PENGERTIAN DAN JENIS - JENIS EROSI

Erosi ialah proses terjadinya pengikisan di bagian-bagian tertentu di permukaan bumi. Materi dari bagian yang mengalami pengikisan itu bisa mengalami perpindahan dari tempat asalnya. Proses perpindahan materi itulah yang disebut transportasi. Erosi ialah peristiwa pengikisan tanah oleh air, angin, ataupun es.

Penyebab alami erosi ialah karakteristik dan juga intensitas curah hujan, vegetasi (tanaman penutup), kemiringan lereng, serta kemampuan tanah untuk menyerap serta melepas air (absorpsi).

PENGERTIAN DAN JENIS - JENIS EROSI

Air yang mengalir di sungai bisa menyebabkan runtuhnya dinding-dinding sungai. Proses runtuhnya dinding sungai ini didahului dengan pengikisan yang disebabkan oleh aliran air. Proses pengikisan ini disebut juga sebagai erosi. Erosi tidak hanya terjadi karena tenaga air, namun juga angin, gelombang laut, dan juga es.

Berdasarkan penyebabnya tersebut, erosi terdiri atas 5 jenis, yakni sebagai berikut:

a. Ablasi
Ablasi ialah erosi yang terjadi dikarenakan aliran air yang mengikis batuan ataupun permukaan bumi. Ketika terjadi hujan di gunung, batuan dan juga tanah yang ada di permukaan gunung terkikis oleh air hujan yang mengalir dari puncak menuju ke kaki gunung.

b. Deflasi
Deflasi terjadi dikarenakan oleh hembusan angin yang mengikis permukaan bumi. Misalnya, angin laut yang berhembus dari laut menuju ke daratan bisa mengikis batuan dan juga pasir yang terdapat di daerah pantai.

c. Korosi
Korosi terjadi di karenakan hembusan angin yang membawa butiran pasir. Angin yang meniupkan butiran pasir ini menerpa bagian batuan-batuan tertentu sehingga batuan itu melapuk dan juga terkikis.

d. Abrasi
Abrasi terjadi di pantai dikarenakan gelombang air laut mengikis bagian tepian pantai. Misalnya, pasir pantai dan juga karang yang tergerus oleh gelombang laut yang sedang surut.

e. Eksarasi
Eksarasi ialah erosi yang terjadi dikarenakan adanya gerakan es yang mencair atau gletser. Air dari es yang mencair di puncak gunung salju pun mengikis permukaan gunung di sepanjang jalur yang ia lalui.

Faktor yang mempengaruhi rendah tingginya tingkat erosi dimuka bumi antara lain sebagai berikut:
  • Curah hujan
  • Sifat-sifat tanah
  • Lereng
  • Vegetasi
  • Manusia

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN DAN JENIS - JENIS EROSI, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: