PENGERTIAN AKUNTANSI, MENURUT PARA AHLI BESERTA TUJUANNYA



1.      Pengertian Akuntansi
Akuntansi jika dilihat dari  asal kata akuntansi yaituberasal dari Accountancy atau Accounting ataupun Constituency yang diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi Akuntansi yang memiliki arti sebuah aktivitas ataupun proses dalam mengidentifikasi, mengklasifikasi, mencatat, mengolah serta menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan dan juga transaksi agar mudah dipahami dalam mengambil keputusan yang tepat.

PENGERTIAN AKUNTANSI, MENURUT PARA AHLI BESERTA TUJUANNYA


Sedangkan menurut Wikipedia, pengertian akuntansi ialah pengukuran, penjabaran, ataupun pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan juga pembuat keputusan lain guna membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, serta lembaga pemerintah. Akuntansi ialah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan juga menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi pun dikenal sebagai "bahasa bisnis".

2.      Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli
a.       Accounting Principle Board (APB), akuntansi ialah kegiatan jasa yang berguna menyediakan informasi kuantitatif terutama yang sifatnya keuangan yang kemudian bisa digunakan guna pengambilan keputusan ekonomi.

b.      American Accounting Association, akuntansi yaitu sebuah  proses memilih, mengukur, serta melaporkan informasi ekonomi guna memungkinkan adanya penilaian serta pengambilan keputusan yang jelas dan juga tegas bagi mereka yang menggunakan informasi itu.

c.       American Institute of Certified Public Accountants (AICPA), akuntansi ialah suatu aktivitas jasa (mengidentifikasikan, mengukur, mengkalsifikasikan serta mengikhtisarkan) kejadian ataupun transaksi ekonomi yang menghasilkan informasi kuantitatif terutama yang sifatnya keuangan yang digunakan dalam pengambilan keputusan.

d.      Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison, akuntansi ialah sebuah sistem informasi yang mampu mengukur kegiatan bisnis, memproses data menjadi bentuk laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.
e.       Warren dkk, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan yang berguna dalam pengambilan keputusan.

f.       Suparwoto L., akuntansi ialah suatu sistem atau kemampuan untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan serta memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan. Pihak ekstern ini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh, lembaga perpajakan, masyarakat umum dan lain-lain.

g.      C. West Churman, akuntansi merupakan pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.

h.      Arnold, Arnold mendefiniskan ilmu akuntansi dipandang sebagai suatu sistem guna memberikan informasi (terutama informasi keuangan) kepada siapa saja yang mesti membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

i.        Rudianto, akuntansi ialah sistem informasi yang hasil akhirnya berupa laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan (manager) tentang aktivitas ekonomi serta kondisi suatu badan usaha atau  perusahaan.


Jadi dapat kita simpulkan bahwa Akuntansi ialah sebuah aktivitas ataupun proses dalam mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasi, mengolah dan juga menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan ataupun transaksi agar mudah dimengerti dalam mengambil keputusan yang tepat.

3.      Tujuan Akuntansi
Akuntansi memiliki berbagai tujuan yakni sebagai berikut:
a.       Sebagai sumber acuan informasi keuangan yang bisa dipercaya kebenarannya mengenai kewajiban, modal serta sumber ekonomi.
b.      Sumber informasi terpercaya dalam hal perubahan-perubahan serta perbandingan sumber ekonomi setelah terjadinya kegiatan usaha dari masa ke masa.
c.       Membantu penggunanya dalam membaca informasi keuangan yang berfungsi untuk memperkirakan posisi perusahaan serta potensi perusahaan dalam menambah sumber ekonomi baru ataupun laba.
d.      Memonitor apabila terjadi perubahan pada sumber ekonomi serta kewajiban.
e.       Menyampaikan data-data secara detail yang kemudiannya akan digunakan oleh pengguna laporan keuangan baik internal ataupun eksternal.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN AKUNTANSI, MENURUT PARA AHLI BESERTA TUJUANNYA, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: