Langsung ke konten utama

Pengertian Bela Negara Beserta Tujuan, Fungsi, Dan Manfaat Bela Negara

Pengertian Bela Negara Beserta Tujuan, Fungsi, Dan Manfaat Bela Negara :
Bela negara merupakan hak sekaligus kewajiban bagi setiap warga negara, tak terkecuali warga negara Indonesia. Bela negara merupakan hal yang sangat penting agar dapat terciptanya kehidupan bermasyarakat yang tertib, aman dan damai. Bela negara juga bertujuan untuk menjaga dan memelihara kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

PENGERTIAN BELA NEGARA BESERTA TUJUAN, FUNGSI, DAN MANFAAT BELA NEGARA

Bela negara juga merupakan salah satu sikap yang menunjukan penghargaan bagi para pendiri dan pejuang bangsa yang mesti dilakukan setiap warga negara dalam mengisi kemerdekaan saat ini. Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian, tujuan, fungsi dan manfaat bela negara.

1.      Pengertian Bela Negara
Bela negara adalah sikap, tekad dan juga perilaku warga negara yang dilakukan secara menyeluruh, teratur serta terpadu dan juga dijiwai oleh kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Dasar hukum mengenai bela negara terdapat dalam isi UUD 1945, yakni:
a.       Pasal 27 ayat (3) yang menyatakan bahwa semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
b.      Pasal 30 ayat (1) yang menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.


2.      Fungsi dan Tujuan Bela Negara
Bela negara memiliki fungsi dan tujuan sebagai berikut:

a.       Tujuan Bela Negara
-          Menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
-          Menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara.
-          Melestarikan budaya.
-          Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan juga negara.
-          Berbuat yang terbaik bagi bangsa dan juga negara.

b.      Fungsi Bela Negara
-          Merupakan kewajiban setiap warga negara.
-          Mempertahankan Negara dari berbagai ancaman.
-          Merupakan panggilan sejarah.
-          Menjaga keutuhan wilayah negara.

3.      Manfaat Bela Negara
Bela negara memiliki beragam manfaat, baik bagi individu masing-masing warga negara ataupun bagi negara itu sendiri. Berikut ialah beberapa contoh manfaat bela negara:

a.       Menanamkan rasa kecintaan pada Bangsa dan Patriotisme sesuai dengan kemampuan masing-masing.
b.      Membentuk Iman dan Taqwa pada masing-masing Agama.
c.       Melatih jiwa kepemimpinan dalam memimpin diri sendiri ataupun kelompok.
d.      Menghilangkan sikap negatif, misalnya malas, apatis, boros, egois, dan tidak disiplin.
e.       Membentuk sikap disiplin akan waktu, aktivitas, dan juga pengaturan kegiatan lain.
f.       Membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, serta kepedulian antar sesama.
g.      Membentuk jiwa kebersamaan serta solidaritas antar sesama rekan seperjuangan.
h.      Membentuk mental dan juga fisik yang tangguh.
i.        Berbakti pada orang tua, bangsa, dan agama.
j.        Melatih kecepatan, ketepatan, ketangkasan individu dalam melaksanakan beragam kegiatan.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN BELANEGARA BESERTA TUJUAN, FUNGSI, DAN MANFAAT BELA NEGARA, semoga dapat bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Contoh Proposal Kegiatan Dan Contoh Proposal Dana Kegiatan Lengkap

Contoh Proposal Kegiatan Dan Contoh Proposal Dana Kegiatan - Proposal secara Pengertian yang saya pahami yaitu perencanaan kegiatan yang sudah ditulis yaitu kedalam rupa susunan kerja yang sudah terjadwal pelaksanaannya. Perencanaan atau susunan itu penulisannya harus jelas tujuannya agar pihak yang berkepentingan bisa mengerti apa isi dari proposal yang sudah dibuat.

Pihak berkepentingan disini dimaksudkan adalah orang atau pihak yang memberi izin atau orang yang menyumbangkan dana kepada pembuat proposal contohnya yaitu ; kepala sekolah, camat, sponsor, pihak berwajib, dan sebagainya


Materi kali ini akan dijelaskan dengan rinci cara menulis proposal dan surat-menyurat yang terkait dengan salah satu contoh proposal kegiatan di masyarakat, yaitu ” Halal Bihalal “

Cara Menulis Proposal Kegiatan Dengan Benar
Secara umum, hal yang ditulis dalam proposal suatu kegiatan adalah latar belakang, tujuan, kegiatan, waktu dan tempat, pelaksana, dan rencana anggaran kegiatan. Proposal kegiatan ini…

6 TIPE SUMBER DAYA USAHA ( 6M )

Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan atau industri. Sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M), tipe-tipe tersebut iyalah Man (manusia), Money (uang), Material (fisik), Machine (teknologi), Method (metode), Market (pasar). Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai 6 tipe sumber daya tersebut:


1.Man ( Manusia ) Dalam pendekatan ekonomi, sumber daya manusia merupakan salah satu faktor produksi disamping tanah, modal, dan keterampilan. Pandangan yang menganggap sama manusia dengan faktor-faktor produksi lainnya dianggap kurang tepat, baik dilihat dari segi  konsepsi, filsafat, maupun moral. Manusia adalah unsur manajemen yang paling penting dalam mencapai tujuan perusahaan.
2.Money ( Uang ) Money atau uang adalah salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang adalah alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan bisa diukur dari segi jumlah uang yang beredar di…

STRUKTUR DAN KAIDAH ATAU CIRI KEBAHASAAN TEKS ULASAN (REVIEW) FILM DAN DRAMA

1.Struktur Teks Ulasan (Review) Film dan Drama Teks ulasan film atau drama ialah teks yang isinya berupa tinjauan, ulasan, kupasan, tafsiran, evaluasi terhadap suatu karya, baik berupa film ataupun drama. Ulasan tersebut bisa berupa komentar, kritik, maupun saran untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan karya tersebut.


Struktur teks ulasan film atau drama ialah sebagai berikut: a.Orientasi, bagian teks yang berupa gambar umum film ataupun drama yang akan diulas, misalnya judul, kegunaan, dan sebagainya.
b.Tafsiran isi, memuat pandangan penulis mengenai film atau drama yang diulas. Pada bagian ini, pengulas membandingkan karya tersebut dengan karya orang lain yang dianggap mirip. Pengulas juga menilai kekurangan serta kelebihan film atau drama dari sisi setting waktu, tokoh, pendidikan, dan serta cara pengambilan sudut pandang film atupun drama.
c.Evaluasi, berisi penilaian terhadap film atau drama, penampilan dan produksi. Bagian ini pun berisi tentang gambaran terperinci film ataupun dr…