PENGERTIAN ANGIN, SIFAT, DAN JENIS-JENIS ANGIN



1.      Pengertian Angin
Secara umum, Pengertian Angin ialah udara yang bergerak karena adanya rotasi bumi dan juga perbedaan tekanan udara yang ada di sekelilingnya. Angin bergerak dari satu tempat yang bertekanan udara tinggi menuju ke tempat yang bertekanan udara rendah.

2.      Sifat-sifat Angin
Angin mempunyai sifat-sifat antara lain sebagai berikut:
a.       Menimbulkan adanya tekanan dari permukaan yang menentang ataupun menghalangi arah angin tersebut.
b.      Kecepatan angin bervariasi dari satu tempat ke tempat lain, dari waktu ke waktu.
c.       Mempercepat pendinginan benda panas.

PENGERTIAN ANGIN, SIFAT, DAN JENIS-JENIS ANGIN


3.      Jenis-jenis Angin
Angin terbagi menjadi beberapa jenis yakni sebagai berikut:

a.      Angin laut dan angin darat
-          Angin Laut ialah angin yang tiupannya berasal dari arah laut ke darat, dimana pada umumnya terjadi ketika siang hari tepatnya pada pukul 09.00 - 16.00. Angin ini umumnya dimanfaatkan oleh nelayan untuk pulang dari sehabis mengangkap ikan di laut.
-          Angin Darat adalah angin yang tiupannya berasal dari darat ke laut, dimana biasanya terjadi pada malam hari, tepatnya pukul 20.00- 06.00.

b.      Angin lembah dan angin gunung
-          Angin Lembah ialah angin yang tiupannya dari arah lembah menuju ke puncak gunung dan biasanya angin lembah terjadi pada waktu siang hari.
-          Angin Gunung ialah angin yang arah tiupannya dari arah puncak gunung menuju ke lembah gunung dan umumnya angin gunung terjadi pada waktu malam hari.

c.       Angin fohn
Angin fohn sering disebut juga dengan angin jatuh. Angin fohn ialah angin yang terjadi sesuai dengan hujan Orografis. Angin ini bertiup pada sebuah wilayah dengan temperatur dan kelengasan yang berbeda.

d.      Angin muson
Angin musom ialah angin yang berhembus secara periode yakni minimal 3 bulan dimana periode satu dengan periode lainnya mempunyai pola yang berlawanan dan juga bergantian arah secara berlawanan setiap setangah tahun.

-          Angin muson barat ialah angin yang berhembus dari Benua Asia (musim dingin) menuju ke Benua Australia (musim panas) dan juga mengandung curah hujan yang banyak di indonesia bagian barat, hal ini dikarenakan angin melewati tempat yang luas, seperti perairan dan juga samudra.
-          Angin Muson Timur ialah angin yang mengalir dari benua Australia (musim dingin) menuju ke Benua Asia (musim panas) dengan sedikit curah hujan (kemarau) dibagian timur sebab angin melewati celah-celah sempit dan berbagai gurun.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN ANGIN, SIFAT, DAN JENIS-JENIS ANGIN, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: