PENGERTIAN DAN FUNGSI HTML

1. Pengertian HTML
HTML secara umum dikenal dengan HyperText Markup Language yang ialah bahasa pemrograman  standar yang dipakai untuk mendesign atau membuat sebuah halaman web, yang selanjutnya bisa diakses agar bisa menampilkan beragam informasi di dalam suatu penjelajah web Internet atau browser. HTML pun bisa digunakan sebagai link antara file-file dalam situs ataupun dalam komputer dengan menggunakan localhost, ataupun link yang menghubungkan antar situs di dalam dunia internet.


PENGERTIAN DAN FUNGSI HTML

Agar dapat menghasilkan tampilan dan wujud yang terintegerasi Pemformatan hiperteks sederhana ditulis dalam berkas dengan format ASCII sehingga dapat menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.

HTML ialah sebuah bahasa yang bermula dari bahasa yang sebelumnya banyak digunakan dalam dunia percetakan dan juga penerbirtan yang disebut sebagai Standard Generalized Markup Language (SGML).

Pada saat sekarang ini, HTML adalah standar Internet yang dikendalikan dan didefinisikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).  Di tahun 1989, HTML diciptakan oleh kolaborasi Berners-lee Robert bersama Caillau TIM  pada saat mereka bekerja di CERN. CERN sendiri adalah sebuah lembaga penelitian fisika energi tinggi yang bertempat di Jenewa.

HTTP yang merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protokol adalah protokol yang digunakan dalam mentransfer data ataupun document yang berformat HTML dari web server menuju web browser. Dengan HTTP inilah yang memungkinkan kita dapat menjelajah internet dan juga melihat berbagai halaman web.

2. Fungsi HTML
HTML atau singkatan dari HyperText Markup Language ialah suatu bahasa pemrograman yang menggunakan beberapa tanda-tanda tertentu (tag) dalam menyatakan kode-kode yang mesti ditafsirkan oleh browser supaya halaman web tersebut bisa ditampilkan secara benar.

Pada umunya yang saya ketahui, fungsi dari HTML ialah untuk mengelola serangkaian data dan juga informasi sehingga sebuah dokumen bisa diakses serta ditampilkan di Internet melalui layanan web.

Fungsi HTML yang lebih spesifik yakni :

1.Membuat dan mengatur halaman web.
2.Menampilkan beragam jenis informasi di dalam sebuah browser Internet.
3.Membuat link ke halaman web lain dengan kode-kode tertentu (hypertext).

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN DAN FUNGSI HTML, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: