PENGERTIAN DAN JENIS TEKNOLOGI

1.      Pengertian Teknologi
Teknologi ialah suatu pengetahuan yang ditujukan guna menciptakan alat, tindakan pengolahan serta ekstraksi benda. Istilah teknologi sudah dikenal secara luas dan juga setiap orang mempunyai cara mereka sendiri dalam memahami pengertian teknologi.

Teknologi umumnya digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari manusia, secara singkatnya kita bisa menggambarkan teknologi sebagai produk, proses, ataupun organisasi. Selain itu juga, teknologi digunakan untuk memperluas kemampuan kita, serta yang membuat orang-orang sebagai bagian paling penting dari setiap sistem teknologi.

Teknologi pun merupakan aplikasi dari sains yang berguna untuk memecahkan masalah. Namun, apa yang harus kita ketahui ialah bahwa teknologi dan sains adalah subjek yang berbeda yang bekerja dari tangan ke tangan agar dapat menyelesaikan tugas tertentu ataupun memecahkan suatu masalah tertentu.

Pengetian dan Jenis Teknologi

2.      Jenis-jenis Teknologi
Banyak sekali jenis-jenis teknologi yang sering kita manfaatkan dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh jenis teknologi yang sering kita gunakan setiap hari:

a.      Teknologi komunikasi
Teknologi komunikasi ialah sistem yang menggunakan sarana teknis untuk mengirimkan informasi ataupun data dari satu tempat menuju ke tempat lain, atau dari satu orang ke orang lain. Komunikasi digunakan untuk beragam tujuan antara lain digunakan untuk menyampaikan ide dan pendapat, saling pertukaran informasi, dan mengekspresikan emos dan juga perasaan.

Manusia menggunakan alat teknologi komunikasi misalnya telepon, komputer, email, fax, ataupun alat pesan teks agar dapat tetap berhubungan dengan teman dan keluarga, lalu bisnis guna memfasilitasi aliran informasi di tempat kerja, untuk membantu dalam berbagai pengambilan keputusan, untuk melayani kebutuhan pelanggan dan juga permintaan, untuk mempromosikan produk ataupun jasa terbaru kepada konsumen yang telah ditargetkan, dan masih banyak lagi.

b.      Teknologi konstruksi
Teknologi konstruksi ialah studi mengenai metode canggih serta peralatan yang bisa digunakan untuk membangun sebuah struktur. Konstruksi dapat membangun dua jenis struktur. Ini termasuk bangunan dan juga struktur teknik berat. Konstruksi menggunakan berbagai tindakan teknologi agar dapat mendirikan struktur di tempat manapun.

Penggunaan alat-alat teknologi konstruksi seperti traktor berat dalam mempersiapkan tanah, software desain komputer untuk menciptakan desain struktur pada komputer dalam format 3D, dengan menggunakan beragam teknologi konstruksi untuk melampirkan struktur serta menginstal utilitas sudah membantu dalam memajukan kedua bangunan tempat tinggal maupun bangunan komersial masa kini.

c.       Teknologi Medis
Teknologi medis ialah jenis teknologi yang digunakan untuk memperluas serta meningkatkan kehidupan manusia. Teknologi medis dapat mengurangi rasa sakit dan cedera pasien. Di negara-negara maju sudah mendapatkan keuntungan dari penggunaan berbagai teknologi medis dalam sistem perawatan kesehatan mereka.

Dan juga ini menjelaskan alasan mengapa orang di negara maju lebih sehat dibandingkan orang-orang di negara berkembang. Teknologi medis dapat digunakan untuk mendiagnosa infeksi, mengobati penyakit, dan juga untuk membuat penelitian tentang penyakit yang memengaruhi manusia.

d.      Teknologi Informasi
Teknologi informasi ialah seperangkat alat perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan beragam informasi. Alat teknologi informasi dapat membantu dalam memberikan orang-orang informasi yang tepat pada waktu yang cepat. Pekerja dalam organisasi dapat menggunakan teknologi informasi untuk menyelesaikan beragam tugas mulai dari mentransfer informasi yang memfasilitasi pengambilan keputusan dalam suatu organisasi, meningkatkan layanan pelanggan, dan masih banyak lagi.

Dalam era informasi saat ini, sangat penting untuk mengelola sistem informasi guna memastikan akurasi dan efisiensi informasi tersebut. Sistem informasi manajemen melibatkan perencanaan, pengembangan, manajemen, dan juga penggunaan alat-alat teknologi informasi guna membantu pekerja dan orang-orang dalam melakukan seluruh tugas yang berhubungan dengan pengolahan informasi dan juga manajemen. Lembaga keuangan besar misalnya Bank menggunakan teknologi informasi agar dapat mengoperasikan seluruh usaha mereka dan juga melayani pelanggan mereka.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN DAN JENIS TEKNOLOGI, semoga dapat bermnafaat.

Subscribe to receive free email updates: