PENGERTIAN GEMPA BUMI BESERTA JENIS DAN AKIBAT GEMPA BUMI



Kita mungkin sering mendengar kata gempa bumi dalam kehidupan sehari-hari. Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang dapat menimbulkan banyak kerusakan dan kerugian bahkan jatuhnya korban jika gempa bumi tersebut memiliki kekuatan yang cukup besar. Bahkan gempa bumi dapat menyebabkan timbulnya bencana lainnya seperti tsunami, gunung meletus dan tanah longsor.

PENGERTIAN GEMPA BUMI BESERTA JENIS DAN AKIBAT GEMPA BUMI


1.      Pengertian Gempa Bumi
Gempa bumi ialah pergerakan atau pergeseran lapisan batu bumi yang berasal dari dasar ataupun dari bawah permukaan bumi. Pengertian selanjutnya dari gempa bumi yaitu getaran ataupun goncangan yang terjadi karena pergerakan dan pergeseran suatu lapisan batu bumi yang berasal dari dasar maupun dari bawah permukaan bumi dan dapat pula disebabkan oleh  adanya letusan gunung api.

2.      Jenis-jenis Gempa Bumi
Gempa bumi memiliki beragam jenis, berdasarkan dari peristiwa yang disebabkannya, gempa bumi terbagi menjadi gempa bumi tektonik, gempa bumi vulkanik, gempa bumi runtuhan dan gempa bumi buatan. Berikut ialah penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis gempa bumi:


a.       Gempa bumi vulkanik (Gunung Api) ialah sebuah gempa bumi yang terjadi karena adanya aktivitas magma gunung api, yang biasanya terjadi sebelum gunung itu meletus. Jika, keaktifannya makin tinggi maka bias menimbulkan bisa menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan dapat menimbulkan terjadinya gempa bumi. Gempa bumi ini hanya ada di daerah gunung api yang meletus. Gempa bumi jenis ini bahkan lebih bahaya dari gempa bumi runtuhan.

b.      Gempa bumi tektonik ialah Gempa jenis ini disebabkan oleh terdapatnya aktivitas tektonik, yakni pergeseran lempengan tektonik yang secara mendadak yang memiliki kekuatan dari yang kecil sampai yang sangat besar. Wilayah yang sering kali mengalami gempa tersebut yakni daerah pegunungan lipatan muda, ialah daerah rangkaian mediterania serta rangkaian sirkum pasifik. Bahaya dari gempa jenis ini sangat besar, sebab lapisan bumi bisa mengalami lipatan patahan maupun pergeseran.

c.       Gempa bumi runtuhan ialah jenis gempa bumi yang umumnya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan, jenis gempa runtuhan jarang terjadi serta bahaya yang diakibatkan dari gempa bumi runtuhan relatif kecil, biasanya gempa runtuhan terjadi pada daerah lokal.

d.      Gempa bumi buatan ialah jenis gempa bumi yang dikarenakan oleh aktivitas dari manusia, seperti peledakan dinamit, nuklir mauupun palu rasaksa yang dipukulkan ke permukaan bumi sehingga dapat menimbulkan goncangan.

3.      Akibat yang ditimbulkan gempa bumi
Akibat yang ditimbulkan atau dampak dari gempa bumi terbagi menjadi dua, yakni dampak fisik dan dampak sosial. Berikut ialah contoh dampak fisik dan dampak sosial yang ditimbulkan dari gempa bumi:

a.       Dampak fisik
-          Jatuhnya korban jiwa.
-          Tanah longor akibat goncangan.
-          Bangunan banyak yang hancur atau roboh.
-          Permukaan tanah akan lebih menjadi merekat, retak dan jalan akan menjadi putus.
-          Gempa dasar laut dapat menyebabkan tsunami.
-          Banjir karena rusaknya tanggul.

b.      Dampak sosial
-          Menimbulkan penyakit.
-          Menimbulkan kemiskinan.
-          Kelaparan.
-          Bila pada sekala yang besar dapat melumpuhkan politik, sistem ekonomi dan lain-lain.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN GEMPABUMI BESERTA JENIS DAN AKIBAT GEMPA BUMI, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: