut pendapat C.C. Rodee, pengertian ideologi ialah sekumpulan ide yang secara logis berkaitan dan mengindentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan juga pelakunya.

3.      Ali Syariati
Menurut Ali Syariati tentang pendapat tentang pengertian ideologi yang mengatakan bahwa ideologi ialah sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras tertentu.

Dari hasil pendapat para ahli tentang pengertian ideologi, dapat kita simpulkan bahwa pengertian ideologi ialah kumpulan gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan, yang menyeluruh serta sistematis, yang menyangkut beragam segi dan bidang kehidupan manusia.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN IDEOLOGI DAN MENURUT PARA AHLI, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: